Memilih Asuransi Bisnis Yang Tepat, Lewat Agen atau Broker Asuransi?

by Ilham January
Memilih Asuransi Bisnis Yang Tepat, Lewat Agen atau Broker Asuransi

Melindungi bisnis dari berbagai risiko yang dapat menyebabkan kerugian finansial menjadi hal wajib bagi para pelaku bisnis. Anda tentu tidak ingin bisnis yang dibangun dengan susah payah mengalami kebangkrutan akibat kerugian yang disebabkan karena kebakaran, bencana alam, maupun kejadian lainnya. Belum lagi biaya yang harus ditanggung perusahaan apabila terdapat karyawan yang mengalami dampak dari risiko tersebut seperti harus menjalani perawatan rumah sakit.

Segala aktivitas bisnis memiliki risiko yang tidak dapat dihindarkan. Disinilah dukungan finansial diperlukan oleh para pelaku bisnis untuk mengatasi berbagai macam risiko tanpa menganggu dana cadangan yang sedianya digunakan untuk perencanaan lain, dan hal itu dapat diatasi dengan memiliki asuransi. Asuransi adalah salah satu cara untuk meminimalisir kerugian secara finansial akibat dampak risiko yang terjadi.

Perlindungan yang diberikan dari asuransi memiliki banyak manfaat untuk para pelaku bisnis. Selain lebih percaya diri dalam menjalankan bisnis, segala perencanaan yang terkait dengan keuangan perusahaan menjadi lebih tertata dan Anda lebih bebas dalam menjalankan strategi bisnis.

Pentingnya asuransi dalam sebuah bisnis menuntut Anda harus lebih teliti dalam membeli polis asuransi yang sesuai dengan risiko bisnis dan industri. Di sisi lain, masih banyak para pelaku bisnis yang kurang memiliki pengetahuan tentang jaminan dan manfaat polis asuransi yang tepat.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli asuransi bisnis. Misalnya, jangan asal memilih produk asuransi dengan premi murah namun ketika terjadi klaim, ganti rugi yang diterima tidak sesuai dengan nilai kerugian yang diderita pelaku bisnis. Atau, manfaat perlindungan yang terdapat di polis asuransi tidak sesuai dengan risiko bisnis dan industri. Untuk memiliki asuransi, Anda dapat membelinya melalui agen asuransi maupun broker asuransi. Baik agen maupun broker asuransi memiliki payung hukum yang dapat membantu nasabah dalam memiliki asuransi sesuai dengan kebutuhan. Namun demikian, peran dan tanggung jawab mereka berbeda. Perbedaan mendasar antara agen asuransi dan broker asuransi adalah:

  • Agen asuransi mewakili kepentingan perusahaan asuransi
  • Brokers asuransi mewakili kepentingan klien (nasabah)

Bagi para pelaku bisnis yang masih bingung ingin membeli polis asuransi melalui agen atau broker asuransi, maka dapat memahami terlebih dahulu peran maupun tanggung jawab dari agen dan broker asuransi.

Agen Asuransi

Agen asuransi merupakan seseorang atau badan hukum yang bertugas sebagai jasa dalam memasarkan produk asuransi untuk dan atas nama penanggung atau perusahaan asuransi yang diwakilinya. Tugas dan tanggung jawab agen asuransi adalah sebagai berikut.

  1. Setiap agen asuransi hanya boleh menjadi agen dari salah satu perusahaan asuransi saja. Nantinya agen asuransi menawarkan berbagai produk asuransi sesuai yang dikeluarkan oleh peruahaan yang menaunginya.
  2. Agen asuransi menawarkan produk asuransi ke calon nasabah. Terlepas dari apakah calon nasabah membutuhkan produk tersebut atau tidak.
  3. Agen asuransi merupakan perantara terjadinya kesepakatan antara calon nasabah dengan perusahaan asuransi yang kemudian akan diatur dalam sebuah perjanjian asuransi.
  4. Agen asuransi bekerja mewakili dan untuk kepentingan perusahaan asuransi.
  5. Untuk menjual produk asuransi jiwa maka agen asuransi harus terdaftar dan memiliki lisensi keagenan dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia. Sementara asuransi umum atau kerugian, agen asuransi harus terdaftar dan memiliki lisensi keagenan dari Asosiasi Asuransi Umum Indonesia.

