Mengenal Bahan-Bahan Kain Untuk Jersey Printing

by Ilham January
Mengenal Bahan-Bahan Kain Untuk Jersey Printing

Membuat pakaian olahraga memang tidak boleh sembarang. Anda perlu memperhatikan bahan utama yang digunakan, yakni struktur kainnnya. Mengapa demikian? Anda perlu tahu, pembuatan jersey printing tidak kemudian kita pilih begitu saja kain dan desain jersey-nya. Karena Anda perlu memperhatikan juga karakter kain, seperti kemampuan menyerap keringat, nyaman, dan ringan saat digunakan.

Jenis kain untuk membuat pakaian normal memang banyak, tapi ini berbeda dengan pembuatan baju olahraga, khususnya jersey. Kain utama yang digunakan harus mengandung polyester. Hal ini dibutukan untuk mempertajam komposisi hasil printing serta harus  berkualitas. Jika menggunakan kain yang mengandung polyester, warna yang dihasilkan akan kuat, sehingga hasilnya pun maksimal.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang jenis kain pembuatan jersey printing, berikut informasinya untuk Anda. Simak ulasan ini dengan seksama, agar Anda mendapatkan keseluruhan insight-nya!

Mengenal Jenis-Jenis Kain Untuk Jersey Printing

Mengenal jenis kain untuk pembuatan jersey, memang berbeda-beda di setiap konveksi. Tapi poin penting yang selalu ada yakni kain dengan polyester, untuk memaksimalkan hasil serta kualitas desain jersey. Pembahasan dalam artikel ini akan berfokus pada jenis kain yang digunakan salah satu konveksi pembuat jersey di Yogyakarta, yaitu Jersey-Printing.com.

Dalam membuatnya mereka menggunakan jenis kain dengan kandungan polyester dengan struktur yang beragam. Adapun jenis kain tersebut seperti (1) Drifit  MTISS, (2) Drifit Jarum, (3) Drifit Benzema, (4) D. Bilabong, dan (5) Hyget. Untuk mengetahui definisi kelima jenis kain ini, berikut ulasannya!

Drifit MTISS

Anda juga bisa menyebut kain ini dengan sebutan drifit polymesh/super/mtiss. Kain ini memiliki tekstur pori-pori yang memanjang. Jenis ini umum Anda jumpai di konveksi-konvesi pembuatan jersey printing.  Kualitas permukaan kain Drifit Mtiss bermotif zig-zag. Sehingga, kain ini memiliki karakteristik halus, ringan, lembut, dan efektif menyerap keringat bila digunakan di luar ruangan. Cocok sekali jika Anda gunakan untuk membuat baju olahraga bersama tim.

Drifit Jarum

Memiliki sebutan lainnya yaitu Drifit Dot Micro, kain ini memiliki tekstur berlubang layaknya jarum kecil. Motif berlubang inilah yang menjadikan kain ini dipilih untuk pembuatan kaos olahraga. Karena kain ini mampu menyerap keringat dengan baik, sangat ringan bila dipakai, serta cocok untuk berkegiatan di luar ruangan.

Jika aktivitas Anda sering di luar ruangan, jersey dengan jenis kain ini sangat nyaman digunakan, karena elastisitasnya yang tinggi serta berbahan ringan.

Drifit Benzema

Drifit benzema memiliki pori-pori kain berbentuk diagonal segi enam. Jenis kain yang masuk dalam katergori dry fit ini, berbeda dengan varian lainnya, karena bentuk seratnya yang berbeda. Dalam pembuatan jersey, jenis ini sangat cocok untuk komunitas bersepada, karena nyaman digunakan.

Drifit benzema memiliki struktur serat berbeda dengan jenis kain drifit hexagonal. Penggunaannya sangat cocok untuk dipakai di luar ruangan, karena kemampuan kain yang menguapkan keringat, sehingga membuat kain cepat mudah kering.

Menggunakan kain ini, juga memungkinkan Anda mengkreasikan desain jersey yang beraneka ragam. Hal ini dikarenakan sifat kain yang mudah untuk dikreasikan, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Drifit Bilabong

Jika Anda memilih membuat pakaian olahraga dengan jenis kain jersey printing, yakni drifit bilabong, Anda dapat bergerak layaknya seorang atlet. Kulitas kain drifit bilabong hampir setara degan kain jersey yang digunakan pesepak bola pada umumnya. Karakteristik kain ini sangat elastis, lembut, dan empuk bila digunakan. Kain ini dipercaya lebih awet serta tebal jika dibandingkan dryfit Brazil dan dryfit Milano.

Keunggulan memilih kain ini, salah satunya tidak membuat gatal di kulit, serta menyerap keringat dengan cepat. Kualitas warna baik dan cocok digunakan saat berolahraga.

Hyget

Kain hyget merupakan bahan kaos yang dihasilkan dari kombinasi polyester serta catton. Hanya saja lebih tipis dari kaos pada umumnya. Keunggulan dari kain ini adalah look-nya yang mengkilap serta tidak mudah rusak, jika Anda rawat dengan benar. Kain ini memiliki kemampuan menyerap keringat sangat cepat, karena ketipisannya. Untuk membuat kostum, Anda juga bisa memberikan desain jersey yang menarik, karena sifatnya yang lentur, adem, dan tebal.

Berikut merupakan jenis kain yang sering digunakan dalam pembuatan jersey printing. Pun dengan jenis kain di atas, Anda dapat memberikan tampilan desain jersey yang menarik, sesuai dengan kebutuhan Anda.

You may also like