Mengenal Jenis Asuransi Kebakaran

by Ilham January
Mengenal Jenis Asuransi Kebakaran

Datangnya musibah tidak dapat kita prediksi. Meskipun kita telah melakukan antisipasi dengan sangat hati-hati, musibah dapat datang tanpa diduga-duga. Salah satu jenis musibah yang sering mengintai kehidupan kita adalah kebakaran. Kebakaran dapat terjadi karena ledakan tabung gas, sambaran petir, hubungan arus pendek dan jatuhnya pesawat terbang. Terjadinya kebakaran dalam menelan kerugian yang cukup besar. Tidak hanya nilai bangunan yang menurun, aset yang disimpan terancam ikut terbakar. Untuk melindungi diri dari resiko kebakaran yang merugikan, asuransi kebakaran merupakan produk yang tepat untuk dipilih. Tidak hanya mengganti kerusakan properti, asuransi ini juga akan meminimalkan kerugian aset yang rusak atau terbakar.

Polis dasar asuransi merupakan salah satu jenis asuransi yang memberikan perlindungan kepada kerugian yang disebabkan oleh kebakaran akibat ketidaksengajaan karena sambaran petir, ledakan, asap kebakaran dan pesawat terbang yang jatuh. Jenis asuransi dibagi menjadi dua kategori, diantaranya:

1. Asuransi dengan polis industri

Asuransi ini memberikan perlindungan kepada properti yang dimanfaatkan sebagai industri.

2. Asuransi tanpa polis non industri

Merupakan jenis asuransi yang memberikan perlindungan kepada rumah tinggal atau properti non industri lainnya.

Asuransi mengambang merupakan jenis asuransi yang tidak memiliki pertanggungan yang jelas. Asuransi jenis ini biasanya digunakan pada harta benda dan stock barang yang berada di beberapa lokasi namun masih dalam satu kota yang sama dan dengan uang pertanggungan yang sama pula. Asuransi tanpa pemulihan nilai menjadi bagian dari asuransi yang diperuntukan pada musibah kebakaran. Ganti rugi yang diatur oleh asuransi ini berdasarkan dengan harga pembelian benda yang terjadi di awal dan dikurangi akibat terjadi kerusakan. Asuransi ini juga memiliki cakupan yang berbeda berdasarkan dengan jenis asuransi yang dipilih. Berikut cakupan dari asuransi yang berkaitan dengan kebakaran:

1. Ledakan pada asuransi merupakan pembangkit tenaga yang meledak akibat reaksi kimia atau ketidakseimbangan terhadap tekanan. Asuransi tidak memberikan jaminan karena tekanan rendah di bejana yang dimilikinya.

2. Kejatuhan pesawat terbang

3. Kerusakan karena petir

You may also like