Mengenal Eth dan Cara Kerjanya

by Ilham January
Mengenal Eth dan Cara Kerjanya

Selain Bitcoin, Anda tentu juga pernah mendengar kripto lain seperti Ethereum. Apa itu eth? Sebenarnya secara umum sama dengan Bitcoin sebagai mata uang digital, tetapi terdapat beberapa perbedaan yang cukup prinsip.

Terbilang masih lebih baru dari btc, eth ini baru beredar pada 7 Agustus 2015. Namun, hingga saat ini eth masuk dalam daftar kripto yang cukup diperhitungkan di tanah air.

Apa itu Eth?

Eth atau Etherium adalah platform komputasi yang juga terdesentralisasi untuk menjalankan program komputer bernama smart contract.

Eth juga menggunakan sistem transaksi blockchain tanpa penengah seperti Bitcoin, tetapi pada Eth ini memiliki kemampuan dan nilai fleksibilitas yang lebih.

Sebagai salah satu contohnya, pada Eth memperbolehkan para pengembang untuk membuat aplikasi bebas di luar blockchain Ethereum.

Teknologi smart contract yang ada pada Eth ini memungkinkan para para developer bisa membuat berbagai aplikasi, termasuk juga aplikasi untuk pinjam meminjam kripto dan pertukarannya.

Pada awal diluncurkannya kripto ini, harga eth pada saat itu hanya 2,83 dollar AS atau sekitar Rp41.035. Namun, kini di tahun 2022 harganya mencapai 37,277,085.46 IDR.

Peningkatan yang cukup fantastis dan memberikan peluang menjanjikan bagi para penambang kripto.

Teknologi Smart Contract pada Eth

Smart contract pada Eth merupakan teknologi yang membantu sistem transaksi lebih aman tanpa bantuan dari pihak ketiga seperti bank.

Pemanfaatan smart contract pada Eth ini terlihat pada stablecoin seperti RupiahToken (IDRT), yakni sebuah sistem digitalisasi rupiah di mana nilai Eth akan sama dengan rupiah.

Sejumlah Eth yang Anda tarik dengan jumlah rupiah akan dimusnahkan sesuai dengan nilai penarikan tersebut.

Selain itu IDRT, smart contract juga telah melahirkan sebuah aplikasi peminjaman kripto bernama AAVE dan Compound. Melalui aplikasi ini Anda bebas melakukan pinjam meminjam kripto dalam sistem Ethereum.

Jadi pada dasarnya Ethereum memiliki kelebihan sendiri ketimbang Bitcoin. Mau pilih Ethereum atau Bitcoin untuk investasi? Anda bisa mempelajari setiap kelebihan dan peluang dari kripto tersebut.

Apa itu Eth tentunya bisa Anda pertimbangkan sebagai pilihan investasi tahun ini, selamat mencoba.

You may also like