Fungsi dan Model Lemari Kitchen Set Dapur yang Harus Kamu Ketahui

by Ilham January
Fungsi dan Model Lemari Kitchen Set Dapur yang Harus Kamu Ketahui

Lemari Kitchen Set Dapur – Siapa yang tak senang memiliki dapur dengan peralatan masak beserta furniturnya yang lengkap, terlebih jika Anda adalah seorang yang punya hobi memasak. Beberapa orang bahkan merancang dapur mereka dengan sangat apik, rapih dan punya desain yang menarik.

Rancangan yang dibuatnya sama seperti ia merancang ruangan lain dalam rumah. Tidak mudah dalam merancang dapur yang sesuai dengan keinginan, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu pada ahlinya.  Dapur yang baik tentunya berisi peralatan masak yang komplit serta furnitur yang berkualitas, hal ini seringkali disebut dengan lemari kitchen set dapur.

Karena disebut kitchen set, tentu ada banyak yang menjadi komponen di dalamnya. Biasamya kitchen set ini berisi lemari kabinet yang terletak di bagian atas dan bawah, ada juga tempat persiapan atau tempat cuci piring. Kemudian ada bagian untuk memasak yang berisi kompor dan alat masak lainnya, lebih lanjut tentang kitchen set ini akan diulas berikut.

Jasa Pembuatan Kitchen Set

Fungsi Kitchen Set Lemari Dapur

Kitchen set lemari dapur merupakan tempat yang sangat fungsional dan memiliki kegunaan yang tidak hanya sebagai tempat memasak, tetapi juga dapat menyimpan beragam alat-alat rumah tangga. Dengan banyak komponen di dalamnya membuat kitchen ini kini telah berubah menjadi satu-satunya furnitur yang mampu mempercantik dapur Anda.

·       Membuat Suasana Dapur Lebih Rapi

Fungsi lain dari kitchen set ini adalah dapat membuat suasana dapur Anda terlihat lebih rapi dan berkelas. Sekalipun bentuknya sederhana, namun dengan suasana yang rapi akan membuat warna tersendiri di rumah Anda. Semua alat rumah tangga juga telah memiliki posisinya masing-masing.

·       Sebagai Tempat Menyimpan Perlengkapan Dapur

Dengan Anda menyimpan semua perlengkapan dapur pada tempatnya, hal ini akan membuat Anda lebih mudah dalam mencari barang. Selain itu, perlengkapan dapur yang berbahaya bagi anak-anak juga tidak akan dengan mudah terjangkau begitu saja. Dalam hal ini fungsi lemari dapur kitchen set dapat menyelamatkan hidup Anda sekeluarga.

·       Menyimpan Bumbu dan Hasil Masakan

Selain itu, Anda juga dapat menyimpan beragam bumbu dapur dan hasil masakan Anda dalam tempat khusus yang ada di kitchen set tersebut. Tak hanya itu, barang-barang yang awalnya sulit jika tidak ada kitchen set, menjadi lebih bisa diatur penyimpanannya menjadi mudah dijangkau. Sekalipun barang-barang tersebut bentuknya berat dan besar.

Jadi, dengan memiliki kitchen set, Anda dengan segala aktivitas memasak, mencuci piring menyiapkan makanan dan lain-lain, jelas akan jadi semakin menyenangkan. Selanjutnya  seperti apakah lemari kitchen set dapur yang bagus itu? Bagaimana memilih kitchen set yang baik untuk dapur? Berikut ulasannya.

Cara Memilih Kitchen Set Lemari Dapur

Dalam memilih kitchen set yang bagus dan berkualitas, Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut. Seperti terbuat dari bahan material apakah kitchen set itu? Bagaimana bentuk kabinetnya, bagaimana juga dengan instalasi listriknya, bagaimana dengan bentuk dan keberadaan laci, serta apakah Anda mengkonsultasikan hal ini kepada ahlinya.

·       Mengetahui Bahan Material

Dalam memilih kitchen set lemari dapur, hal yang wajib dan pertama kali untuk  Anda pertimbangan adalah bahan material pembuatan kitchen set. Ada 4 bahan material yang dikenal bagus untuk membuat kitchen set, antara lain adalah material plywood atau yang lebih dikenal dengan sebutan triplek. Kedua, material blockboard, ketiga, material MDF. Dan yang terakhir adalah material HMR.

