Keuntungan Kuliah Di Jerman Yang Akan Anda Dapatkan

by Ilham January
kuliah di jerman

Siapa bilang impian kuliah di Jerman hanya sekedar mimpi di siang bolong saja? Nah bersama Virtu Education, asalkan anda mengetahui bagaimana cara berkuliah di Jerman, tentu saja impian tersebut bisa terwujud dengan mudah.

Nah, untuk mewujudkan mimpi tersebut ada baiknya untuk mengikuti kursus Bahasa Jerman terlebih dahulu di Virtu Education.

Selain itu siapa bilang bahwa tinggal di Eropa itu selalu menyenangkan? Banyak orang yang beranggapan jika kuliah dan juga tinggal di Eropa adalah liburan yang berkedok kuliah.

Padahal sebenarnya tidak, ada beberapa hal yang harus dihadapi oleh orang-orang yang ingin kuliah di Jerman. Salah satunya adalah seperti persiapan mental dan juga fisik yang harus berhadapan dengan semua hal yang berbeda.

Sebut saja seperti kebudayaan yang berbeda, makanan yang berbeda dan juga cuaca yang berbeda. Perbedaan-perbedaan tersebut tentu saja menjadi tantangan tersendiri untuk siapa saja yang ingin kuliah di Eropa, khususnya di Jerman.

Keuntungan Kuliah Di Jerman Yang Bisa Anda Dapatkan

Namun dibalik semua tantangan dan juga hal yang harus dihadapi ketika kuliah di Jerman ada beberapa hal yang akan anda dapatkan dan menguntungkan untuk anda saat kuliah di Jerman.

Nah berikut dibawah ini adalah beberapa keuntungan jika anda kuliah di Jerman yang mungkin belum anda ketahui.

Biaya Kuliah Yang Gratis

Sejak tahun 2005 lalu, beberapa negara bagian dari Jerman sudah menetapkan tarif kuliah gratis. Bahkan beberapa di BUndesland hampir semuanya sudah menetapkan tarif kuliah yang gratis.

Pada awalnya tarif kuliah gratis ini hanya berlaku untuk warga negara Jerman saja, namun sejak tahun 2014 peraturan ini diubah dengan biaya gratis kuliah ini berlaku untuk semua orang termasuk juga para pendatang.

Hal ini tentu saja menjadi salah satu kabar bahagia untuk semua orang. Misalnya saja seperti di Belanda, selain tuitotion fee yang dibanderol dengan tarif mahal, biaya hidup di Belanda juga sangat mahal.

Oleh sebab itu banyak orang-orang yang lebih memilih menempuh jalur pendidikan atau kuliah di Jerman. Bahkan tidak hanya dari Asia saja, melainkan dari Eropa sendiri juga mulai berdatangan ke Jerman untuk berkuliah secara gratis.

Terdapat Banyak Lowongan Kerja

Selain kuliah yang gratis, anak yang kuliah juga bisa bekerja paruh waktu atau part time. Dimana kerja paruh waktu di Jerman juga akan mendapatkan bayaran yang mahal.

Misalnya saja seperti bekerja menjadi waitress full time di musim panas yang bisa mendapatkan gaji hingga 1000 euro dalam kurun waktu sebulan.

Selain menjadi waitress, banyak sekali lowongan pekerjaan yang bisa diapply oleh para pelajar.Untuk anda yang tidak ingin kerja resmi, karena ribet membayar pajak dan juga asuransi anda bisa mengambil pekerjaan sebagai cleaning lady atau babysitter yang akan dibayar hingga 15 euro per jamnya.

Beasiswa Dari Kampus Dan Yayasan

Walaupun gratis, namun masih ada beberapa kampus swasta yang masih memungut biaya kuliah per semester. Misalnya saja seperti kampus Universitas Hamburg yang harus membayar 300 euro per semester sebagai biaya kuliah.

Namun walaupun begitu biaya kuliah yang dipatok tersebut sangat murah jika dibandingkan dengan biaya kuliah di Indonesia. Selain itu, terdapat juga program beasiswa dari kampus dan juga yayasan yang bisa membebaskan anda dari biaya kuliah per semester.

Fasilitas Yang Lebih Lengkap

Selanjutnya keuntungan anda kuliah di Jerman adalah anda akan mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap. Beberapa fasilitas seperti perpustakaan yang dilengkapi dengan berbagai macam buku, lab komputer yang sangat lengkap dan masih banyak lagi fasilitas yang sangat lengkap.

Berbeda seperti di Indonesia, dimana fasilitas yang didapatkan terkadang masih sangat terbatas dan tidak lengkap. Sehingga inilah menjadi salah satu keunggulan dari kuliah di Jerman. Dengan fasilitas pendukung yang sangat lengkap tentu saja proses belajar mengajar di kampus bisa berjalan dengan lancar.

Keuntungan lainnya jika anda mendapatkan kampus dengan fasilitas lengkap adalah anda bisa dengan mudah memahami materi yang disampaikan oleh dosen-dosen di kampus. Nah itulah beberapa keuntungan kuliah di Jerman yang akan anda dapatkan jika berkuliah di Jerman.

 

You may also like

Leave a Comment