Cara Menggadaikan BPKB Dengan Bunga Pinjaman Ringan

by Ilham January
Cara Menggadaikan BPKB Dengan Bunga Pinjaman Ringan

Meminjam uang adalah salah satu solusi yang banyak dipilih masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka yang satu diantaranya dengan memohon pinjaman melalui gadai surat kendaraan bermotor. Pilihan untuk menggadaikan BPKB dengan bunga pinjaman kecil sangat marak di kalangan masyarakat untuk memperoleh pinjaman uang sebagai modal usaha dan keperluan lainnya. Lembaga keuangan yang menyediakan layanan pinjaman gadai BPKB untuk motor atau mobil dengan persyaratan mudah ada banyak meliputi Bank, pembiayaanbpkb.com, Koperasi Simpan Pinjam sampai Pegadaian dengan jumlah maksimal pinjaman yang variatif dan tersebar di berbagai kota seperti gadai BPKB motor Bandung , Surabaya, Medan dan wilayah lainnya.

Jumlah pinjaman yang diberikan sesuai dengan tahun/usia dari kendaraan yang akan digadai dan jenis kendaraan. Untuk kendaraan bermotor yang masih keluaran baru bisa memperoleh nominal pinjaman yang tinggi. Proses gadai BPKB dengan bunga pinjaman ringan akan cair di hari yang sama pada saat pemohon mengajukan pinjaman. Beberapa hal yang harus dibawa bila ingin mengajukan permohanan pinjaman melalui layanan gadai BPKB adalah:

  1. BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor) asli dari Satuan Lalu Lintas Polri dan masih hidup.
  2. Fotocopy KTP/SIM
  3. Fotocopy Kartu Keluarga
  4. Buku Tabungan (Jika ada)
  5. Kendaaran sesuai dengan BPKB yang akan digadai

Proses melakukan permohonan  pinjaman melalui gadai BPKB yang memiliki bunga pinjaman paling ringan langsung ke KSP, Pegadaian atau Bank akan dimulai dengan proses cek kelengkapan administrasi di atas. Jika yang mengajukan adalah Nasabah lama maka Bank akan melakukan pengecekkan riwayat transaksi apakah pernah ada masalah atau tidak. Proses kedua, kendaraan yang BPKB nya mau digadai akan dicek lebih dulu dan menyalin nomor kendaraan sebagai identitas BPKB selama disimpan oleh pihak Bank. Proses ketiga, akad atau perjanjian dan pemberian dana tunai pada Nasabah.

Nasabah akan memperoleh tawaran yaitu mau  melakukan angsuran pinjaman selama berapa bulan atau memilih sistem angsuran lain yang dimiliki oleh pihak Bank, Pegadaian atau Koperasi Simpan Pinjam. Hingga pinjaman lunas, pihak Bank akan menyimpan BPKB dan semua persyaratan administratif kecuali tabungan Nasabah sebagai jaminan untuk pinjaman.

You may also like