Cara Menyusun RPP SD SMP MTS SMK 1 Lembar Daring Secara Benar untuk Merdeka dalam Belajar

by Ilham January
Cara Menyusun RPP SD SMP MTS SMK 1 Lembar Daring Secara Benar untuk Merdeka dalam Belajar

Saat ini dalam menyususun Rpp mengacu pada Permen 2019 menteri Nadiem. Untuk Rpp model terbaru hanya 1 lembar, hal ini bertujuan agar guru tidak di bebani oleh administrasi yang banyak, sehingga siswa lebih merdeka dalam belajar. Garis besar dari Rpp 1 Lembar ini intinya memuat tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan metode penilaian. Karena Rpp merupakan skenario dalam mengajar jadi bebas dikembangkan sesuai kreatifitas masing-masing guru.

 

Dalam menyusun RPP SD SMP MTS SMK 1 Lembar Daring oleh para guru harus dengan metode yang tepat. Karena, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sangatlah penting untuk dimiliki oleh para Pengajar yang akan menyampaikan materi maupun tugas. Hal ini bertujuan, agar pelajaran dapat diterima Murid secara tepat juga mudah dimengerti. Selain itu, menjadi panduan bagi para Pendidik agar memiliki berbagai langkah juga tujuan yang jelas dalam mengajar, ibarat peta yang nantinya sampai tujuan dengan lancar. Sehingga, terwujud tujuan pembelajaran dalam dunia pendidikan. Apalagi, di tengah kondisi pandemi seperti sekarang yang mengharuskan untuk proses belajar mengajar via online.

 

RPP SD SMP MTS SMK 1 Lembar Daring wajib disusun oleh para Pendidik sebagai skenario dalam mengajar, agar tidak menjadi tumpang tindih dalam proses mengajar. Maksudnya, supaya Pengajar lebih terarah dalam menyampaikan materi via online sehingga mudah dipahami Murid. Selain itu, membuat Pendidik lebih gampang dalam menentukan metode yang tepat guna dalam mengajar via daring agar Murid tidak terbebani. Karena, sudah beredar berita yang mengerikan terkait korban mental siswa akibat tekanan dalam proses belajar secara daring. Hal ini disebabkan beban tugas dari Pendidik berlebihan serta pemilihan teknik yang salah dalam mengajar ke para Murid.

 

Jadi langkah Pertama, buat RPP sesuai dengan tingkat pendidikan yang ditempuh oleh Murid. Pada jenjang sekolah wajib mendapatkan perhatian, memiliki langkah pembelajaran yang berbeda. Jangan berasumsi RPP itu sama untuk semua jenjang pendidikan, sebab hal ini akan berakibat fatal dengan memberikan beban tidak sesuai kemampuan. Kedua, pahami psikologi Murid dalam belajar via online. Hal ini terkait kemampuannya juga tantangan yang mereka hadapi. Fahami keluhan Murid, jangan memaksakan kehendak pribadi Anda. Jangan memberikan tugas dengan secara berlebihan. Selalu hadirlah di setiap Murid bertanya atau membutuhkan bimbingan Anda. Ketiga, tentukan langkah yang tepat dalam mengajar via daring juga membuat Murid senang. Kami menyarankan Guru untuk mengajar via Zoom meeting, agar dapat berinteraksi dua arah dengan Murid. Sehingga, mengurangi beban kesendirian Murid dalam belajar serta bisa saling interaksi dan berpendapat secara langsung saat meeting di Zoom, itulah dinamakan Rpp merdeka dalam belajar. Untuk penyusunan Rpp, dapatkan info lebih lengkap langsung baca di : RPP SD SMP MTS SMK 1 Lembar Daring. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para Guru dan tetap semangat.

You may also like