Cara Sikapi Bunga Deposito Tertinggi, Penting Disimak

by Ilham January
Deposito

Mendapatkan tawaran bunga deposito tinggi tentu sangat menggiurkan sekali. Namun, nasabah tidak boleh tunduk dengan mudah karena disinyalir sebagai penipuan. Dewasa ini memang banyak sekali penipuan yang terjadi sehingga harus waspada. Berikut ini merupakan beberapa cara menyikapi jika diberikan tawaran bunga deposito tertinggi:

1. Pilih Yang Dilindungi LPS

Adanya LPS sangat membantu sekali bagi nasabah yang mendepositokan uangnya di bank. Hal tersebut dikarenakan lembaga ini mampu menjamin nasabah yang melakukan investasi di bank tersebut. apabila nantinya terdapat kerugian dari bank tersebut, maka LPS akan menggantikan kerugian yang dialami oleh nasabah.

Penting sekali bagi nasabah untuk memilih bank yang dilindungi langsung oleh LPS. Apabila ada pihak bank yang menawarkan bunga deposito cukup tinggi, maka periksa terlebih dahulu apakah bank tersebut terdapat perlindungan dari LPS atau tidak. Caranya yaitu dengan mencari tahunya melalui web resmi dari banknya ataupun bisa bertanya langsung pada CS.

2. Hati-hati Modus Deposito Palsu

Banyak sekali penipuan yang bermoduskan deposito palsu. Para oknum pun tidak segan-segan untuk menghalalkan berbagai cara demi mengajak calon nasabahnya agar tergiur dengan deposito tersebut. Biasanya deposito yang palsu sama sekali tidak menggunakan teknologi komputer dalam proses transaksi sehingga dilakukan secara langsung. Tentu saja hal ini patut dicurigai.

Kejanggalan lain yang bisa ditemui adalah transaksi yang dilakukan tidak melalui kantor utamanya melainkan melalui kantor cabang yang bisa dianggap sebagai tempat ilegal. Selalu pastikan bahwa tempat tersebut memang asli dan orang yang menawarkan deposito merupakan pegawai resminya. Jangan sampai tertipu hanya dari fisiknya saja.

3. Cermati Resikonya

Bunga deposito tertinggi tinggi tentu mampu menghadirkan keuntungan yang besar bagi nasabah. Biasanya juga bank tersebut akan memberikan informasi bahwa resiko yang didapatkan kecil. Namun, sebagai nasabah yang cerdas jangan langsung percaya dengan perkataan tersebut. Umumnya, jika bunganya tinggi maka resiko kerugian yang akan didapatkan juga sepadan sehingga harus diwaspadai.

Supaya lebih aman, silahkan pilih bank yang memiliki standar bunga yang memang sudah ditetapkan langsung oleh Bank Indonesia sehingga lebih terpercaya. Suku bunga bank yang berlaku saat ini mencapai 4,25% saja sehingga jika ada bank yang menawarkan lebih dari itu patut untuk dihargai. Agar lebih aman, nasabah bisa menyimpan aset pada Earn saja.

4. Investasi Deposito Dengan Bunga Wajar

Carilah bank yang memiliki bunga deposito tidak terlalu tinggi agar resiko yang didapatkan pun sewajarnya saja. Penting untuk selalu memeriksa perkembangan bunga deposito yang terbaru agar tidak tertinggal informasi. Nantinya tingkat bunga deposito tersebut bisa dijadikan patokan ketika akan memilih bank.

Itulah cara menyikapi bunga deposito tertinggi yang perlu diterapkan agar tidak mudah terkena tipu. Canggihnya teknologi saat ini dan banyaknya oknum yang tidak bertanggung jawab menjadikan nasabah harus selalu waspada. Penting pula untuk berkonsultasi dengan lainnya untuk menentukan bank yang cocok.

 

You may also like