Cara Memperbesar Ukuran PDF Paling Mudah

by Ilham January
Cara Memperbesar Ukuran PDF Paling Mudah

Cara Memperbesar Ukuran PDF – PDF merupakan salah satu format file dokumen yang dikembangkan oleh Adobe. Format file satu ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990 lalu, dan hingga sekarang menjadi salah satu format file yang paling sering digunakan. Berbeda dengan format Word, PDF bisa dibilang lebih lengkap fiturnya. PDF juga memungkinkan untuk memuat berbagai elemen dokumen, mulai dari teks, gambar, grafik vektor, dan elemen lainnya.

Berbicara mengenai file PDF, terkadang kita butuh cara untuk memperbesar ukuran file tersebut. Misalnya untuk mengirimkan ke instansi tertentu dan mengharuskan file PDF punya ukuran besar. Untuk cara ini mungkin belum banyak pengguna yang mengetahuinya. Tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini delon.id akan mencoba membahas bagaimana cara memperbesar ukuran PDF tersebut. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Memperbesar Ukuran PDF Paling Mudah

Untuk memperbesar ukuran file PDF sebenarnya cukup mudah. Hanya saja memang tidak semua pengguna tahu cara tersebut. Di sini Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis perangkat untuk melakukannya. Namun, yang paling mudah yakni melalui perangkat PC atau laptop.

Setidaknya ada 2 cara untuk membesarkan kapasitas file PDF melalui perangkat PC atau laptop tersebut. Adapun cara memperbesar ukuran PDF selengkapnya, sebagai berikut:

Mempebesar Ukuran PDF Tanpa Aplikasi

Untuk bisa memperbesar ukuran file PDF Anda tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Sebagai gantinya Anda bisa memanfaatkan situs khusus yang memang menyediakan layanan untuk  meresize file PDF tersebut. Salah satu situs resize file PDF yang paling direkomendasikan bernama SodaPDF.

Sebenarnya situs ini tidak hanya menyediakan layanan resize PDF saja, melainkan disediakan pula menu lain untuk mengedit file PDF secara online. Untuk langkah-langkah cara memperbesar ukuran PDF lewat situs SodaPDF selengkapnya, yakni:

  • Pertama Anda buka browser di perangkat PC atau laptop.
  • Kemudian kunjungi situs SodaPDF melalui LINK INI. https://www.sodapdf.com/resize-pdf/
  • Pada halaman utama situs, Anda klik tombol Choose File dan cari file PDF yang ingin diubah ukurannya menjadi lebih besar. Selain mengambil file dari PC atau laptop, Anda juga bisa mengambil melalui penyimpanan cloud, seperti Google Drive dan Dropbox.
  • Selanjutnya Anda isi kolom margin dan juga ukura kertas sesuai keinginan.
  • Kalau sudah, selanjutnya Anda klik tombol Resize. Maka proses resize file PDF akan segera dimulai.
  • Jika sudah Anda bisa langsung menyimpan file PDF yang sudah diresize tersebut ke penyimpanan PC atau bisa langsung mengirimkannya ke alamat email tertentu.d

2. Memperbesar Ukuran PDF Lewat Aplikasi

Jika cara di atas dianggap kurang praktis, maka Anda mencoba cara yang kedua ini sebagai alternatifnya. Di sini Anda bisa menggunakan aplikasi atau software tambahan yang diinstall di perangkat PC atau laptop. Anda bisa menggunakan aplikasi Photoshop untuk memperbesar ukuran file PDF tersebut. Untuk langkah-langkahnya sendiri, yakni:

  • Pertama Anda jalankan Photoshop di perangkat PC atau laptop. Jika belum punya, maka Anda perlu menginstallnya terlebih dahulu.
  • Kalau sudah terbuka, sekarang Anda klik menu File lalu pilih opsi Open. Atau cara cepatnya bisa klik kombinasi tombol Ctrl + O.
  • Sekarang Anda cari dan pilih file PDF yang ingin diperbesar ukurannya.
  • Nantinya di layar Photoshop akan muncul tampilan untuk mengatur resolusi file. Anda sesuaikan sendiri resolusi file PDF agar ukuran file nantinya menjadi lebih besar. Jika sudah, selanjutnya klik tombol OK.
  • Maka file PDF akan ditampilkan di lembar kerja Photoshop. Cek lagi ukurannya apa sudah benar atau masih kurang besar.
  • Jika dirasa sudah pas, selanjutnya Anda simpan file tersebut. Caranya klik kombinasi tombol Ctrl +S, maka akan muncul halaman untuk mengatur penyimpanan file.
  • Anda tentukan lokasi untuk menyimpan file, mengganti nama file, dan format file yakni diubah menjadi format PDF.
  • Kalau sudah, selanjutnya klik tombol Simpan atau Save.

Itulah tadi dua cara memperbesar ukuran PDF lewat perangkat PC atau laptop yang paling mudah dan praktis. Semoga informasi di atas bermanfaat.

You may also like

Leave a Comment