Ini Dia Pengertian Komunikasi Data Beserta Tujuannya

by Ilham January
Ini Dia Pengertian Komunikasi Data Beserta Tujuannya

Pada dasarnya komunikasi data sendiri merupakan sebuah proses transfer dan penerimaan data maupun informasi. Bahkan informasi atau data yang didapatkan tersebut bisa jauh lebih banyak. Hal ini tidak lain karena proses penerimaaan dan juga transfer data tersebut menggunakan sebuah perangkat yang terhubung dalam jaringan tertentu. Maka dari itu tidak heran jika nantinya akan ada berbagai macam data hingga informasi ynag masuk tentunya. Hal mendasar dari pengertian komunikasi data ini biasanya dibagi menjadi 3 bagian.

Pertama yaitu komponen dasar yagn berupa sumber yang mana mencakup sistem transfer maupun pemancar informasi data. Selain itu ada juga elemen dasar komunikasi data yang berupa  medium transmisi yang mana berfungsi sebagai saluran untuk tempat informasi. Dengan kata lain nantinya informasi atau data tersebut akan disalurkan ke tujuan tertentu baik itu menggunakan kabel, cahaya, udara, dan lain sebagainya.

Terakhir yaitu komponen dasar komunikasi data yang tidak lain berupa penerima. Fungsinya tidak lain yaitu untuk menerima informasi ataupun data yang telah dikirimkan tadi pasitnya. Disamping hal itu, tujuan adanya komunikasi data ini tentunya ada banyak sekali. Maka dari itu tidak heran jika ragam tujuan tersebut nantinya menjadikan komunikasi data lebih bermanfaat di berbagai bidang.

Pertama yaitu tujuan komunikasi data ini untuk mengirimkan data dalam berbagai jumlah dan juga ukuran. Tentunya semua itu dilakukan secara efektif dan juga efisien dengan riisiko kesalahan yang minim. Kedua yaitu memanfaatakan sistem komputer dan peralatan secara lebih baik lagi. Ketiga yaitu penggunaan komputer menjadi lebih terarah baik itu terpusat maupun menyebar. Dengan begitu mampu mengontrol manajemen dengan baik nantinya. Keempat yaitu mempermudah proses pengelolaan data   dan juga pengaturannya sendiri di berbagai macam sistem. Kelima yaitu memperoleh data maupun informasi lagsung dari sumber utamanya sendiri tentunya. Terakhir yaitu mampu menyebarluaskan berbagai macam informasi dan juga data tersebut dengan cepat. Sehingga tidak heran jika sampai saat ini tujuan dari komunikasi data tersebut masih terus eksis untuk pengembangan sistem di berbagai macam bidang.

You may also like