Tips Mengadakan Acara Ulang Tahun Untuk Anak Agar Meriah dan Menyenangkan

by Ilham January
Acara Ulang Tahun Untuk Anak (2)

Ulang tahun merupakan acara yang penting bagi seorang anak karena pada hari itu mereka merasa special dan menjadi pusat perhatian. Maka dari itu, kita sebagai orang tua harus mempersiapkan dan merencanakan acara tersebut dengan sangat baik.

Daripada menyewa jasa event organizer dengan biaya yang cukup mahal, lebih baik mengurus segala urusan acara ulang tahun sendiri. Meskipun diurus sendiri, tetapi jangan khawatir acara ulang tahun anak anda tidak akan berjalan lancar. Berikut ini kami akan berikan informasi mengenai beberapa tips mengadakan acara ulang tahun untuk anak agar meriah dan menyenangkan. Simak ulasannya berikut ini!!!

Tips Mengadakan Acara Ulang Tahun Anak

Tentukan Jumlah Tamu

Agenda pertama bagi anda yang sedang mempersiapkan acara ulang tahun anak adalah menentukan jumlah tamu. Tanyakan kepada buah hati mengenai siapa teman-temannya di sekolah, apabila usia anak anda masih balita atau SD, usahakan untuk mengundang orang tua teman-teman buah hati anda untuk masalah keamanan. Selain teman-teman sekolah, jangan lupa untuk mengundang kerabat dan tetangga terdekat agar lebih akrab dan menumbuhkan suasana kekeluargaan.

Buatlah rancangan daftar tamu yang akan anda undang agar lebih tertata dengan rapi dan memudahkan dalam membuat undangan.

Merancang  Agenda Acara

Agar acara ulang tahun buah hati anda berjalan dengan baik dan lancar, ada baiknya anda merancang terlebih dahulu agenda atau susunan acara jauh-jauh hari sebelum hari H. usahakan agar acara tidak terlalu lama dan bertele-tele karena anak-anak gampang bosan dan rewel. Maka dari itu, buatlah acara yang singkat namun bermakna bagi semua orang.

Serahkan agenda acara tersebut kepada MC yang telah anda pilih, agar MC dapat mempelajari terlebih dahulu. Insyaallah jika diplanning dengan baik, nantinya acara ulang tahun buah hati anda akan berjalan dengan sukses.

Rencanakan Anggaran

Merencanakan anggaran merupakan hal yang paling penting dalam sebuah acara. Pasalnya untuk menyiapkan berbagai peralatan dan perlengkapan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Dengan merencanakan keuangan anggaran ulang tahun, anda dapat memilih vendor yang tepat dan sesuai dengan budget yang telah ditentukan.

Untuk acara ulang tahun, anggaran keuangan harus dialokasikan ke cattering bagi anda yang tidak sempat menyiapkan masakan sendiri. Satu tips simple agar anda tidak repot dan menghemat biaya dalam acara ulang tahun buah hati adalah pesan tumpeng mini. Selain rasanya yang enak dan gurih, tumpeng mini juga cukup murah yaitu sekitar Rp. 25.000/buah.

Satu tips bagi anda yang ingin mengadakan acara ulang tahun yang hemat adalah dengan menyiapkan konsumsi sendiri karena jauh lebih murah dan lebih banyak.

Selain konsumsi, anda juga harus menyiapkan berbagai macam dekorasi dan souvenir untuk para tamu agar acara lebih meriah dan menyenangkan.

Satu hal yang tak boleh terlewatkan dalam acara ulang tahun anak adalah kue ulang tahun. Carilah toko kue yang menjual kue ulang tahun yang menarik namun juga memiliki harga yang terjangkau. Rata-rata harga kue ulang tahun dengan bentuk dan ukuran custom berkisar antara Rp. 450.000 – Rp. 500.000.

Merenovasi dan Membersihkan Rumah

 Tips ini berlaku bagi anda yang ingin mengadakan acara ulang tahun buah hati di rumah. Karena akan didatangi banyak tamu, usahakan rumah anda nyaman dan bersih untuk para tamu. Cek bagian mana saja yang perlu direnovasi seperti atap rumah, saluran air, saluran pembuangan, kamar mandi, dapur, dan lain sebagainya.

Setelah direnovasi, jangan lupa bersihkan rumah hingga wangi agar tamu buah hati anda senang dan nyaman selama bertamu di rumah anda.

Demikian ulasan lengkap mengenai beberapa Tips Mengadakan Acara Ulang Tahun Untuk Anak Agar Meriah dan Menyenangkan. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

You may also like