Cara Praktis Membuat SOP (Standard Operating Procedure) Perusahaan

by Ilham January
Cara Praktis Membuat SOP

Untuk mempercepat dan memudahkan suatu pekerjaan maka perlu membuat SOP (Standard Operating Procedure), tentu saja jadi aspek penting jika ingin membangun standar kerja perusahaan atau bisnis yang sedang dikembangkan.

Jika Anda ingin membuat SOP perusahaan, maka harus memahami proses dan langkah penyusunannya. Meskipun SOP masing-masing perusahaan berbeda satu sama lainnya, namun secara fungsi dasar Standar Operasional Prosedur tidak akan jauh berbeda.

Untuk membuat SOP (Standard Operating Procedure) perlu panduan dan teknik penyusunan yang tepat, maka bisa menjadi acuan penting agar sistem lebih selaras dengan visi dan misi perusahaan, serta hasil kinerja karyawan jadi lebih maksimal.

Maka dari itu, saat ini sudah ada event online training bagi yang ingin belajar menyusun atau membuat SOP perusahaan. Untuk menambah pengetahuan, berikut ini sekilas tentang SOP dan cara membuatnya. Yuk, simak penjelasannya hingga tuntas!

Sekilas Tentang SOP Perusahaan

SOP (Standard Operating Procedure) menjadi patokan dan pedoman dalam bekerja di perusahaan sesuai dengan tata kerja, sistem kerja dan prosedur yang diterapkan. Selain itu, SOP juga dijadikan sebagai acuan bekerja dan alat penilaian kinerja karyawan.

Tanpa SOP perusahaan, maka seluruh kegiatan perusahaan tidak ada patokan yang jelas, hal ini membuat perusahaan seperti tidak ada pegangan sehingga efektivitas pekerjaan bisa menurun. Maka dari itu, penting membuat SOP perusahaan dengan benar.

Dengan adanya SOP perusahaan, maka untuk mencapai tujuan sesuai visi dan misi perusahaan menjadi lebih efektif, serta SOP perusahaan sangat penting untuk mencapai keuntungan secara maksimal. Lalu, bagaimana cara membuat SOP perusahaan?

Cara Membuat SOP (Standard Operating Procedure)

Ada beberapa cara membuat SOP (Standard Operating Procedure) perusahaan dengan tepat dan benar, dengan menyusun SOP ini juga bisa membantu kegiatan operasional perusahaan berjalan lancar. Adapun cara membuat SOP, yaitu sebagai berikut:

1. Membentuk Tim Penyusunan SOP

Dengan membentuk tim penyusun SOP yang handal dan punya pengalaman di bidangnya, maka bisa menyumbang ide gagasan dalam membuat susunan kerja yang merupakan pondasi utama yang akan berpengaruh terhadap kualitas SOP.

2. Menentukan Tujuan Membuat SOP

Dengan menentukan tujuan pembuatan SOP, maka bisa menyusun SOP sesuai standar operasional yang akan digunakan. Hal ini juga akan lebih mudah diterapkan pada perusahaan, sehingga mudah dipahami pekerja dan bekerja sesuai SOP yang dibuat.

3. Menyusun Rancangan Awal

Untuk memulai proses penyusunan, maka bisa membuat rancangan awal SOP sesuai bentuk standar operasi yang dibutuhkan. Anda bisa membuat template, bentuk flowchart, maupun menambah gambar dan video agar lebih mudah dipahami pekerja.

4. Melakukan Evaluasi Menyeluruh

Setelah melakukan perancangan dan penyusunan SOP,  maka perlu melakukan evaluasi oleh seluruh jajaran perusahaan, tujuannya agar tidak ada kesalahan datu kekurangan, serta membuka saran atau kritik agar tercipta standar operasional yang efektif.

5. Melakukan Simulasi dan Perbaikan

Sebelum Standar Operasional Prosedur ini disahkan, maka perlu melakukan simulasi agar jika terjadi kesalahan maka bisa diperbaiki. Dengan demikian, pembuatan SOP perusahaan sesuai dengan standar operasi yang mudah dipahami dan dijalankan.

Dengan membuat SOP (Standard Operating Procedure) perusahaan yang tepat dan benar, maka ada pedoman atau acuan bagi pekerja untuk menjalankan tugasnya sesuai dengan standar yang dibuat, pekerja bisa bekerja secara maksimal.

Demikian sekilas tentang cara menyusun SOP perusahaan dengan benar, jika ingin mengerti dan memahami lebih dalam maka bisa ikuti program pelatihan cara praktis membuat SOP perusahaan. Semoga informasinya bermanfaat dan menginspirasi.

You may also like