Mengenal AC Inverter dan Kelebihannya, Stabil di Kondisi Listrik Labil

by Ilham January
Mengenal AC Inverter dan Kelebihannya, Stabil di Kondisi Listrik Labil

Penyejuk ruangan atau air conditioner (AC), merupakan salah satu home appliances yang menjadi penunjang kenyamanan selama berada di rumah. Terlebih jika Anda bermukim di daerah dengan udara yang cukup panas, AC adalah benda yang wajib dimiliki untuk menurunkan suhu ruangan.

Meski demikian, Anda tidak boleh asal beli. Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum membeli AC adalah mengetahui sistem kerja pada AC. Lalu menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Di Indonesia sendiri ada beberapa tipe AC yang bisa dipilih, salah satunya AC Inverter. AC inverter adalah inovasi terkini untuk penghematan listrik.

AC Inverter adalah jenis AC dengan cara kerjanya sama seperti lemari es inverter. Di sini, kompresor bekerja mendinginkan ruangan hingga mencapai suhu yang diinginkan. Tidak langsung mati, mesin ini akan tetap hidup namun dengan menurunkan putarannya.

Ketika suhu ruangan naik, secara cepat AC Inverter akan kembali meningkatkan putarannya menuju suhu dalam ruangan sesuai yang diinginkan. Meski terlihat boros, namun sebenarnya justru cara kerja inilah yang membuat suhu ruangan tetap stabil dan penggunaan daya lebih hemat.

AC ini justru jauh lebih hemat daripada AC low watt. Sebab, hanya akan bekerja memakan daya besar saat proses mendinginkan saja.

Dengan memanfaatkan arus listrik Direct Current (DC) teknologi ini membuat kompresor tak lagi bekerja on dan off. Ketika suhu ruang mencapai sesuai keinginan, kompresor akan terus berputar, dengan laju yang lebih lambat dari normal.

Kemudian ketika suhu kembali meningkat hingga level tertentu, kompresor akan mempercepat putarannya untuk mengembalikan suhu pada tingkatan yang diinginkan.

Cara kerja ini membuat konsumsi listrik cenderung lebih minim. Di sisi lain, AC hemat energi ini lebih senyap selama pengoperasiannya.

Lantas, bagaimana jika kapasitas daya listrik rumah ternyata terbatas? Jangan khawatir, sebab DAIKIN selangkah lebih maju dalam inovasinya pada AC inverter. Selama kurang lebih satu abad menjadi spesialis produsen pendingin ruangan, DAIKIN membekali AC terbaik besutannya dengan kemampuan untuk lebih mampu menghemat listrik dengan cara yang nyaman.

DAIKIN memberikan pemiliknya opsi untuk mengoperasikan AC inverter dengan konsumsi listrik di bawah kebutuhan normalnya. AC inverter DAIKIN hadir dalam dua opsi tingkatan penghematan daya listrik, yang dapat dipilih melalui remote control.

Pilihan tingkatan kedua memberikan penghematan pada penggunanya hingga hanya 50 persen dari konsumsi listrik dalam pengoperasian normalnya. Untuk kapasitas setengah PK, penghematan opsi low watt ini mampu membuat AC bisa beroperasi hanya dengan memanfaatkan daya listrik 200 Watt.

Opsi low watt dalam AC DAIKIN inverter ini juga bermanfaat untuk melakukan penghematan listrik dengan menyesuaikan suhu lingkungan sekitar. Saat suhu sejuk, pengguna dapat mengatur ke opsi low watt agar tetap memberi kesejukan dan lebih hemat konsumsi listrik.

Inovasi Super PCB membuat AC DAIKIN inverter memiliki ketahanan lebih dalam menghadapi arus listrik tidak stabil. Ketika terjadi lonjakan maupun penurunan arus listrik di rumah, AC inverter DAIKIN punya daya tahan lebih agar tetap beroperasi tanpa merusak komponen kelistrikan di dalamnya.

AC inverter DAIKIN dapat mampu beroperasi saat arus listrik serendah 150 Volt hingga bila terjadi lonjakan arus listrik mencapai 440 Volt.

DAIKIN menyediakan banyak pilihan bagi AC terbaik jenis inverter, mulai dari kapasitas setengah PK hingga 3 PK. Kemudian tersedia model PREMIUM, STAR dan FLASH sebagai yang paling populer.

AC DAIKIN dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin beralih ke AC inverter, menghemat listrik lebih nyaman dan memiliki ketahanan lebih tinggi. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi website DAIKIN. Anda juga bisa menghubungi dealer terdekat untuk berkonsultasi langsung terkait kebutuhan produk pendingin hemat energi.

You may also like