Kenali Ciri dan Cara Mengatasi Laptop Terkena Hack

by Ilham January
Kenali Ciri dan Cara Mengatasi Laptop Terkena Hack

Perangkat elektronik pribadi seperti smartphone atau laptop, tentu menyimpan beberapa data dan informasi yang tidak harus disebarkan. Contohnya saja seperti password, akun, atau beberapa file penting lainnya.

Namun bagaimana jika laptop anda terkena hack ? Umumnya pengguna tidak akan menyadari, jika perangkat mereka telah disadap. Yuk, lindungi privasi diri dengan mengetahui cara mengatasi laptop terkena hack berikut.

 

Kenali Ciri Laptop yang Tersadap

Tentunya kita tidak menginginkan laptop kita disadap seseorang bukan ? Belum lagi kita penyadapan tersebut, dapat membuat mereka mengetahui lokasi serta beberapa detail informasi diri kita. Hal ini sudah pasti cukup membahayakan tidak hanya untuk anda, namun untuk seluruh keluarga dan orang terdekat anda.

Untuk itu, anda perlu mengetahui ciri laptop anda telah disadap dan cara mengatasi laptop terkena hack. Salah satu tanda laptop terkena hack adalah, kinerja laptop yang mulai mengalami penurunan.

Malware yang berfungsi untuk menyadap laptop anda, akan membuat kinerja perangkat menjadi lembat. Malware ini dapat masuk ke laptop, jika anda mendownload beberapa program secara sembarangan.

Selain  kinerja laptop yang mulai menurun, ciri adanya malware hack adalah banyaknya iklan pop up yang muncul. Tentunya ketika kita membuka sebuah website, terkadang ada iklan pop up yang muncul.

Namun dalam laptop yang terkena hack, iklan tersebut bukan karena membuka sebuah website. Selama terhubung dengan internet, maka akan muncul iklan pop up secara terus menerus.

 

Pentingnya Memperhatikan Kinerja Laptop

Dikutip dari situs https://www.harapanrakyat.com/, kinerja yang menurun dan iklan yang terus muncul ini, sangat mengganggu pengguna. Selain mencari cara mengatasi laptop lemot, sebaiknya anda juga mencari mengatasi laptop terkena hack.

Hal ini karena bisa jadi laptop yang mulai lambat tersebut, akibat dari malware hack. Selain kinerja yang mulai menurun, ada satu hal lain yang juga perlu diperhatikan yaitu baterai.

Jika baterai laptop cepat dengan habis dari biasanya, tentu anda perlu mencurigai hal tersebut. Apalagi jika baterai laptop terus mengalami penurunan, padahal tidak digunakan terlalu lama. Dari permasalahan ini, bisa jadi baterai laptop yang teruras cepat ini menandakan bahwa perangkat anda tengah dimanfaatkan untuk cryptomining.

Dilansir dari harapanrakyat, kegiatan yang dilakukan dengan sembunyi-sembunyi ini akan menyerang prosesor laptop. Sebuah sistem atau malware akan masuk dan memanfaatkan prosesor, sehingga berdampak pula pada ketahanan daya laptop. Hal ini lah yang menyebabkan baterai cepat turun, meskipun hanya menyalakan laptop dalam kurun waktu yang sebentar.

Sangatlah penting bagi anda, untuk melindungi perangkat dari serangan hacking. Dengan mengambil alih prosesor dan sistem laptop, maka hacker dapat mengendalikan akun media sosial anda. Hacker dapat dengan mudah untuk mmengganti password, maupun mengirimkan berbagai hal dari media sosial anda.

Bahkan hacker bisa saja membuat profil palsu, dan menggunakan namakan anda. Hacker dapat mengambill dan melihat seluruh data dalam media sosial anda, sehingga bukan hal yang sulit untuk membuat akun palsu dengan data diri anda. Tanda yang paling parah adalah, kata sandi yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Lantas, bagaimana cara mengatasinya ?

 

Solusi Laptop yang Tersadap

Cara mengatasi laptop terkena hack sesungguhnya cukup mudah untuk dilakukan, anda hanya perlu menghapus browser toolbar yang tidak dibutuhkan. Ketika menghapus browser toolbar ini, maka anda dapat melihat apakah ada pilihan downgrade versi browser laptop anda. Apabila toolbar tersebut bukan dari vendor yang terkenal, segera hapus toolbar tersebut.

Cara selanjutnya adalah, dengan mencopot pemasangan software yang memunculkan pop up. Laptop yang terkena hack, umumnya akan menginstall software dengan sendirinya. Cari tahu software yang ketika dijalankan, maka akan memunculkan iklan pop up. Jika sudah ketemu, segera hapus software tersebut.

Apabila terdapat pesan yang mengatakan anda perlu membayar sejumlah uang, jangan terburu – buru untuk membayarnya. Pesan ini pastinya dikirim oleh hacker, yang telah meretas laptop anda. Anda harus berpikir lebih jauh, dan mengingat apakah data penting telah terbackup. Jika sudah yakin, segera format laptop dan kembalikan data penting sebagaimana mestinya.

Kejahatan tidak hanya dapat kita temui di kehidupan nyata saja, saat ini kejahatan pun mulai memasuki dunia teknologi. Dengan meretas perangkat seseorang, maka hacker dapat memberikan peringatan dan mengambil keuntungan dari korbannya. Untuk menghindari hal tersebut, maka akan lebih baik jika anda mengetahui dari awal dan segera melakukan pembersihan pada laptop anda.

You may also like