Limbah B3, Seperti Apa Dampak Bagi Kesehatan dan Lingkungan?

by Ilham January
2LIMBA~1

Sudah tak dapat kita pungkiri lagi bahwa adanya limbah B3 ini sangat familiar dalam telinga kita. Bagaimana tidak, limbah ini merupakan sisa bahan yang berbahaya dan juga beracun.

Bila tidak kita berikan penanganan yang tepat, bisa jadi akan menimbulkan dampak berbahaya bagi lingkungan sekitar hingga semua makhluk hidup. Maka dari itulah, keberadaan limbah ini tentu saja menjadi perbincangan yang sangat serius.

Apa Itu Limbah B3?

Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya, B3 ini adalah singkatan dari Bahan Berbahaya dan Beracun. Merupakan energi, komponen, maupun zat yang memiliki sifat, konsentrasi dan juga jumlahnya baik secara langsung maupun tidak langsung bisa mencemari lingkungan hidup.

Bahkan tidak hanya mencemari saja, akan tetapi juga dapat merusak lingkungan kita. Sehingga dapat menimbulkan masalah dan gangguan kesehatan serta kelangsungan hidup.

B3 ini berasal dari kegiatan maupun usaha, entah itu dari sektor industri, pelayanan kesehatan, pariwisata, maupun dari kegiatan domestik rumah tangga. Jenis limbah ini terdiri dari berbagai macam. Mulai dari cair, gas, hingga yang berbentuk padat.

Dampak Limbah Industri

Limbah industri atau B3 ini memiliki pengaruh dan berdampak buruk bagi lingkungan. Maka dari itulah, tidak heran jika berbagai industri skala besar, menengah hingga kecil sekalipun melakukan berbagai upaya untuk menanganinya.

Hal yang sering dilakukan adalah dengan memanfaatkan adanya perusahaan pengolahan limbah B3. Umumnya, perusahaan semacam ini sudah memiliki izin dan prosedur yang jelas untuk melakukan pengolahan limbah.

Sehingga, limbah industri anda dapat teratasi dengan sangat baik. Agar membuat anda semakin yakin untuk melakukan pengolahan limbah berbahaya dan beracun tersebut, simak dampak yang bisa terjadi berikut ini!

Dampak Terhadap Kesehatan

Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi terhadap kesehatan kita akibat adanya limbah pabrik maupun industri ini. Dampak kesehatan yang mungkin saja akan terjadi antara lain sebagai berikut:

  1. Menyebabkan timbulnya sampah-sampah yang mengandung racun
  2. Terjadinya wabah penyakit yang menular berasal dari rantai makanan
  3. Selain itu, juga mengakibatkan penyakit karena jamur
  4. Menimbulkan berbagai macam penyakit tifus, diare, dan kolera
  5. Adanya sampah yang bisa menimbulkan penyakit yang berkaitan dengan tikus
  6. Kemudian timbul sampah yang akan menjadi tempat berkembang biak lalat. Sehingga akan semakin mempermudah penularan infeksi

Dampak Terhadap Lingkungan

Tidak hanya akan menimbulkan dampak terhadap kesehatan kita saja. Limbah B3 ini pun juga berdampak pada kondisi lingkungan. Beberapa yang sering terjadi antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Dapat menurunkan kualitas lingkungan tempat tinggal kita
  2. Selain itu, juga dapat menurunkan estetika atau keindahan dari lingkungan tersebut
  3. Lebih parahnya lagi dapat menghambat perkembangan negara
  4. Lingkungan yang kurang nyaman untuk kita tempati
  5. Makhluk hidup yang terkena atau terkontaminasi pencemaran limbah ini dapat mati atau musnah. Sehingga keseimbangan alam pun menjadi terganggu

Limbah Medis

Kenyataan yang kini tengah kita hadapi saat ini bukan hanya B3 saja, melainkan juga pengolahan limbah medis pun juga menjadi perhatian kita bersama. Limbah medis merupakan hasil dari buangan suatu kegiatan medis.

Pada dasarnya, limbah medis ini harus mendapatkan penanganan secepat mungkin. Demi mendapatkan penanganan yang terbaik, anda dapat menggunakan dan memanfaatkan jasa pengolahan limbah medis di Jakarta.

Dengan menggunakan jasa ini, maka masalah limbah medis dapat anda atasi dengan baik. Baik itu limbah medis ataupun limbah B3 tidak lagi menjadi masalah bagi kehidupan kita.

 

You may also like