Bahan-bahan material tersebut punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seperti pada material plywood, material ini dibuat dari kayu lapis meranti dan sengon yang tersusun bersusun ke atas yang kemudian ditempelkan oleh mesin press. Kelebihan dari plywood ini adalah strukturnya kuat, punya daya tahan tinggi dan tidak gampang menyusut. Sedangkan kekurangan dari bahan material ini adalah gampang rusak apabila terkena air dan untuk membuat lemari dapur kitchen set dibutuhkan ketelitian yang sangat tinggi dalam melakukan finishing-nya.

·       Perhatikan Jenis Kabinetnya

Dengan melihat bahan yang digunakan, Anda pasti bisa menilai kitchen set terbaik untuk menghias dapur Anda. Selanjutnya dalam memilih kitchen set lemari dapur yang harus jadi pertimbangan adalah bentuk kabinetnya. Jenis kabinet dalam kitchen set ada 2 macam, yaitu yang tertutup dan terbuka. Kabinet tertutup memang terkesan monoton, karena mayoritas kabinet memang dibuat seperti itu. Namun, kabinet ini memiliki banyak kelebihan antara lain dapat mencegah dan menghindari kotoran, debu dan kuman, sehingga isi dalam kabinet tetap bersih.

·       Adakah Instalasi Listriknya dan Keberadaan Laci-laci

Saat Anda hendak memilih lemari dapur kitchen set yang bagus dan berkualitas, Anda juga bisa memperhatikan, instalasi listrik dan keberadaan laci-laci. Sebuah kitchen set yang bagus pasti memiliki instalasi listrik di dalam kitchen set-nya sehingga apabila Anda hendak menggunakan alat-alat yang menggunakan listrik, seperti mixer atau blender, Anda bisa langsung menggunakannya.

Begitu juga dengan laci-laci dalam kitchen set, jika terdapat laci-laci tersebut, maka perhatikan apakah laci-laci tersebut dapat Anda gunakan untuk menyimpan alat-alat dapur sperti sendok, garpu, pisau dan lain-lain.

Macam-macam Model Lemari Dapur Kitchen Set

Ada banyak model lemari dapur kitchen set yang bisa dipilih untuk mempercantik dapur Anda. Di antara model kitchen set yang bisa Anda pilih adalah Single Line Layout, Layout L, Layout U dan Layout Breakfast Nook. Lebih jelas tentang spesifikasi dan karakteristik kitchen set ini adalah sebagai berikut.

·       Kitchen Set Single Line Layout

Kitchen Set yang satu ini adalah model kitchen set dengan bentuk dasar garis lurus. Kitchen ini merupakan yang paling simple di antara yang lain. Kitchen set ini dapat meletakkan semua alat masak dalam 1 garis lurus. Tak hanya itu, kitchen set ini juga biasa disimpan menempel pada dinding ruangan. Ukuran dari model lemari dapur kitchen set ini adalah 200 samapai 220 cm, sedangkan ukuran tinggi kabinetnya kurang lebih 80 sampai 100 cm.

·       Kitchen Set Layout L

Kitchen set layout L merupakan model kitchen set yang membentuk huruf L, biasanya kitchen set ini diletakkan di pojok ruangan. Desainnya yang membentuk huruf L membuat kitchen set ini seringkali menyatu dengan ruang makan. Untuk ukurannya panjang 300 centimeter, lebar 60 centimeter dan tinggi sekitar 85 centimeter.

·       Kitchen Set Layout U

Pada model lemari dapur kitchen set berbentuk huruf U, biasanya dapur yang memakai kitchen set ini berbentuk persegi dan memiliki luas yang cukup memadai. Keuntungan dari  menggunakan model ini, penghuninya lebih leluasa dalam memasak dan menyajikan masakan. Selain itu, model ini juga dapat memberi kebebasan pada pemiliknya untuk berganti suasana dalam menata perabotan dapur. Perabotan dapur juga akan lebih mudah dijangkau dan dapat memaksimalkan setiap storage yang ada di dapur.

·       Kitchen Set Layout Breakfast Nook

Model lemari dapur kitchen set ini dibuat khusus bagi Anda yang ingin memiliki dapur unik yang sederhana. Biasanya model ini digunakan untuk ruang dapur yang terbatas seperti dapur sebuah rumah minimalis dan apartemen. Demikian lemari kitchen set dapur dengan beragam fungsi dan modelnya yang bisa Anda pilih. Semoga informasi ini bisa menjadi inspirasi bagi yang ingin mengubah suasana dapur Anda dengan lebih nyaman berikut dengan kitchen set di dalamnya.

You may also like

Leave a Comment