Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja

by Ilham January
Rumus Excel Yang Paling Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja (interestingengineering.com)

Excel merupakan software spreadsheet yang paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Software satu ini digunakan pada sebagian besar bidang pekerjaan. Mulai dari akuntansi, penelitian, statistik, industri, dan bidang lainnya. Sebagai software spreadsheet, Excel memiliki fungsi utama untuk mengelola data. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan software tersebut, Excel juga sangat handal dalam mengelola teks, diagram grafiks, otomatisasi pekerjaan, dan lain sebagainya. Banyak rumus Excel yang paling sering digunakan dalam dunia kerja yang perlu anda ketahui.

Mengetahui Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

Meskipun saat ini muncul banyak perangkat lunak spreadsheet lainnya, akan tetapi Excel tetap bertahan menjadi perangkat lunak spreadsheet dalam dunia kerja. Dalam setiap pengolahan data pada aplikasi Microsoft Exel menggunakan rumus.

Terutama rumus Excel yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah logika. Dalam dunia kerja, adanya kemampuan dalam menggunakan rumus Excel sangat diperlukan. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses pengolahan data perusahaan.

Berikut ini beberapa rumus Excel yang paling sering digunakan dalam dunia kerja, antara lain:

Rumus Formula Dasar Excel

Perlu anda ketahui, rumus formula Dasar Excel terdiri dari Sum, Average, Count, Min, dan Max. Rumus ini tersedia dalam tombol perintah Autosum pada tab formula di Ribbon. Di bawah ini kegunaan dan fungsi dari rumus-rumus tersebut, antara lain:

  • SUM : rumus untuk menjumlahkan data atau total data. SUM (cell pertama:cell terakhir)
  • AVERAGE: rumus untuk menghitung nilai rata-rata atau mean. AVERAGE (cell pertama:cel terakhir)
  • MAX: merupakan rumus untuk menampilkan nilai data terbesar. MAX (cell pertama:cell terakhir)
  • MIN : rumus untuk menampilkan nilai data paling kecil. MIN (cell pertama:cell terakhir)
  • COUNT : Rumus yang digunakan untuk menghitung banyaknya sel pada range. COUNT (Cell pertama:cell terakhir).

Rumus Formula Logic (IF)

Fungsi IF adalah salah satu fungsi Excel yang termasuk ke dalam kategori logika yang dapat anda gunakan untuk memeriksa serta menguji kondisi dalam rumus Excel. Jika kondisi terpenuhi, maka fungsinya akan mengambil nilai yang telah ditentukan. Begitupun sebaliknya. Atau dengan kata lain, fungsi IF merupakan fungsi syarat.

Rumus Excel yang paling sering digunakan dalam dunia kerja satu ini dapat melakukan evaluasi uji logika, yang selanjutnya mengembalikan nilai salah satu benar. Ketika menguji logika fungsi IF, pada umumnya berisi operator perbandingan Excel.

Seperti sama dengan (=), kurang dari (<), lebih dari (>), kurang dari atau sama dengan (<=), dan lebih besar dari atau sama dengan (>=). Lalu operasi kalkulasi seperti pengurangan (-), pembagian (/), perkalian (*), dan penjumlahan (+).

Rumus Reference & Lookup (Hlookup & Vlookup)

Fungsi ini akan membaca tabel referensi dimana dalam dua atau lebih tabel mempunyai data yang terhubung satu sama lain. Fungsi Vlookup bermanfaat untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang sudah disusun dalam format vertikal.

Sedangkan bentuk penulisan rumus VLOOKUP (nilai atau data yang akan ingin anda temukan;rentang cell yang akan anda temukan nilainya; nomor kolom yang akan mengembalikan nilai yang sesuai; False/TRUE).

Mengenai fungsi HLOOKUP dapat anda gunakan untuk menampilkan data dari sebuah table yang tersusun dalam format horizontal. Bentuk penulisan fungsi atau rumusnya adalah= HLOOKUP (lookup_value,tabel_array,row_index_num, [range_lookup]).

Dengan hadirnya rumus Excel yang paling sering digunakan dalam dunia kerja di atas, maka sangat memudahkan kinerja anda. Bagi anda yang memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan data, maka menguasai Excel merupakan kewajiban. Karena dengan terampil mengoperasikan Excel akan mempercepat proses pengolahan data perusahaan.

 

You may also like