Menilik Tujuan Coaching Bagi Perkembangan Bisnis Perusahaan

by Ilham January
Menilik Tujuan Coaching Bagi Perkembangan Bisnis Perusahaan

Membangun perusahaan dengan tujuan mendapatkan keuntungan dan dapat membuat karyawan sejahtera tentunya adalah tujuan dari setiap business owner. Namun, hal ini sebenarnya juga membutuhkan strategi yang tepat dan sering kali diabaikan. Inilah yang membuat aktivitas coaching menjadi bagian yang penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Coaching sendiri telah banyak dibicarakan dan diakui sebagai salah satu alat pemberdayaan karyawan dan organisasi yang efektif. Namun, apa sebenarnya tujuan dengan adanya coaching dalam suatu perusahaan? Simak ulasannya berikut untuk informasi lengkapnya.

Menilik Tujuan dari Coaching

Bagi beberapa orang yang belum benar-benar memahaminya, coaching memang masih diragukan peran pentingnya dalam organisasi. Padahal adanya coaching dalam perusahaan menjadi hal penting untuk membantu perusahaan mencapai target yang ingin dicapai. Terlebih lagi, coaching bisa menjadi alat pemberdayaan yang efektif bagi setiap karyawan. Dengan demikian, yang akan menjadi output bukan saja organisasi yang lebih besar tetapi juga orang-orang di dalam organisasi menjadi lebih berdaya.

Menilik dari sinilah kemudian seorang business owner akan penting mengetahui tujuan coaching supaya dapat mempercayakan adanya pelatihan dari seorang coach. Nah, berikut ini adalah 4 diantaranya.

1. Membantu Business Owner dalam Menetapkan Tujuan Perusahaan

Tujuan coaching yang utama pada dasarnya adalah untuk membantu business owner menetapkan kembali visi dan misi dari perusahan yang dijalankan. Seringkali, business owner terjebak pada rutinitas sehari-hari, dan melupakan visi dan misi yang sudah ditetapkan. Atau bisa jadi, visi dan misi yang selama ini dipegang sudah tidak relevan dengan tantangan yang dihadapi. Hal inilah yang sebenarnya seringkali dilupakan oleh business owner.

Tampaknya menjadi hal sederhana dan sepele namun apabila visi dan misi tidak diyakini, tujuan dan strategi perusahaan  pun akan sulit didefinisikan, sehingga target juga akan sulit tercapai. Hal inilah kemudian yang bisa difasilitasi dalam coaching.

2. Monitoring

Monitoring juga menjadi salah satu pendekatan dalam coaching, terutama setelah sebuah sesi coaching dijalankan. Coaching tidak sekadar tukar menukar ide dan gagasan, melainkan perlu adanya solusi atau langkah kongkret yang akan dijalankan. Langkah kongkret inilah yang nantinya perlu dilakukan monitoring.

 

3. Membantu Menyusun Strategi

Tujuan lainnya yang begitu penting dalam penentuan pengembangan usaha adalah adanya bantuan coach dalam menyusun strategi perusahaan. Dalam proses coaching, setiap aktivitas perusahaan, dapat direncanakan dan dijalankan secara lebih terstruktur. .

Coach akan meminta coachee membangun strategi perusahaan yang solid, serta menjalankan strategi yang telah disusun. Hal ini pada akhirnya akan membuat perusahaan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

4. Membantu Coachee Lebih Kompeten serta Mandiri

Tujuan lain yang tidak kalah penting dalam coaching adalah membantu coachee supaya lebih berkompeten beserta mandiri dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini bertujuan supaya coachee tidak punya ketergantungan tinggi terhadap coach.

Apa Ciri-Ciri Perusahaan yang Membutuhkan Coaching?

Seperti yang sempat dibahas sebelumnya bahwa coaching adalah bagian penting yang dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan. Terlebih bagi perusahaan yang  berada di tempat atau tidak berjalan sesuai dengan target. Nah, lalu apa saja sih ciri-ciri lain dari perusahaan yang membutuhkan jasa coaching? Berikut adalah contohnya.

  • Pertumbuhan dalam bisnis yang mandeg.
  • Kesulitan dalam mencari karyawan yang kompeten.
  • Tidak mendapatkan progress dalam mencapai target.
  • Adanya masalah yang tidak dapat diselesaikan dalam menjalankan bisnis.
  • Karyawan tidak memiliki motivasi dalam menjalankan bisnis secara tepat.
  • Kehilangan semangat dalam mencapai target yang sebelumnya ingin dicapai.

Nah, begitulah tadi tujuan coaching yang membuat perusahaan harus mulai mempertimbangkan untuk menggunakan jasa seorang professional coach. Apalagi bagi perusahaan yang memiliki permasalahan seperti yang disebutkan diatas.

You may also like