Mengenal Matic Coin, Aset Crypto dengan Potensi Menjanjikan Tahun Ini

by Ilham January
matic coin

Nama Matic coin menjadi perbincangan hangat akhir-akhir ini. Terlepas dari aksi jual yang marak di November kemarin, beberapa aset di Crypto termasuk Polygon mulai kembali pulih. Disebut juga dengan Matic, token yang berasal dari blockchain Polygon ini melonjak kembali hingga setara 35 ribu. Sebenarnya, apa itu Polygon (Matic) dan mengapa popularitasnya kembali meningkat?

Pengertian Matic Coin

Polygon Network, disebut juga dengan Matic, merupakan protokol yang berfungsi membangun serta menghubungkan berbagai jaringan blockchain. Platform yang terstruktur ini difungsikan dalam proses penskalaan Ethereum dan mengambangkan infrastruktur. Dengan Polygon, seseorang bisa membuat rollup chain dan infra lainnya sesuai kebutuhan pengembang.

Polygon diluncurkan di bulan Oktober tahun 2017 oleh pendirinya yakni Jaynti Kanani. Ia mengajak serta dua pengembang blockchain yang berpengalaman yaitu Anurag Arjun bersama Sandeep Nailwal. Hingga kini, Polygon sudah didukung dua platform Crypto yang terkemuka.

Sudah tercatat hingga 6.67 miliar token Matic bermunculan di pasar. Setiap bulannya, Polygon rutin menambah jumlah tokennya dengan maksimum suplai 10 miliar. Berdasarkan jadwal perilisannya, seluruh token Matic direncanakan beredar Desember 2022 mendatang.

Manfaat Matic Coin

Melihat pesatnya perkembangan Polygon (Matic), sebagian besar orang penasaran untuk turut mengambil andil di protokol yang rilis 2017 lalu ini. Dengan potensinya yang menjanjikan, berikut dua hal yang dapat dilakukan dengan token Matic:

1. Investasi Jadi Lebih Mudah dan Menjanjikan

Sudah bukan rahasia bahwa Matic digadang-gadang menjadi aset menjanjikan di tahun 2022. Terlihat dari sepak terjangnya selama 2021 yang mengalami kenaikan pesat. Hal yang membuat Polygon unggul yaitu masih ada dalam tahap pengembangan, namun telah memiliki 350 lebih aplikasi yang dijalankan dalam jaringannya.

Beberapa proyek keuangan yang populer contohnya Aave hingga SushiSwap sudah menambahkan jaringan Matic coin untuk layanannya. Aplikasi yang diciptakan di jaringan Polygon sendiri seperti Quickswap juga perlahan semakin dikenal. Meski begitu, trader juga perlu mengetahui bahwa Polygon berada di bawah kebijakan, peraturan, serta performa dari Ethereum.

Polygon juga menghadapi dua kompetitor yang menawarkan blockchain yakni Aavalanche dan juga Polkadot dengan kapasitas pasar tinggi. Tiga protokol bersaing ini sama-sama memiliki potensi besar, dikarenakan kerangka stabilitas yang terus berkembang hingga decentralized application yang dimiliki jaringannya senantiasa bertambah. Jadi, pertanyaan yang sering muncul adalah: apakah terlambat jika baru membeli Polygon tahun 2022 ini?

Berdasarkan Coin Quora, Polygon diperkirakan menghadapi masa depan cerah pada 2022. Pendapat ini sejalan dengan perkembangan yang berkelanjutan pada Matic di Crypto secara keseluruhan. Investor perlu memahami dengan baik aset serta risiko yang ada sebelum membeli dan berinvestasi di Matic.

2. Bisa Melakukan Staking di Validator Terpercaya

Polygon memiliki operasional yang bergantung dengan validator sehingga jaringannya tetap aman. Tugas dari validator yakni menjalankan program untuk transaksi, membuat blok, hingga melakukan checkpoint di Ethereum. Agar bisa menjadi validator, perlu melakukan staking (memiliki token Matic manajemen staking yang ada di mainnet Ethereum). Reward nantinya akan diberikan untuk semua stakers di setiap checkpoint ketika validasinya selesai.

Sebagai salah satu pemegang Matic, keistimewaan yang didapatkan yaitu memakai token yang dimiliki kemudian melakukan staking di validator terpercaya. Staking ini dikenal sebagai strategi investasi di Crypto yang efektif untuk meraih pendapatan pasif. Token Matic merupakan satu dari beberapa aset di Crypto yang bisa digunakan untuk staking. Tentunya peluang ini sayang jika dilewatkan.

Bagaimana, tertarik meningkatkan aset dengan Matic Coin? Sekarang untuk mendapatkannya semakin mudah dengan memanfaatkan Pintu. adapun Pintu adalah aplikasi jual beli Bitcoin dan aset Crypto lainnya yang telah terdaftar resmi di Bappebti.

Di Pintu, kamu bisa mengecek pergerakan harga aset, membaca berita-berita terbaru tentang Crypto serta melakukan investasi dan trading hanya mulai dari Rp11.000 saja, lho. Download Pintu sekarang!

You may also like