Cara Mengatasi Keputihan yang Baik dan Benar

by Ilham January
Cara Mengatasi Keputihan yang Baik dan Benar

Ada beberapa permasalahan dari wanita khususnya masalah keputihan. Ada keputihan yang bisa diobati bahkan ada juga beberapa permasalahan keputihan yang bisa sembuh sendirinya. Biasanya keputihan yang sembuh dengan sendirinya karena akan menstruasi, menjelang kehamilan dan lainnya. Karena permasalahan keputihan ini berbeda-beda, tentunya untuk cara mengatasi keputihan pun berbeda-beda.

Terjadinya keputihan karena ada kelenjar yang ada di dinding vagina dan memproduksi cairan. Namun, sebenarnya cairan ini adalah cairan yang dijadikan pertahanan untuk membantu dalam menjaga kesehatan organ intim para wanita. Keputihan normal ini biasanya memiliki warna bening atau putih susu dan tidak berbau. Sedangkan keputihan yang tidak normal biasanya memiliki warna kekuningan bahkan memiliki bau tertentu.

Inilah Solusi Mengatasi Keputihan dengan Benar

Untuk menghindari permasalahan keputihan yang tidak normal, tentu akan lebih baik jika Anda sendiri paham bagaimana cara mengatasi keputihan yang baik dan benar. Pertama, pastikan untuk rajin membersihkan vagina dengan tepat. Caranya dengan membasuh vagina dari depan ke belakang, bersihkan menggunakan sabun dengan bahan ringan.

Kedua, pastikan untuk tidak menggunakan beberapa produk kewanitaan. Ada beberapa produk yang bisa membahayakan vagina karena adanya bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Untuk itulah gunakan air hangat atau sabun yang aman untuk membersihkan vagina.

Ketiga, gunakan kompres dingin. Biasanya, untuk menghilangkan rasa gatal atau bengkak pada vagina yang mengalami keputihan, Anda bisa mengompresnya menggunakan air dingin. Caranya bisa dengan mengompres vagina menggunakan waslap atau kain lembut yang sebelumnya sudah direndam dengan air dingin.

Saat mengalami keputihan, jangan lupa untuk rutin menggantu celana dalam, kemudian usahakan untuk tidak menggunakan celana yang terlalu ketat. Untuk celana dalam yang direkomendasikan agar tidak menimbulkan keputihan parah bisa memilih dengan bahan katun.

Jika beberapa cara mengatasi keputihan di atas tidak bisa mengatasi permasalahan keputihan yang sedang dialami, maka segeralah untuk berkonsultasi pada dokter. Hal ini sangat dianjurkan agar keputihan yang dialami tidak semakin parah atau tidak akan menimbulkan penyakit lain yang lebih parah.

You may also like

Leave a Comment