Seputar Pembangkit Listrik, Prinsip Kerja dan Jenis-Jenisnya

by Ilham January
Seputar Pembangkit Listrik, Prinsip Kerja dan Jenis-Jenisnya

Pembangkit listrik merupakan suatu sistem energi yang terdiri dari berupa generator dan juga turbin yang dapat menghasilkan energi listrik. Turbin akan mengkonversikan dari gas alam, minyak bumi, ataupun uang menjadi energi gerak atau kinetik. Yang kemudian turbin tersebut akan dihubungkan ke generator yang akan menghasilkan gerak kecepatan yang diinginkan.

Jika pembangkit listrik tersebut turbinnya merupakan gas, artinya pembangkit listrik tersebut merupakan jenis pembangkit listrik tenaga gas. Dan beberapa jenis pembangkit listrik lainnya. Menjadi hal yang sulit dipahami jika masih awam seputar dunia elektronik. Namun pengetahuan bisa diakses dimana saja, situs-situs jempolan seperti thecityfoundry.com maupun channel-channel Youtube bisa diakses secara gratis untuk mengetahui lebih dalam seputar pembangkit listrik. Dalam artikel ini ada beberapa bocoran soal jenis-jenis pembangkit listrik untuk mengantar para pembaca ke pembahasan yang lebih luas.

Jenis-Jenis Pembangkit Listrik

 

1. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

PLTA ini merupakan pembangkit listrik yang sudah banyak dikenal di sekitar masyarakat. Pembangkit listrik ini menggunakan air yang dimana fungsinya untuk menggerakkan turbin dan generator untuk dapat menghasilkan suatu energi listrik. PLTA ini pada umumnya aklan berkaitan dengan waduk, danau, sungai, dan daerah perairan lainnya.

2. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

PLTS ini merupakan pembangkit listrik yang dimana akan memanfaatkan sinar matahari. Cara kerja pada pembangkit listrik ini dengan menggunakan panel surya yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Yang kemudian energi tersebut akan disimpan ke dalam baterai. Sehingga energi tersebut dapat digunakan saat dibutuhkan,.

3. Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG)

PLTG ini menggunakan gas yang digunakan untuk menggerakkan turin dan generator agar dapat menghasilkan energi listrik. Pembangkit listrik ini dapat menggunakan bahan bakar cari berupa minyak atau gas alam.

4. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)

Pembangkit listrik ini berasal dari uap yang merupakan suatu pemanasan ketel atau boiler yang dapat menggerakan turbin dan generator,

5. Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO)

PLTO ini merupakan energi listrik yang turbin dan generatornya bergerak dengan menggunakan adanya ombak. Pembangkit listrik ini termasuk pembangkit listrik yang ramah lingkungan, dikarenakan tidak akan menyebabkan suatu emisi pada lingkungan.

Sekian pembahasan kali ini mengenai prinsip kerja dan juga beberapa jenis-jenis pembangkit listrik ini. Dikarenakan listrik berasal dari energi yang tidak terbarukan, maka sebagai masyarakat pengguna listrik sudah diwajibkan untuk menghemat energi listrik yang anda gunakan sehari-harinya pada kehidupan anda.

You may also like