Solusi Liburan Murah, Kunjungi Negara Bebas Visa

by Ilham January
Negara Bebas Visa

Visa merupakan sebuah dokumen penting yang wajib dimiliki oleh seseorang yang akan berkunjung ke luar negeri selain paspor. Kepemilikan dokumen ini sama saja dengan izin untuk tinggal di negara tersebut dalam jangka waktu tertentu. Di dalam visa akan berisi beberapa informasi penting seperti identitas diri, masa berlaku visa, jangka waktu tinggal di negara tujuan dan juga keterangan waktu dimana pengguna harus meninggalkan negara atau wilayah tersebut.

Proses pengurusan visa tentunya memerlukan waktu dan biaya. Pemohon harus melengkapi berkas dan persyaratan lain dan mengajukan ke pihak kedutaan besar negara tujuan, jika ingin lebih cepat bisa langsung menghubungi biro jasa melalui situs https://www.jangkargroups.co.id/.Namun status kerjasama dengan negara lain yang berdasar kepercayaan menjadikan beberapa negara dapat dikunjungi tanpa menggunakan visa biasa. Rakyat Indonesia dapat mengunjungi negara lain tanpa visa, begitu pula dengan warga asing dapat mengunjungi Indonesia tanpa visa dengan jangka waktu tertentu.

Sejumlah 71 negara dapat dikunjungi oleh warga Indonesia tanpa menggunakan visa atau juga hanya dengan mengurus visa on arrival/eTA yang dapat diurus di tempat tujuan. Beberapa negara bebas visa yang dapat dikunjungi antara lain Brunei, Kamboja, Kazakhstan, Malaysia, Myanmar, Thailand, Filipina, Uzbekistan, Serbia, Peru, Haiti, Maroko, Fiji, dan yang lainnya dengan jangka waktu mulai dari 14 hingga 90 hari. Bahkan untuk wilayah Bermuda, warga Indonesia dapat singgah tanpa batasan waktu. Sedangkan wilayah seperti Madagaskar, Senegal, Somalia, Zimbabwe, Samoa, Nikaragua, Nepal, Pakistan dan yang lainnya membutuhkan visa on arrival/e-Visa/eTA yang dapat diurus terlebih dahulu.

Daftar lengkap dari negara beserta lama tinggal dapat diakses di laman Direktorat Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Peraturan mengenai bebas visa ini tentunya memudahkan pelancong yang ingin menikmati liburan di berbagai negara. Untuk saat ini, kebijakan bebas visa sedang ditangguhkan akibat pandemi. Apabila situasi kembali normal dan Anda berencana untuk mengunjungi salah satu dari ke-71 negara tersebut, pastikan informasi mengenai jenis visa yang digunakan apakah visa biasa, bebas visa, atau visa on arrival/eTA. Tak lupa perhatikan lama kunjungan, sesuaikan dengan agenda agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti deportasi.

You may also like