Cara Berjualan di Facebook dengan Langkah Mudah

by Ilham January
Facebook

Facebook merupakan salah satu komponen media sosial besar yang sudah dimanfaatkan banyak kalangan. Karena jumlah penggunanya yang banyak, maka bukan langkah salah jika Facebook dijadikan tempat untuk berjualan. Cara berjualan di Facebook sendiri bukanlah proses yang sulit untuk bisa diterapkan secara menyeluruh.

Asal mengikuti beberapa panduan yang ada, maka setiap pihak bisa berjualan di media sosial ini. Pada ulasan kali ini, akan dijabarkan satu per satu langkah yang bisa diikuti. Pastikan untuk mengikutinya dengan baik tanpa ada yang terlewat. Penasaran apa saja caranya? Berikut beberapa poinnya beserta dengan penjabaran yang diperlukan:

1. Pakai Grup Jualan

Metode pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memakai grup jualan. Saat ini, Facebook sudah menyediakan fitur grup yang bisa dipakai pengguna. Grup jualan juga sudah banyak yang bermunculan dan bisa diikuti. Manfaatkan saja grup yang sesuai dengan produk yang dijual untuk menjangkau pelanggan lebih banyak.

Proses untuk memakai grup ini tidaklah sulit. Ikuti saja grup-grup yang sesuai, dan lakukan interaksi di dalamnya. Pastikan juga untuk konsisten promosi di grup tersebut. Dengan demikian, pengunjung grup lainnya bisa tahu tentang produk yang dijual dan jumlah pembeli bisa bertambah secara signifikan seiring bertambahnya waktu.

2. Manfaatkan Fitur Marketplace

Selain fitur grup, Facebook juga sudah menyediakan fitur bernama Marketplace. Fitur ini memiliki konsep yang sama dengan aplikasi marketplace lainnya. Pengguna Facebook bisa memanfaatkannya untuk berjualan. Mulai dari mengunggah foto, deskripsi produk, hingga berinteraksi dengan pelanggan yang membeli.

Memanfaatkan fitur ini bisa dijadikan solusi utama untuk berjualan di Facebook. Hal ini sudah terbukti ampuh meningkatkan penjualan. Keamanan dalam fitur ini juga sudah sangat baik dan tidak sulit untuk dipakai. Dengan demikian, pembeli dan penjual bisa terhindar dari penipuan yang mungkin saja muncul atau terjadi.

3. Gunakan Facebook Ads

Cara berjualan di Facebook selanjutnya adalah dengan menggunakan Facebook Ads. Dengan menggunakan fitur ini, maka produk yang dijual bisa menjangkau lebih banyak orang. Penerapan iklan ini tentunya sangat ampuh. Semakin banyak produk yang menggunakan Facebook Ads, maka semakin banyak pula orang yang mengetahuinya.

Jika ingin memanfaatkan fitur ini, maka ada biaya tersendiri yang harus dibayarkan. Nominal pembiayaannya tentunya disesuaikan dengan jenis Facebook Ads-nya. Meski berbayar, dampak baik tentunya lebih besar bagi penjual. Maka dari itu, memakai Facebook Ads tidak akan memberi poin kerugian.

4. Pakai Foto Asli dan Jelas

Penggunaan foto yang asli tentunya penting. Jangan sampai memasang foto yang tidak sesuai dengan komponen produk yang dijual. Maka dari itu, pastikan dulu antara foto yang dimiliki dengan barang yang dijual. Jika ternyata tidak sesuai, maka lakukan foto ulang pada produk dan pakai yang paling sesuai dengan yang aslinya.

Selain itu, gambar yang diunggah juga harus jelas. Jika buram, maka pembeli akan kesulitan untuk melihat detailnya. Semakin baik tampilan foto, maka tiap pembeli juga semakin percaya pada kualitas barang yang dijual. Jika gambarnya buram atau tidak jelas, maka pembeli sulit untuk percaya pada barang yang dijual.

5. Beri Respon Baik pada Pembeli

Metode terakhir yang sangat direkomendasikan adalah memberi respon yang baik kepada pembeli. Saat akan membeli produk, sangat wajar jika calon pembeli akan bertanya mengenai beberapa komponen yang berkaitan dengan produk. Maka dari itu, berikan respon yang baik agar pembeli merasa dihargai dan pembelian jadi dilakukan.

Semua cara berjualan di Facebook di atas tentunya bisa langsung diterapkan dengan mudah. Asal mengikuti semuanya dengan baik, maka proses berjualan di Facebook bisa memberikan keuntungan yang besar. Jika ingin pembahasan serupa, langsung saja pergi ke Ebisnis.co.id yang memiliki pembahasan lengkap lainnya.

 

 

You may also like