Berbagai Macam Perbedaan Tiktok dan Reels

by Ilham January
Berbagai Macam Perbedaan Tiktok dan Reels

Dewasa ini, banyak orang yang suka melihat berbagai macam video dengan konten yang berbeda. Mereka bisa menonton video tersebut dengan mengakses sejumlah aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi TikTok. Aplikasi ini memang secara khusus dibuat sebagai platform konten video bagi masyarakat. Sehingga, pengguna TikTok bisa membuat berbagai macam video dengan mudah. Sementara itu, bagi pengguna Instagram, mereka juga dapat membuat sebuah video yang mirip dengan video TikTok menggunakan fitur Reels. Fitur ini menjadi bagian khusus dari Instagram. TikTok dan Reels menjadi pilihan bagi banyak pengguna untuk membuat video. Lantas, apa saja perbedaan viral TikTok dan Reels?

Salah satu perbedaan yang mencolok dari TikTok dan Reels adalah TikTok merupakan aplikasi yang berdiri sendiri. Sedangkan Reels merupakan salah satu bagian fitur dari Instagram. Meskipun keduanya bisa digunakan untuk membuat video, jenis tools yang digunakan berbeda. TikTok menggunakan beberapa tools seperti pilihan durasi video apakah ingin dibuat dalam 15 atau 60 detik. Fitur lain dari TikTok adalah speed, filter, effect, dan beautify. Sementara itu, Reels juga memiliki jenis tools sendiri seperti touch up, effect, timer, layout, dan speed.

Susunan menu yang terdapat pada TikTok dan Reels juga berbeda. Aplikasi TikTok memiliki susunan menu yang terdapat di tampilan bagian bawah. Beberapa menu yang terdapat di aplikasi TikTok adalah menu Home, Icon Add Video, Profile, Search, dan Inbox. Sedangkan susunan menu yang terdapat di Reels terdiri dari Home, Shop. Profile, Search, dan Icon Reels. Fungsi menu Home juga berbeda pada TikTok dan Reels. Menu Home pada TikTok digunakan ketika pengguna ingin merefresh tampilan FYP. Sedangkan menu Home pada Reels untuk kembali ke tampilan awal Instagram.

Perbedaan lain dari TikTok dan Reels adalah akses musik pada akun bisnis. Aplikasi TikTok memungkinkan semua akun baik akun pribadi maupun bisnis untuk bisa mengakses semua musik dengan mudah. Akan tetapi, Reels membatasi akun bisnis untuk mengakses beberapa musik tertentu. Oleh karena itu, pilihan musik di TikTok lebih lengkap dibandingkan dengan pilihan musik di Reels.

You may also like