Ternyata Ini Lho Kandungan dan Manfaat dari Minyak Telon!

by Ilham January
Ternyata Ini Lho Kandungan dan Manfaat dari Minyak Telon!

Bagi para orangtua yang mempunyai balita pasti sering menggunakan minyak telon, penggunaanya kerap dilakukan ketika bayi selesai mandi. Beberapa kandungan yang terdapat di dalamnya memberikan efek tertentu sehingga bayi menjadi relax. Memberikan wewangian yang khas bayi, sehingga orang yang berada di sekitarnya akan segera sadar jika ada bayi di sana. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Apa Sajakah Kandungan Minyak Telon?

Penggunaan minyak telon untuk bayi adalah hal wajib yang diberikan oleh orangtua. Namun, tahu tidak sebenarnya apa fungsi dari mengoleskan minyak tersebut? Beberapa dari orangtua bahkan tidak mengetahui kandungan yang terdapat di dalamnya. Pemakaian yang dilakukan secara rutin hanya dilakukan karena suatu keharusan tanpa tahu alasannya.

Untuk itu seharusnya orangtua harus lebih bijak dan banyak belajar lagi terkait hal yang menyangkut anak. Suatu hal karena minimnya pengetahuan yang dimiliki, bisa saja menimbulkan efek alergi atau tidak sesuainya minyak yang dioleskan. Berikut kandungan yang terdapat pada minyak telon yaitu, minyak kayu putih, adas dan kelapa.

Manfaat yang Terdapat di Dalamnya

Setiap kandungan yang dihasilkan tentu mempunyai manfaat yang baik untuk bayi, tidak mungkin orangtua suatu produk menjual barang yang tak berkhasiat. Kira-kira apakah manfaat yang terdapat di dalamnya? Berikut ulasan yang membahas beberapa manfaat minyak tersebut untuk bayi di antaranya yaitu:

1. Memberikan Kehangatan

Setelah sehabis mandi, bayi akan merasakan dingin pada sekujur tubuhnya, sehingga penggunaan minyak telon pun dibutuhkan. Terlebih adanya kandungan minyak kayu putih di dalamnya berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah putih memberikan rasa hangat. Itulah alasan mengapa setiap habis mandi orangtua perlu mengoleskannya.

2. Pelembap Kulit

Berikutnya manfaat yang bisa dirasakan dengan memberikan olesan minyak tersebut yaitu berpengaruh terhadap kelembapan kulit bayi. Efek dari kandungan minyak kelapa di dalamnya bisa menghindari masalah kulit kering. Permasalahan tersebut biasanya memang kerap terjadi, tetapi dengan memberikan minyak tersebut tentu masalah akan teratasi.

3. Menangani Perut Kembung

Kembung adalah salah satu masalah yang kerap diderita oleh bayi, hal tersebut karena sistem pencernaan yang belum sempurna. Hal tersebut tentu menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat sebagian besar bayi menjadi lebih rewel. Kondisi tersebut juga tidak jarang menimbulkan rasa nyeri sehingga membuat bayi kerap menangis.

Bagi orangtua baru yang belum pernah mengalami hal ini sebelumnya, jangan terlalu panik. Cobalah untuk mengoleskan minyak telon pada bagian perut dengan mengoleskannya secara merata. Tunggu hingga minyak meresap pada kulit, sehingga memberikan efek hangat yang berhasil menghilangkan kembung.

4. Menghindari Gigitan Serangga

Penggunaan minyak tersebut juga bermanfaat untuk menghindari gigitan serangga, contohnya nyamuk. Mengapa bisa mencegah hal tersebut? Kandungan yang terdapat di dalamnya seperti anetol, mempunyai aroma khas yang tidak disukai serangga.

Kelebihan dari aroma tersebut juga mempunyai perlindungan yang lebih rupanya, hal tersebut ditunjukkan dari tidak sukanya nyamuk demam berdarah. Hal tersebut tentu sangat penting bagi para orangtua untuk melindungi sang buah hati. Selain nyamuk serangga lainnya seperti lalat juga ampuh diusir oleh minyak tersebut.

5. Membuat Bayi Relax

Ketika memberikan pijatan bayi, para ibu biasanya akan mengoleskan baby oil atau lotion bayi. Pemakaiannya dapat digunakan sebagai alternatif terbaik untuk memberikan pijatan. Sensasi relax yang menenangkan akan dirasakan oleh bayi. Memungkinkan bayi akan tertidur dengan tenang ketika sedang dipijat.

Hal tersebut memberikan arti bahwa bayi nyaman dan relax dengan olesan serta pijatan yang diberikan. Lakukan pemijatan ulang dengan memberikan minyak secukupnya pada tubuh bayi. Rasa hangat yang dilengkapi dengan sentuhan pijatan itulah yang dapat menenangkan bayi.

Itulah penjelasan terkait kandungan minyak telon beserta manfaatnya yang bisa dirasakan bayi. Pastikan untuk memberikan bayi produk yang tepat dan cocok dengannya. Jangan sampai karena kurangnya pengetahuan penggunaan minyak tersebut dapat menimbulkan hal yang tak diinginkan.

You may also like

Leave a Comment