Mobil Hilang Tenaga Saat Digas, Kenali Penyebabnya dari Otoklix

Mobil hilang tenaga saat digas biasanya terjadi karena sejumlah komponen yang mengalami kerusakan. Pemilik kendaraan cukup mencari tahu lebih detail mengenai kerusakan komponen tersebut. Jika sudah tahu, segera bawa mobil ke bengkel mobil terdekat guna mendapatkan perbaikan. Berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab mobil hilang tenaga saat digas.

1. Filter bahan bakar buruk

Filter bahan bakar yang buruk berpotensi menyebabkan mobil kehilangan tenaga saat mengisi bahan bakar. Sebab, jika tidak ada bensin yang mengalir, mesin mobil tidak akan bekerja dengan baik. Anda harus memiliki filter bahan bakar yang baik agar debu tidak masuk ke dalam mesin. Pasalnya, kotoran yang masuk bisa mengganggu performa mesin. Tidak hanya itu, jika filter bahan bakar dibiarkan dalam waktu lama juga dapat menyebabkan filter tersumbat karena akumulasi partikel dan endapan kotoran.

2. Penyumbatan filter knalpot

Seperti diketahui, knalpot dan catalytic converter berfungsi sebagai filter untuk emisi dan suara berbahaya. Apabila salah satu dari filter tersebut mengalami sumbatan, hal itu berakibat pada melambatnya tenaga mesin. Memang tidak ada masalah berarti ketika mengemudi dengan kecepatan lambat di jalan datar, namun mobil dapat hilang tenaga begitu menemui tanjakan.

3. Filter udara bermasalah

Tidak hanya membutuhkan bahan bakar yang bersih, mesin juga membutuhkan udara yang bersih untuk tenaga yang optimal. Filter udara yang tersumbat dapat menyebabkan kerusakan mesin akibat kotoran yang masuk ke ruang bakar internal.

Jadi pastikan Anda memiliki filter udara yang baik agar mesin bisa naik dengan lancar. Lebih bagus lagi jika Anda tahu cara membersihkan filter udara sendiri sehingga tidak perlu ke bengkel.

4. Injektor bahan bakar tersumbat

Injector biasanya bertahan lama dibandingkan dengan komponen lainnya. Namun, masih ada risiko penyumbatan injektor. Hal ini dipengaruhi oleh faktor usia dan kualitas bahan bakar.

Endapan di tangki bahan bakar juga dapat menyebabkan injektor tersumbat. Sehingga mempengaruhi pola injeksi dan kemampuan injektor dalam menginjeksikan bahan bakar.

5. Busi yang tidak bagus

Busi yang buruk akan aus. Jika celah di busi terlalu besar, percikan mungkin tidak selalu melewati celah.

Jika tidak ada percikan api, tidak ada pembakaran di dalam silinder. Itu bisa menyebabkan kebakaran. Oleh karena itu, mesin tidak dapat memiliki daya yang cukup untuk berjalan.

6. Keausan cincin atau piston

Salah satu faktor penyebab mobil kehilangan tenaga setelah diisi ulang adalah keausan ring. Saat mesin mobil dihidupkan, sisi luar ring piston bergesekan dengan dinding silinder.

Gesekan yang terus menerus pasti berdampak buruk, salah satunya adalah tidak bisa ganti oli secara rutin. Untuk mencegah keausan ring piston, Anda bisa mengganti oli mesin mobil secara berkala sehingga jika ada bagian yang rusak bisa segera diperbaiki.

7. Blok silinder aus

Faktor lain mobil hilang tenaga saat digas adalah blok silinder mobil yang aus. Seperti diketahui, blok silinder berfungsi sebagai jalur pergerakan ring piston.

Apabila tidak ada proses pelumasan yang maksimal, maka blok silinder bisa menjadi aus.  Dibandingkan ring piston, kekuatan yang dimiliki blok silinder lebih baik, namun bisa saja mengalami aus lebih cepat.

8. Kebocoran klep

Sebagai pintu masuk udara dan bensin dari intake, klep alias katup dalam mobil memiliki peranan yang penting. Terlebih, klep mobil juga berfungsi sebagai pintu keluar gas buang dari mesin ke knalpot. 

Mobil hilang tenaga saat digas bisa disebabkan oleh pengaturan celah klep yang kurang tepat. Apalagi saat ini banyak mobil yang memiliki mesin sistem double klep. Kamu perlu menyetel klep mobil yang benar agar performa mobil bisa maksimal. 

9. Gasket kepala silinder rusak

Gasket kepala silinder memiliki fungsi merapatkan komponen blok silinder dengan head cylinder. Saat gasket tidak dapat bekerja dengan baik, hal itu bisa menyebabkan terjadinya kebocoran kompresi pada bagian sambungan.

Dengan demikian, gasket harus dijaga dengan baik untuk meminimalisir terjadinya kebocoran.

10. Seal busi retak

Hati-hati saat mengganti busi mobil. Sebab, seal busi bisa saja rusak apabila ada yang salah dalam proses penggantian busi. 

Seal bisa rusak ketika busi yang diganti tidak sesuai dengan rekomendasi ukuran. Oleh sebab itu, perhatikan betul ukuran busi yang pas untuk mobilmu agar tidak terjadi mobil hilang tenaga saat digas.

11. Oktan BBM terlalu rendah

Oktan BBM yang terlalu rendah juga bisa menyebabkan mobil hilang tenaga saat digas. Apalagi, mobil keluaran terbaru biasanya butuh bahan bakar dengan oktan tinggi. 

Dengan demikian, nilai oktan bisa mempengaruhi kinerja mobilmu. Semakin tinggi oktan pada BBM yang digunakan, maka proses pembakaran pada mesin juga bisa lebih sempurna.

Itulah beberapa penyebab mobil hilang tenaga saat digas. Jangan lupa untuk selalu membawa kendaraan Anda ke bengkel tepercaya seperti Otoklix dan nikmati berbagai promo menarik lainnya.

Leave a Comment