POSISI PEMAIN BOLA VOLI

by Ilham January
POSISI PEMAIN BOLA VOLI

Barangkali kita kerap bermain voli, tapi kita tidak cukup tahu tentang posisi pemain bola voli. Alih-alih mengerti dengan posisi dan tugasnya, yang sering diketahui sebatas bola voli dimainkan oleh 6 orang di tiap tim. Hal ini dikarenakan pemain akan terus berubah posisi untuk melakukan servis. Namun saat dimulainya pertandingan, sekalipun itu hanya permainan antar kompleks rumah, secara tidak langsung kita akan menentukan posisi pemain bola voli itu.

Yang pertama adalah server, ia akan menandai pukulan dimulainya pertandingan. Posisi ini akan bergantian seiring dengan rotasi untuk melakukan servis, yang ditandai dengan kemenangan dari tim lawan. Selanjutnya adalah Tosser, pemain yang bertugas menerima bola dan memberikan umpan pada Smasher. Smasher menjadi posisi pemain bola voli selanjutnya, yang bertugas untuk melakukan serangan pada tim lawan. Selain menyerang, ia juga akan menjadi blocker jika diserang balik oleh tim lawan.

Blocker juga ada di bagian depan, dimana tugasnya harus memblok atau menghentikan serangan dari lawan. Sementara itu, di garis belakang terdapat Libero yang menahan serangan, bola akan diumpan ke arah Tosser sebelum diarahkan lagi ke Smasher. Posisi Libero ini juga seperti Blocker yang mengisi posisi tengah. Uniknya, posisi pemain bola voli satu ini bisa keluar masuk tanpa harus menunggu pergantian pemain.

Selanjutnya adalah pemain serba bisa dan serbaguna. Pada awalnya posisi pemain bola voli telah ditentukan, namun tidak memungkiri bahwa mereka terus mengubah posisi, bahkan berganti tugas. Pemain serbaguna ini harus serba bisa. Ia harus bisa melakukan smash maupun mengumpan. Ia juga harus bisa melakukan passing atas maupun passing bawah. Akan lebih baik jika semua pemain bisa melakukan semua teknik voli. Sehingga semuanya bisa disebut sebagai pemain universal atau serbaguna.

Bagi para penonton, mereka hanya peduli tim mana yang akan menang. Namun bagi para pemain, penting untuk menentukan posisi pemain bola voli tersebut. Sama seperti permainan lainnya, saat pertandingan berlangsung, satu pemain dengan pemain lainnya saling bekerja sama.

Leave a Comment