Mudah Banget, Begini Cara Mencuci Sofa Sendiri

by Ilham January
Mudah Banget, Begini Cara Mencuci Sofa Sendiri

Menjaga kebersihan rumah adalah kewajiban yang harus kita lakukan. Meski terkadang lantai sudah terlihat mengkilap dan terbebas dari debu, namun masih banyak orang yang tidak sadar bahwa kuman banyak menumpuk. Sama halnya dengan sofa. Salah satu furniture yang ada di rumah ini memang menjadi sarang jamur dan juga kuman sehingga tidak boleh ketinggalan untuk dibersihkan. Biasanya debu akan terlihat ketika kita menepuk-nepuk sofa yang membuat hidung menjadi gatal.

Sofa kotor yang dibiarkan lama kelamaan akan tumbuh jamur dan menjadi rusak. Selain itu, sofa kotor juga bisa memicu masalah kesehatan, seperti asma dan alergi. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak ketinggalan untuk membersihkan sofa secara rutin untuk mencegah kuman dan jamur yang menumpuk,

Cara untuk Mencuci Sofa Sendiri dengan Mudah

Kondisi sofa yang kotor tentu bisa mengancam kesehatan Anda dan keluarga. Hal inilah yang mengharuskan Anda untuk selalu menjaga kebersihan. Berikut ini terdapat beberapa cara untuk mencuci sofa sendiri yang bisa Anda coba.

  1. Menggunakan Vacuum Cleaner

Jika biasanya Anda membersihkan sofa hanya dengan menggunakan kemoceng, maka cobalah untuk menggunakan vacuum cleaner. Vacuum cleaner handheld cocok digunakan untuk membersihkan sofa hingga ke sela-selanya. Dengan menggunakan alat ini, maka debu dan kotoran yang berada di sofa akan hilang sepenuhnya.

  1. Dicuci Menggunakan Deterjen

Bagi Anda yang ingin menghilangkan noda di sofa, bisa membersihkannya dengan menggunakan deterjen. Caranya antara lain sebagai berikut:

  • Pindahkan sofa ke luar ruangan serta siapkan alat dan produk pembersih. Jangan lupa sediakan sarung tangan.
  • Sikat area yang kotor hingga terlihat bersih.
  • Campurkan 1 liter air hangat dan ½ sendok deterjen ke wadah. Lalu aduk rata.
  • Masukkan spons dan gunakan untuk menghilangkan noda pada sofa. Lakukan hal tersebut hingga sofa kembali bersih.
  • Jemur sofa di bawah sinar matahari hingga kering.

Perlu diperhatikan bahwa cara ini hanya bisa digunakan pada sofa dengan bahan kain. Apabila Anda memiliki sofa berbahan kulit, maka sebaiknya gunakan lap pembersih khusus bahan kulit.

  1. Hilangkan Noda Membandel dengan Cuka

Sudah menjadi rahasia umum jika cuka bisa digunakan sebagai bahan pembersih rumah. Ternyata Anda juga bisa menggunakan cuka untuk membersihkan sofa karena kandungan asam asetat pada cairan ini terbukti ampuh untuk mengangkat kotoran. Berikut adalah cara menggunakan cuka untuk membersihkan sofa.

  • Campurkan cuka putih dan air menggunakan perbandingan 1:1. Ingat, Anda harus menggunakan sarung tangan.
  • Masukkan campuran tadi ke dalam botol semprotan.
  • Kemudian semprotkan larutan cuka ke bagian sofa yang kotor dan gosok secara perlahan menggunakan lap.
  • Biarkan sofa mongering secara alami.
  1. Menggunakan Jasa Sedot Tungau

Cara terakhir adalah Anda bisa menggunakan jasa sedot tungau Jogja agar sofa Anda terbebas dari debu, kuman, dan juga tungau. Jasa sedot tungau ini akan membantu Anda dalam mengatasi sofa yang kotor dan berdebu.

Demikian penjelasan tentang empat cara mencuci sofa sendiri. Tentunya cara tersebut cocok untuk Anda yang memiliki banyak waktu luang di rumah. Akan tetapi, bagi Anda yang setiap harinya super sibuk dan jarang di rumah, tidak perlu khawatir. Kini Anda bisa menggunakan jasa jogjaclean.com untuk membantu membersihkan seluruh sofa di rumah Anda.

JogjaClean merupakan penyedia jasa panggilan untuk membersihkan seluruh perabotan rumah dan siap datang ke tempat Anda. Mereka menerima layanan di berbagai wilayah, seperti Yogyakarta, Solo, Sukorharjo, Magelang, Bantul, Klaten, Sleman, dan juga Boyolali.

You may also like