Mau Liburan Akhir Tahun di Dekat Jakarta? 8 Wisata Alam Bogor Ini Bisa Jadi Pilihan Destinasimu

by Ilham January

Akhir tahun 2019 sebentar lagi tiba. Biasanya masyarakat mengisinya dengan berlibur bersama keluarga, kerabat dan sahabat. Buat kita yang tinggal di Indonesia merencanakan liburan tentu gampang, karena banyak pilihan kota yang masing-masing menawarkan tempat menarik, dari alam, budaya, kuliner hingga belanja. Tapi bagaimana kalau budget dan waktunya terbatas? Bagi kamu warga Jabodetabek tidak usah bingung-bingung. Karena tak jauh dari Jakarta, yakni Kabupaten Bogor memiliki banyak tempat wisata, khusunya wisata alam. Berikut delapan wisata alam Bogor yang bisa jadi pilihan destinasimu.

 

1. Kampung Cisadon

Kampung Cisadon

Masih banyak orang yang belum mengetahui tempat ini, karena kampung ini terletak di atas bukit dengan hutannya yang sangat lebat. Akses menuju tempat ini juga cukup sulit, jalan yang menanjak, terjal, dan tidak ada angkutan umum. Namun, bagi para bikers motor trail, tempat ini tidak asing lagi. Hampir setiap weekend para bikers dari beberapa komunitas memacu adrenalinnya ke kampung ini.

Kampung Cisadon terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor dengan ketinggian 1.189 MDPL. Tidak ada angkutan umum menuju tempat ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi menuju arah Sentul. Untuk mencapai Kampung Cisadon kamu harus tracking sekitar dua jam terlebih dahulu menuju Pondok Pemburu. Kalau kamu kelelahan di sana ada ground camp, kamu bisa membuka tenda dan bermalam di sana.

Masyarakat Kampung Cisadon terbilang sangat sedikit, hanya ada 24 Kepala Keluarga. Kegiatan sehari-hari warga adalah berkebun kopi. Di tempat ini tidak ada fasilitas umum, jangan berharap bisa menemukan puskesmas atau sekolah. Sehingga tempat ini cocok untuk mengadakan kegiatan sosial seperti mengajar anak-anak Cisadon, traveling sambil bakti sosial tidak ada salahnya, bukan?

 

2. Gunung Batu

Gunung Batu

Pemandangan sepanjang perjalanan menuju gunung ini sangat indah. Kamu bisa melihat hamparan sawah yang hijau, aliran sungai yang besar, dan barisan bukit yang hijau. Sayangnya, akses ke tempat ini cukup sulit karena tidak ada transportasi umum. Jadi, kalau kamu berminat ke sini, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi seperti motor, mobil, dan lain-lain. Gunung Batu terletak di Desa Sukaharja Kecamatan Sukamakmur. Tinggi gunung ini hanya 875 Mdpl, jadi buat kamu yang suka mendaki tapi tidak punya waktu banyak, Gunung Batu bisa jadi pilihan. Ada dua akses menuju Gunung Batu dari wilayah Jabodetabek yaitu melalui Jonggol (Cibubur Junction – alternatif Cibubur – Cileungsi – Jonggol – Kampung Menger – Gunung Batu) dan Citereup (Cibinong – Citereup – Tajur – Sukamakmur – Gunung Batu).

 

3. Gunung Kapur Ciampea

Gunung Kapur Ciampea

Gunung Kapur terletak di Kecamatan Ciampea. Gunung ini unik, hanya memiliki ketinggian 354 Mdpl dan puncaknya diberi nama Puncak Galau. Dari atas puncak kamu bisa melihat indahnya kota Bogor. Akses ke gunung ini cukup mudah. Buat kamu yang dari Jakarta bisa menggunakan kereta dilanjutkan dengan naik angkot 03 atau 02 dengan tujuan Laladon atau Bubulak. Setelah sampai di kedua kecamatan tersebut, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik angkot jurusan Leuwiliang. Dari sini, kamu bisa melanjutkannya dengan berjalan kaki. Akan ada banyak pemandu yang bisa membawamu ke puncak Gunung Kapur. Ada tiket masuknya, namun jangan khawatir karena sangat murah yakni Rp. 2000 per orang. Tak jauh dari Gunung Kapur juga ada Gua Lenglang yang tak boleh kamu lewatkan juga untuk dikunjungi.