 

Broker Asuransi

Broker asuransi merupakan badan hukum yang bekerja membantu nasabah untuk mendapat hak-haknya secara penuh atas perusahaan asuransi selama menjalankan kontrak asuransi. Peran dari broker asuransi adalah melindungi nasabah dari berbagai ancaman risiko yang menyebabkan kerugian selama memiliki asuransi. Selain itu, broker asuransi dibentuk langsung oleh pemerintah untuk memberikan jaminan perlindungan finansial bagi pengguna asuransi.

Tugas dan tanggung jawab broker asuransi adalah sebagai berikut.

  1. Memberikan layanan konsultasi risiko untuk perusahaan dengan kemampuan dan pemahaman yang melampaui pengetahuan asuransi.
  2. Broker asuransi tidak terikat dengan perusahaan manapun sehingga leluasa dalam menawarkan jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan nasabah.
  3. Broker asuransi melakukan identifikasi risiko dan memberikan solusi dengan produk asuransi yang beragam sesuai dengan hasil dari identifikasi risiko yang dilakukan sebelumnya.
  4. Broker asuransi berafiliasi dengan lebih dari satu perusahaan asuransi sehingga memudahkan dalam memilih produk asuransi terbaik.
  5. Membantu nasabah dengan pilihan produk asuransi terbaik dan memberikan manfaat proteksi yang diberikan dengan premi yang terjangkau.
  6. Memberikan pelayanan ekstra seperti manajemen risiko dan membantu nasabah dalam proses klaim asuransi.

Dengan tugas dan tanggung jawab ekstra tersebut maka pelaku usaha yang masih minim pengetahuan terkait dengan asuransi dapat bekerjasama dengan broker asuransi. Sesuai tugas dan tanggung jawabnya, broker asuransi memberikan penjelasan secara terperinci mengenai produk asuransi terbaik sesuai dengan kebutuhan dan risiko yang dihadapi.

Manfaat bekerjasama dengan broker asuransi berpengalaman

Ada banyak broker asuransi di Indonesia dan pada umumnya memiliki keunggulan masing-masing, mulai dari sumber daya manusia, pelaksanaan analisis risiko maupun jaringan perusahaan asuransi yang berkerjasama. Selain itu, hal terpenting adalah memilih broker asuransi terpercaya dan telah berpengalaman.

Dengan bantuan broker asuransi, maka bisnis Anda dapat terbantu mulai dari pengelolaan risiko, solusi asuransi sesuai risiko bisnis dan industri hingga layanan konsultasi jika terjadi klaim.

Marsh Indonesia adalah broker asuransi profesional dan terkemuka sejak 1983, serta telah berpengalaman membantu mengelola risiko ribuan perusahaan mulai dari yang berukuran kecil hingga besar.

Mengapa pengalaman menjadi poin penting dalam memilih broker asuransi? Ini karena dalam melakukan analisis risiko dibutuhkan tim spesialis yang dapat memahami segala dampak buruk terhadap perusahaan. Dengan memiliki pengalaman, maka broker asuransi sudah terbiasa menghadapi permasalahan nasabah dan memberikan solusi yang tepat. Selain itu, broker asuransi berpengalaman dapat memberikan saran strategis terhadap risiko bisnis mulai dari pemilihan produk asuransi hingga langkah yang tepat agar kerugian dapat diminimalisir.

Broker asuransi memiliki fungsi ekstra yakni membantu nasabah dalam melakukan identifikasi risiko (risk management, risk inspection) hingga layanan konsultasi jika terjadi klaim. Adapun broker asuransi seperti Marsh Indonesia juga berperan sebagai konsultan risiko melalui Marsh Risk Consulting yang dapat membantu pelaku bisnis dalam pengelolaan risiko sesuai industri perusahaan, termasuk strategi ketahanan bisnis saat pandemi guna menjaga aset dan pertumbuhan bisnis.

Source:

https://www.cermati.com/artikel/mengenal-broker-asuransi-seperti-apa-peran-dan-tanggung-jawabnya

https://www.asura.co.id/blog/perbedaan-agen-dan-broker-asuransi-yang-perlu-anda-ketahui

 

You may also like

Leave a Comment