Fakta Keputihan Kental Putih dan Cara Mengatasinya

by Ilham January
Keputihan Kental Putih

Keputihan menjadi hal yang paling umum dialami para wanita. Keputihan ini sendiri merupakan cairan yang keluar dari organ intim kewanitaan. Cairan tersebut memiliki fungsinya sendiri, yaitu membantu membersihkan vagina. Selain itu, keputihan ini juga dapat membantu dalam menjaga kesehatan dari organ intim kewanitaan itu sendiri.

Lalu, bagaimana jika keputihan yang Anda alami yaitu keputihan kental putih? Apakah kondisi ini berbahaya? Kondisi ini bisa saja berbahaya, tetapi juga bisa saja merupakan kondisi yang normal.

Jika Anda ingin langsung mengkonsultasikannya bersama dokter, Anda bisa melakukannya secara online! Saat ini, banyak sekali layanan konsultasi online bersama dokter-dokter terpercaya. Mudahnya, Anda bisa konsultasikan keluhan Anda di sini!

Agar Anda tidak terlalu khawatir dengan kondisi keputihan ini, simak beberapa fakta tentang keputihan kental putih ini dan cara mengatasinya!

 

Faktanya

1.   Belum tentu berbahaya

Keputihan merupakan hal yang wajar terjadi pada wanita. Keputihan ini terjadi karena tubuh memiliki cara alami untuk membersihkan organ kewanitaan. Selain sebagai pembersih, cairan ini juga berfungsi untuk menjaga kelembapan dan melindungi organ intim kewanitaan dari infeksi.

Keputihan ini sendiri merupakan cairan yang diproduksi oleh kelenjar vagina dan leher rahim. Keluarnya cairan ini nantinya akan membawa sel-sel mati dan juga bakteri.

Tekstur maupun warna dari keputihan juga bisa berbeda-beda pada setiap orang. Umumnya, untuk konsistensi dari keputihan ini bisa bersifat encer hingga lengket dan kental. Warna dari keputihan pun bisa bening hingga berwarna putih.

Sehingga, keputihan kental putih masih termasuk hal yang wajar dan aman terjadi pada wanita. Keputihan akan menjadi abnormal jika disertai oleh gejala lainnya seperti gatal, bau, hingga nyeri.

2.   Bisa karena adanya infeksi

Keputihan putih kental juga bisa menjadi salah satu gejala dari adanya infeksi pada organ intim kewanitaan Anda. Biasanya, infeksi keputihan ini disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan jumlah bakteri alami yang kemudian dapat menyebabkan infeksi bakteri bernama Vaginosis Bakterialis.

Selain itu, infeksi jamur juga dapat menyebabkan keputihan abnormal. Jamur ini adalah jamur candidiasis. Kedua infeksi ini bukanlah infeksi yang menular, namun tetap saja akan mengganggu kenyamanan Anda.

Untuk Vaginosis bakterialis, seringkali tidak menimbulkan gejala. Tetapi, sebagian wanita akan mengalami keputihan yang memiliki tekstur berwarna putih atau kelabu. Sedangkan gejala dari jamur candidiasis ini ditandai dengan adanya keputihan yang menggumpal seperti keju dan terasa gatal yang luar biasa pada area sekitar vagina.

Jika mengalami gejala-gejala tersebut, ada baiknya untuk periksakan segera diri Anda ke dokter. Atau bisa segera konsultasikan kepada dokter secara online agar lebih mudah.

3.   Ibu hamil biasanya mengalami hal ini

Pada saat hamil, biasanya akan terjadi peningkatan hormon pada wanita. Peningkatan hormon ini dapat membuat produksi cairan pada vagina juga bertambah. Oleh karena itu, wajar bila muncul keputihan kental putih pada ibu hamil. Itu bisa menjadi salah satu tanda bahwa Anda sedang hamil muda!

Kondisi ini biasanya disebut sebagai leukorrhea. Leukorrhea sendiri normal terjadi asalkan kemunculannya tidak disertai oleh gejala lainnya. Keputihan putih kental ini juga berfungsi untuk melindungi rahim dari bakteri yang dapat menimbulkan resiko gangguan pada janin Anda.

4.   Konsistensi keputihan setiap wanita berbeda

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, konsistensi dari cairan keputihan ini bisa berbeda pada setiap wanita. Hal ini bisa disebabkan oleh hormon yang menyebabkan cairan ini terjadi.

Keputihan bisa bertekstur encer dan berwarna bening. Selain itu, ada juga yang bertekstur kental dan berwarna putih. Selama tidak ada gejala lain yang menyertai seperti gatal maupun nyeri pada organ intim kewanitaan, berarti keputihan tersebut masih termasuk dalam golongan yang normal.

5.   Bisa menjadi gejala dari penyakit tertentu

Keputihan yang dialami wanita bisa menjadi suatu tanda dari adanya penyakit lain. Keputihan kental putih ini akan menjadi abnormal apabila disertai gejala lain, seperti:

  • Adanya perubahan warna cairan menjadi kuning, hijau, atau kelabu
  • Berbau tidak sedap, amis, atau berbau busuk yang menyengat
  • Bertekstur lebih kental, berbusa, atau menggumpal
  • Disertai oleh darah walaupun sedang tidak haid
  • Organ intim kewanitaan atau vagina terasa gatal, kemerahan, atau terbakar
  • Sakit saat buang air kecil
  • Nyeri pada panggul

Selain gejala tersebut, tidak menutup kemungkinan akan timbul gejala-gejala lainnya. Jika sudah timbul gejala seperti itu, sebaiknya Anda segera konsultasikan kepada dokter.

 

Cara mengatasinya

Walaupun keputihan kental putih ini bisa dibilang normal terjadi pada wanita, tetapi kondisi ini pasti mengganggu kenyamanan Anda. Begini cara mengatasinya:

  1. Pilih celana dalam yang berbahan 100% katun. Hal ini agar celana dalam Anda dapat menyerap keringat dengan baik.
  2. Jangan menggunakan celana dalam yang ketat. Penggunaan celana dalam yang ketat dapat menghambat sirkulasi udara. Kurangnya sirkulasi udara ini akan membuat organ intim kewanitaan Anda menjadi lembab.
  3. Jika cairan keputihan ini keluar terlalu banyak, sebaiknya Anda sering mengganti pakaian dalam agar tidak lembab. Organ intim yang lembab akan memudahkan bakteri jahat untuk berkembang.
  4. Jangan menggunakan sabun yang mengandung pewangi, antiseptik, maupun douching untuk membersihkan organ intim kewanitaan Anda. Produk tersebut memiliki kemungkinan untuk mempengaruhi keseimbangan pH vagina dan juga bakteri di dalamnya.
  5. Bersihkan vagina secara lembut. Basuhlah vagina dari bagian depan ke bagian belakang.
  6. Jika sedang mengalami infeksi pada organ intim kewanitaan Anda, sebaiknya minta pasangan Anda untuk menggunakan kondom pada saat berhubungan intim. Anda juga bisa menunda hubungan seksual bersama pasangan untuk mencegah adanya penyebaran infeksi.

 

Demikian beberapa fakta tentang keputihan kental putih yang tidak jarang dialami oleh para wanita dan juga cara mengatasinya. Jangan lupa untuk segera konsultasikan kepada dokter jika Anda mengalami gejala-gejala seperti yang sudah dijelaskan di atas.

You may also like