 

4. Telaga Warna

Telaga Warna

Telaga Warna terletak di kawasan puncak Bogor, tepatnya di Desa Tugu, Kecamatan Cisarua. Akses menuju tempat ini sangat mudah, bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Dari Jakarta kamu bisa naik kereta commuter line, turun di Stasiun Bogor, lalu naik angkot warna hijau dengan nomor 03 jurusan Baranang Siang. Dari situ, lanjut naik angkot berwarna putih jurusan Cisarua dan langsung turun di depan Telaga Warna.

Taman Wisata Telaga Warna dibuka setiap hari bagi para wisatawan. Mulai pukul 8.00 – 17.00 WIB. Sedangkan harga tiket masuk sebesar Rp. 7.500 per orang. Tempat ini banyak diminati oleh fotografer untuk mengambil gambar bertemakan alam. Selain dapat menikmati pemandangan alam yang sangat asri, kamu juga bisa menikmati wahana air, flying fox, kebun teh, dan satwa burung.

5. Gunung Kencana

Gunung Kencana

Lokasi Gunung Kencana terletak di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua. Memiliki ketinggian sekitar 1.803 MDPL, gunung ini menawarkan sensasi alam liar dan pemandangan yang eksotis. Hamparan kebun teh dan puncak Gunung Gede – Pangrango terlihat menjulang memanjakan mata di sepanjang perjalanan.

Untuk menuju puncak Gunung Kencana bisa masuk melalui kawasan wisata Telaga Warna. Jika menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung menuju Kampung Lahan Cadangan yang merupakan titik terakhir pemberhentian kendaraan sebelum memasuki jalur pendakian. Dari pos pendaftaran Gunung Kencana, kamu bisa berjalan selama 45 menit dengan jalur yang cukup ekstrim dan menguras tenaga. Jadi kalau kamu mau ke tempat ini, harus memiliki stamina yang baik dan membawa perbekalan yang cukup.

 

6. Goa Godawang

Goa Godawang

Lokasi Goa Godawang berada di Desa Argapura Kecamatan Cigudeg atau 44 KM dari Kota Bogor. Diperlukan waktu sekitar 2 jam untuk mencapainya. Kalau dari Jakarta, kamu bisa naik kereta dari Stasiun Tanah Abang dan turun di stasiun Parung Panjang kemudian dilanjutkan dengan naik angkot ke Goa Godawang.

Di komplek goa ini terdapat 15 goa, namun hanya tiga goa yang sudah dikelola yaitu Goa Sipahang, Simenteng dan Simasigit. Masing-masing goa memiliki keindahan stalaktit dan stalakmit. Bahkan di Goa Simenteng terdapat aliran sungai bawah tanah yang berasal dari Goa Simasigit.

7. Goa Agung Garunggang

Goa Agung Garunggang

Banyak sekali wisata di Bogor yang masih belum diketahui orang banyak. Salah satunya Goa Agung Garunggang yang berada di antara deretan bukit Kawasan Sentul. Menuju Goa ini cukup sulit, masyarakat menganjurkan untuk mengendarai motor trail. Kamu akan melewati jalan bebatuan yang menurun dan curam serta jembatan setapak yang memacu adrenalinmu.

 

8. Curug Puteri Pelangi

Curug Puteri Pelangi

Curug Puteri Pelangi terletak di kaki Gunung Salak. Jaraknya sekitar 15 KM dari pusat Bogor. Kamu bisa lewat jalan alternatif Cihideung – Sukabumi. Dari jalur Cihideung masuk ke Kampung Bantarkambing. Menuju curug ini, mata kamu akan dimanjakan oleh hamparan sawah dan ladang warga. Pemandangan kaki bukit Gunung Salak dan indahnya kota Bogor juga bisa kamu nikmati. Tarif masuk Curug Puteri Pelangi hanya Rp. 10.000.

Bagaimana, sudah ada pilihan destinasi yang ingin segera kamu kunjungi

You may also like