Mengenal Sistem Outsourcing di Indonesia Beserta Keuntungannya

by Ilham January
Sistem Outsourcing di Indonesia

Saat ini, persaingan di dunia usaha Indonesia semakin ketat. Hal itu membuat perusahaan harus terus mencari karyawan yang dapat memajukan perusahaan. Oleh karena itu, hadirnya sistem outsourcing di Indonesia dapat memudahkan perusahaan mencari karyawan yang berkompeten.

Outsourcing itu sendiri adalah suatu aktivitas dimana pihak supplier yang menyediakan layanan barang, jasa, atau tenaga kerja bagi perusahaan yang membutuhkan sesuai dengan perjanjian kesepakatan bersama.

Mengenal Lebih Lanjut Mengenai Sistem Outsourcing di Indonesia

Di Indonesia, outsourcing berhasil berkembang cukup pesat. Perkembangan outsourcing di Indonesia dikarenakan adanya dorongan dari UU Ketenagakerjaan No. 13 tahun 2003. Pada UU tersebut, tertulis bahwa perusahaan outsourcing akan menyuplai kebutuhan tenaga kerja agar kegiatan produksi dapat berjalan.

Pada satu sisi, tenaga kerja harus mematuhi ketentuan dari perusahaan penyalur. Namun, di sisi lain, pekerja juga harus patuh kepada aturan di perusahaan tempatnya bekerja. Pekerja harus mengikuti berbagai ketentuan, seperti jam kerja, peraturan kerja, target produksi, dan sebagainya. Umumnya, upah pekerja akan ditentukan berdasarkan kesepakatan dengan perusahaan outsourcing.

Setelah pekerja mematuhi segala proses dengan baik, barulah pekerja akan mendapatkan upah. Upah tersebut nantinya akan dibayarkan oleh perusahaan penyalur.

Bila tidak ada lembaga penyalur, karyawan akan memperoleh upah yang dibayarkan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Namun, kini para pekerja harus menunggu perusahaan penyalur dibayar oleh perusahaan tempatnya bekerja. Perusahaan akan memberikan sejumlah dana kepada penyalur sebagai management fee.

Selain itu, UU ini juga mengatur dengan jelas adanya perusahaan penyalur tenaga kerja outsourcing dalam bentuk badan hukum. Menurut UU tersebut, perusahaan outsourcing bertanggungjawab atas hak dan kewajiban tenaga kerja.

Pembagian Perusahaan Outsourcing di Indonesia

Di Indonesia sendiri, outsourcing biasanya dibagi menjadi dua jenis, yakni penyedia tenaga kerja untuk bekerja atau hanya pemborong pekerjaan. Simak ulasan lebih lanjut di bawah ini.

1. Penyedia Tenaga Kerja

Pertama, ada perusahaan outsourcing yang hanya menyediakan jasa pekerja. Perusahaan penyalur ini mengalihkan suatu posisi kepada vendor outsourcing. Nantinya, vendor tersebut akan menempatkan karyawannya di posisi yang kosong tersebut.

Perusahaan outsourcing yang hanya berperan sebagai penyedia tenaga kerja hanya memiliki tanggung jawab terhadap manajemen karyawan. Tak hanya itu, perusahaan juga akan bertanggung jawab terhadap hal-hal non-teknis lainnya. Nantinya, hal-hal yang bersifat teknis akan menjadi tanggung jawab perusahaan pengguna karyawan vendor.

2. Borongan Pekerjaan

Suatu pekerjaan dapat dialihkan kepada vendor outsourcing dengan melakukan borongan pekerjaan. Nantinya, pekerjaan sepenuhnya akan dialihkan dan menjadi tanggung jawab vendor outsourcing. Vendor harus bertanggung jawab pada hal-hal teknis seperti pengaturan operasional dan hal-hal non-teknis seperti administrasi kepegawaian.

Kelebihan Sistem Outsourcing di Indonesia

Penggunaan sistem outsourcing yang sudah semakin menyebar di Indonesia tentunya memiliki banyak kelebihan. Pertama, perusahaan dapat fokus mengurus bisnis inti dan tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk mengurus hal-hal teknis.

Selain itu, perusahaan juga dapat menghemat anggaran untuk melatih karyawan. Tentunya adanya sistem outsourcing ini dapat memberikan nilai praktis dan menawarkan kemudahan. Selanjutnya, perusahaan dapat memiliki tenaga kerja yang kompeten dan profesional.

Perusahaan juga tidak akan direpotkan dengan berbagai urusan terkait ketenagakerjaan. Berbagai urusan yang dimaksud adalah THR, pesangon, PHK, dan masalah lainnya yang berkaitan dengan keuangan. Perusahaan outsourcing akan mengelola segala hal dengan baik.

Pebisnis Indonesia saat ini tidak perlu merasa ragu akan sistem outsourcing di Indonesia. Ada banyak sekali perusahaan penyalur tenaga kerja di Indonesia. Salah satu perusahaan outsourcing yang cukup terkenal di masyarakat adalah myrobin.id. Perusahaan ini menyediakan tenaga kerja yang kompeten dan menawarkan fee management yang terjangkau.

 

You may also like