Pilih Jazz Atau Yaris ? Berikut  Ini 5 Perbandingan Yang Harus Anda Tau

by Ilham January
Perbandingan Jazz Atau Yaris (2)

Honda Jazz dan Toyota Yaris adalah 2 mobil kategori hatchback yang sering bersaing merebut perhatian konsumen dengan saling memamerkan kelebihan masing – masing.

Berdasarkan data harga terbaru tahun 2020, harga Honda Jazz sekitar Rp. 253 – Rp. 295 juta, dan harga Toyota Yaris berkisar Rp. 259 – Rp. 291 juta.

Sekedar sekilas info, pada tahun 2019 New Honda Jazz tercatat memiliki jumlah penjualan sebesar 12.168 unit, yang artinya  lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat penjualan Toyota Yaris yang hanya sebanyak 8.033 unit.

Namun, kualitas sebuah mobil tidak dapat ditentukan dengan hanya melihat tingkat penjualannya. Alangkah lebih baiknya, jika kita mengetahui perbandingan Honda Jazz dan Toyota Yaris dari berbagai sisi, dan Anda bisa menemukannya di artikel ini.

Perbandingan Harga

Seperti yang telah dijelaskan di awal Harga Honda Jazz sekitar Rp. 253 – Rp. 295 juta, sedangkan Toyota Yaris sekitar Rp. 259 – Rp. 291 juta. Dari segi harga kedua mobil tersebut hampir sama, tergantung dengan tipe mobilnya.

Perbandingan Tarif Pajak

Hal yang perlu Anda bandingkan selain harganya adalah pajak kendaraan. Pajak kendaraan ini akan dipungut setiap tahun, dan wajib untuk dibayarkan. Besarnya tarif pajak tergantung dengan tahun produksi dan model/tipe mobil.

Tarif pajak Toyota Yaris adalah Rp 1.383.000 hingga Rp. 4.463.000, sedangkan tarif pajak Honda Jazz adalah Rp. 1.223.000 hingga Rp. 3.593.000. Tarif tersebut sudah termasuk dengan tarif SWDKLLJ sebesar Rp. 143.000. (dikutip Dari artikel pemerintahkota.com tentang daftar pajak Honda Jazz)

Namun, untuk lebih lengkapnya tarif pajak Toyota Yaris dan Honda Jazz sesuai dengan tahun produksi dan tipenya bisa Anda cek langsung di pemerintahkota.com.

Perbandingan Dimensi

Honda Jazz memiliki dimensi (panjang × lebar × tinggi) 4.035 × 1.694 × 1.524 mm dengan jarak pusat antar sumbu roda 2.5300 mm , sedangkan tipe Toyota Yaris terbaru  memiliki dimensi (panjang × lebar × tinggi) 4.145 × 1.730 × 1.500 mm dengan jarak antar sumbu roda 2.550 mm. Sehingga, secara keseluruhan dimensi Toyota Yaris lebih besar sedikit dibandingkan Honda Jazz.

Perbandingan Performa

Hal yang paling penting dalam membandingkan sebuah kendaraan adalah performa yang dimiliki, karena performa memiliki peranan paling penting dalam berkendara.

Performa Performa
Honda Jazz Toyota Yaris
Type L15Z 4-silinder, SOHC, 16-valve, i-VTEC 2TR-FE 4-silinder, DOHC, 16-valve, Dual VVT-i
Tenaga 120 PS 107 PS
Kapasitas 1.497 cc 1.496 cc
Transmisi CVT CVT
Torsi 145 Nm 140 Nm

 

Toyota Yaris memiliki mesin 1,5 liter dual VVT-i dengan daya 107 PS dan torsi puncak 140 Nm, sedangkan Honda Jazz memiliki mesin 1,5 liter dengan tenaga 120 PS dan torsi puncak 145 Nm, sehingga output Honda Jazz lebih tinggi dibandingkan dengan Toyota Yaris.

Namun, sekarang New Toyota Yaris memiliki mode varian berkendara baru, yaitu normal, eco, dan sport. Sedangkan, Honda Jazz menggunakan eco assist untuk indicator efisiensi dan cruise control.

Perbandingan Fitur

Dari segi lampu utama depan Honda Jazz telah menggunakan LED sepenuhnya, sedangkan Honda Yaris masih menggunakan lampu halogen. Untuk velg yang digunakan Honda Jazz dan Toyota Yaris sama sama berukuran 16 inchi.

Bagian kabin, Toyota Yaris memiliki dashboard dengan tampilan cluster instrument modern dan segar, dilengkapi layar MID TFT. Pada layar infotainment dapat digunakan untuk memutar DVD/CD, Miracast, Bluetooth, dan USB. Selain itu, penyejuk kabin Toyota Yaris sudah digital tetapi untuk penyetelannya masih menggunakan tombol fisik.

Sedangkan, Honda Jazz memiliki layar infotainment yang lebih besar 8 inchi dengan berbagai konektivitas. Pengoperasian AC Honda Jazz juga sudah digital dengan akses smart touch.

Perbandingan fitur keselamatan yang dimiliki kedua mobil tersebut adalah Toyota Yaris memiliki rem dengan ABS+EBD+BA, vehicle stability control+traction control (VSC+TC), dan hill start assist. Sedangkan Honda Jazz hanya mempunyai ABS+EBD tanpa BA. Selain itu, New Toyota Yaris memiliki 7 kantong udara, sedangkan Honda Jazz hanya memiliki 2.

Pada bagian lingkar kemudi, Hond Jazz dapat disetel ketinggiannya (tilt), dan teleskopik, sedangkan Toyota Yaris hanya bisa disetel ketinggannya saja.

Bagian bagasi dan ruang penyimpanan Toyota Yaris dapat menampung penumpang sebanyak 4-5 orang dengan bagasi penyimpanan yang lebih besar. Sedangkan, Honda Jazz memiliki 4 versi akomodasi penumpang, yaitu Utility Mode, Long Mode, Tall Mode, dan Refresh Mode, yang bertujuan untuk menciptakan kesan praktis dan dinamis.

 

You may also like

Leave a Comment