Mengenal Sang Legenda Minibus Keluarga Suzuki Carry Futura

by Ilham January
Mengenal Sang Legenda Minibus Keluarga Suzuki Carry Futura

Suzuki Carry Futura itu adalah salah satu mobil legenda yang identik dengan mobil yang sederhana, tapi sebenarnya di jaman dulu ini adalah mobil yang mewah lho. Meskipun memiliki tampang yang sederhana, akan tetapi mobil ini sebenarnya dipersiapkan untuk menjadi mobil keluarga yang mewah dan modern.

Di masa itu Carry Futura sempat mengeluarkan varian dengan captain seat yang hanya dimiliki oleh MPV premium saja saat itu. Suzuki Carry Futura sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991, dan berbagai platform dengan Mitsubishi Colt. Carry Futura sendiri pernah dihadirkan dalam versi pick up, dan juga dalam versi Minibus untuk banyak penumpang.

Varian Suzuki Carry Futura 

Ada beberapa varian dari Suzuki Carry Futura sendiri, dan masing-masing tentunya memiliki kelebihan yang bisa dimanfaatkan. Banyak orang yang tidak mengerti mengenai hal ini, kebanyakan orang hanya tahu kalau Suzuki Carry ini hanya untuk angkot atau pick up saja. Dan berikut ini kami akan jelaskan beberapa varian dari Suzuki Carry ini.

  1. Versi standar dari Suzuki Carry Futura itu sebenarnya bisa menampung 9 sampai 10 orang, dan versi ini yang sering dijadikan angkot. Jadi ada kursi untuk 2 sampai 3 orang di baris kedua dan kemudian di baris ketiga ada kursi yang saling berhadapan.
  2. Ada versi Pick up di mana hanya ada kursi yang bisa muat 2 sampai 3 orang di bagian depan sudah termasuk dengan supir. Sementara di bagian belakang itu terbuka, dan sangat cocok untuk dipakai membawa berbagai macam barang yang besar.
  3. Terakhir ada versi GRV dan GRX yang sudah menggunakan captain seat, dan versi ini memang sangat mengutamakan kenyamanan. Kursi di bagian belakang pun sudah dibuat menghadap depan, namun dengan demikian membuat daya tampung lebih sedikit. Namun sangat terlihat kalau kenyamanan yang lebih diutamakan, karena ada blower di belakang.

Sebenarnya hampir semua varian dari Suzuki Carry ini memang menarik, karena memiliki fungsi dan manfaat tersendiri. Untuk GRX dan GRV sendiri memang tidak bisa memuat banyak, namun ada blower di bagian belakang untuk udara sejuk sampai kursi paling belakang. Varian yang paling dikenal itu adalah versi standar karena banyak digunakan untuk angkot di berbagai kota.

Kekuatan Mesin Carry Futura

Bila dilihat dari rekam jejak dari mobil ini yang dijadikan angkot di berbagai daerah bahkan sampai pelosok, maka bisa dilihat kekuatan mesinnya. Bisa disimpulkan bahwa kekuatan mesin dari Carry Futura ini jelas tangguh dan jempolan untuk berbagai medan. Dan yang membuatnya menjadi lebih tangguh adalah mesinnya itu lebih tahan dari overheat dan daya tahannya tinggi.

Tenaga yang dimiliki oleh mesin Carry itu sebesar 87 ps di 6000 rpm dan 122 Nm di 3000 rpm, ini jelas memberi tenaga lebih di putaran bawah. Sehingga mobil ini akan jauh lebih kuat di tanjakan.

Untuk perawatan mesin dari Carry ini sendiri pun tidak rumit, sehingga mekanik di berbagai bengkel pun akan bisa menanganinya. Dan berbicara soal sparepart, tentunya akan sangat mudah untuk dijumpai karena memang banyak digunakan di angkot. Terlebih bila memakai komponen OEM yang sudah pasti akan membuat sparepart pun akan jadi lebih murah.

Kesimpulan

Meskipun sederhana dan mungkin tidak senyaman kendaraan keluaran sekarang, namun mobil ini memiliki kekuatan mesin yang tangguh dan jempolan.

Namun demikian, sasaran pangsa pasar dari Suzuki Carry ini telah dapat dicapai dengan banyaknya pengguna Carry di jaman dulu sebagai mobil keluarga.

You may also like