Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri

by Ilham January
Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri

Selain perangkat yang banyak di favoritkan oleh berbagai kalangan, namun nyatanya android masih sering mendapatkan beberapa masalah seperti touchscreen bergerak sendiri meskipun sedang tidak diakses atau disentuh. Bukan hal baru lagi, namun masalah ini menjadi hal biasa yang banyak dialami oleh para pengguna android sendiri. Apakah kalian salah satunya? Sebagian orang akan menganggap jika touchscreen menjadi rusak dan sebagainya.

Akhirnya, mereka langsung membawanya ketukang service untuk segera diperbaiki. Tapi sebaiknya ketahui terlebih dahulu, masalah yang mengakibatkan touchscreen bergerak sendiri, seperti error dan sebagainya. Lalu bagaimana cara mengatasinya. Tidak perlu cemas, seperti yang telah dilansir oleh Valetic.id tentang cara mengatasi Touchscreen bergerak sendiri, yang bisa kalian coba. Yuk, simak selengkapnya dibawah ini.

Penyebab Touchscreen Bergerak Sendiri di Android

Perlu kalian ketahui, jika ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi touchscreen gerak sendiri. Namun, sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebab touchscreen menjadi error. Oleh karena itu, silahkan simak penyebab dan cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri.

Charger Rusak

Ketika output charger tidak pas pada android, maka bisa mengakibatkan touchscreen menjadi error. Namun sebenarnya tidak bisa dikatakan dengan jelas, jika charger tersebut mengalami kerusakan. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan charger asli dan hindari penggunaan charger jenis KW karena akan mengakibatkan kerusakan pada komponen hp jika dibiarkan.

Screen Guard yang Kotor

Screen guard juga bisa berpengaruh pada layar android, apa lagi jika keadaan screen guard sangat kotor. Dan bisa mengakibatkan touchscreen gerak sendiri dan masalah lainnya. Oleh akrena itu, sebaiknya selalu bersihkan screenguard secara rutin, jika sudah tidak layak pakai lagi sebaiknya ganti yang baru.

Layar Panas

Penggunaan secara berlebihan bisa mengakibatkan layar menjadi panas, dan memberikan efek yang tidak baik pada perangkat seperti sensitivitas touchscreen berkurang dan bisa gerak sendiri. Sebaiknya gunakan android dengan bijak, dan jangan terlalu berlebihan hingga overheating pada komponen android lainnya.

Baterai Habis

Kehabisan baterai membuat performa android semakin menurun, dan mengakibatkan touchscreen bergerak sendiri atau error yang lainnya. Sebaiknya segera isi daya android kalian, untuk bisa mengoptimalkan android yang kalian miliki.

Touchscreen Rusak

Jika mengalami hal demikian, bisa dikatakan jika touchscreen android kalian menjadi rusak, apa lagi ketika menggunakan hp sering kali terjatuh, atau lainnya. Sebaiknya temui tukang service terpercaya untuk mengatasi maslaah tersebut. Karena touchscreen juga memiliki batas waktu dalam penggunaannya, jka telah melewati batas maka bisa menjadi error dan lainnya.

RAM Penuh

Perlu kalian ketahui, ketika RAM penuh maka secara otomatis kinerja android akan turun drastic. Hingga mengakibatkan lag, atau no respon hingga touchscreen menjadi bergerak sendiri dan meleset ketika disentuh. Sebaiknya gunakan aplikasi yang benar-benar dibutuhkan, dan jangan sampai RAM menjadi penuh.

Bug Pada ROM

Firmware atau ROM, terkadang terdapat bug didalamnya. Apa lagi untuk ROM versi beta. Setelah mengupdate ROM dan touchscreen menjadi bergerak sendiri, bisa dipastikan ROM bermasalah. Sebaiknya perhatikan terlebih dahulu sebelum mengganti ROM dengan teliti, agar tidak terjadi error atau masalah yang lainnya.

Akhir Kata

Demikianlah sedikit informasi tentang Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri untuk bisa kalian coba sendiri, ketahui penyebab terjadinya touchscreen bergerak sendiri terlebih dahulu sebelum membawanya ke tukang service, semoga apa yang telah kami share diartikel ini bisa bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih.

You may also like

Leave a Comment