Pahami Jenis Asuransi Mobil yang Tepat untuk Anda Pilih

by Ilham January
Asuransi Mobil

Jika baru saja membeli mobil, Anda perlu melengkapinya dengan asuransi. Tujuannya, agar Anda mendapat ganti jika ada hal tak terduga terjadi. Sebelum itu, Anda perlu memahami jenis asuransi mobil agar tidak keliru.

Secara umum, terdapat dua pilihan asuransi yang disediakan untuk kendaraan. Yaitu, all risk atau comprehensive serta TLO atau Total Loss Only. Keduanya punya perbedaan dari segi biaya serta coverage.

Asuransi All Risk

Dengan asuransi all risk, Anda bisa mendapat jaminan untuk semua jenis risiko yang terjadi. Misalnya, risiko hilang akibat dicuri, hingga kerusakan serius karena kecelakaan.

Anda bahkan akan mendapat ganti meskipun kerusakan kendaraan hanya sebatas lecet. Karena jaminan yang diberikan sangat luas, premi yang perlu Anda bayar pun cenderung tinggi. Meski begitu, hal tersebut cukup adil jika melihat proteksi yang akan Anda dapat.

Karena luasnya jaminan, asuransi mobil all risk sesuai untuk dipilih apabila kondisi mobil Anda baru. Ini juga menjadi pilihan bagus bagi Anda yang punya dana lebih mengingat biaya preminya relatif mahal.

Asuransi TLO

Sementara itu, asuransi TLO adalah asuransi yang hanya menjamin ganti untuk kerugian serius. Seperti namanya, ‘total loss only’ yang artinya ‘hanya kehilangan total’.

Misalnya,  jika mobil Anda hilang karena pencurian. Tentu Anda harus menyertakan bukti pencurian yang dapat dipertanggungjawabkan. Atau, jika adanya kerusakan yang perkiraan biaya perbaikannya lebih dari 75 persen harga mobil.

Jaminan yang akan Anda dapatkan memang lebih sempit. Ini menjadikan premi yang perlu Anda bayar lebih murah dibandingkan all risk. Oleh sebab itu, pilihan ini cocok Anda pilih jika dana yang dimiliki terbatas.

Penutup

Pilihan asuransi yang disediakan untuk kendaraan secara umum adalah all risk dan TLO. Asuransi mobil all risk menyediakan proteksi untuk segala risiko. Sehingga, Anda dapat memilihnya jika punya dana lebih.

Ada juga asuransi TLO yang memberi jaminan hanya untuk kerugian fatal seperti rusak akibat kecelakaan atau hilang karena dicuri. Ini lebih tepat untuk dipilih kalau Anda memiliki keuangan yang terbatas.

Apapun yang Anda pilih, asuransi mobil sangat penting untuk melindungi kendaraan Anda. Sebab jika ada kejadian tak terduga, Anda tak harus menguras tabungan.

You may also like