Keunggulan jaringan 5G yang Mulai Digunakan di Indonesia

by Ilham January
Keunggulan jaringan 5G yang Mulai Digunakan di Indonesia

Jaringan 5G merupakan jaringan seluler generasi kelima yang menawarkan kecepatan pengalaman penggunaan internet yang lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumya, yaitu 4G. janringan 5G ini membawa kecepatan layanan internet hingga mencapai 10 GBPS. Kecepatan yang jauh diatas rata-rata kecepatan jaringan 4G sehingga akan semakin memudahkan kamu dalam menjalankan sejumlah aktivitas yang menggunakan internet seperti bermain game yang ada di situs marlinbooking.co.id, disitu ada banyak referensi games yang patut untuk dicoba seperti Mobile Legends, Free Fire hingga higgs domino rp. Kemudian, kamu juga bisa mengunduh, mengunggah hingga streaming video. Namun saat ini layanan jaringan ini masih dalam tahap pengujian di Indonesia. Sebelum kita menikmati layanan jaringan 5G, sepertinya kita harus mengetahui terlebih dahulu berbagai keunggulan jaringan 5G yang akan digunakan.

1. Koneksi Internet 10 Kali Lebih Cepat

Jaringan 5G ini memiliki kecepatan layanan internet maksimum mencapai 10 GBPS atau setara 10 kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 4G. Sehingga jaringan ini akan membuat pengalaman berinternet mu semakin menyenangkan karena tidak akan ada lagi jeda ketika menonton video online atau AFK ketika kamu tengah bermain game.

2. Memiliki Lebih Banyak Kapasitas

Seringkali kecepatan internet dari Wi-Fi akan melambat ketika ada banyak orang menggunakan jaringan tersebut secara bersamaan. Hal ini tidak akan terjadi lagi jika jaringan 5G sudah berhasil digunakan secara penuh di Indonesia karena jaringan ini memiliki kapasitas dan ruang internet yang lebih besar dari pada jaringan 4G

3. Latensi Lebih Rendah

Latensi adalah banyak waktu yang dibutuhkan sebuah paket data internet untuk melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lainnya. Dengan latensi yang lebih rendah tentunya akan membuat perjalanan internet dari jaringan 5G ini semakin cepat.  5G memiliki nilai latensi 1 milidetik atau 10 kali lebih kecil dari nilai latensi milik jaringan 4G.

Namun ditengah banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh jaringan 5G nyatanya jaringan ini juga memiliki kekurangan, yaitu untuk saat ini tidak semua wilayah di Indonseia bisa mengakses jaringan ini. Meskipun begitu, Direktur jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementrian Indormasi ismail, sudah memprediksi bahwa akses jaringan 5G akan mulai bisa dinikmati di seluruh wilayah Indonesia mulai tahun 2024 sampai 2025.

You may also like