Begini Cara Mencadangkan WA GB ke WA Biasa dengan Mudah

by Ilham January
Begini Cara Mencadangkan WA GB ke WA Biasa dengan Mudah

Pengguna Whatsapp yang sudah dimodifikasi seperti GBWhatsapp perlu beralih ke aplikasi Whatsapp resmi. Hal tersebut demi keamanan data pengguna yang bisa saja bocor dan data yang disalahgunakan. Inilah perlunya mengetahui cara mencadangkan WA GB ke WA biasa sebelum uninstall aplikasi GBWhatsapp agar data tidak hilang.

Selain alasan keamanan data, sebab lain dari pengguna GBWhatsapp perlu beralih ke Whatsapp resmi ialah GBWhatsapp bukan merupakan aplikasi legal. Hal tersebut juga akan merugikan bagi perusahaan yang membuat dan mengembangkan Whatsapp resmi. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mencadangkan data Whatsapp:

1. Membuka Aplikasi GBWhatsapp

Pengguna bisa membuka aplikasi GBWhatsapp terlebih dahulu. Kemudian, masuk ke bagian pengaturan yang ada pada aplikasi. Menu pengaturan bisa dilihat pada ikon titik tiga yang berada pada pojok atas sebelah kanan. Lalu, pengguna bisa memilih menu setelan untuk mengatur chat yang akan dicadangkan.

Setelah itu, terdapat menu lainnya, pengguna bisa memilih menu chat dan klik menu tersebut. Apabila sudah dipilih, akan muncul menu lain di dalamnya. Pengguna bisa memilih menu cadangkan chat untuk melakukan cadangan chat.

Tunggu beberapa saat untuk sistem melakukan proses cadangkan chat yang ada. Biasanya proses yang dibutuhkan untuk mencadangkan chat tidak lebih dari 30 menit jika tak ada kendala berarti. Setelah proses cadangkan chat telah berhasil dan selesai, pengguna bisa uninstall GBWhatsapp.

2. Membuka File Manager

Selanjutnya, pengguna bisa masuk ke menu file manager yang berada di ponsel yang digunakan untuk mencadangkan chat tadi. Menu tersebut berisi berbagai data yang berkaitan dengan ponsel, baik dari aplikasi maupun kumpulan foto.

Data yang telah dicadangkan sebelumnya, akan tersimpan ke dalam file manager. Data tersebut akan otomatis disimpan dalam sebuah folder khusus untuk aplikasi.

3. Mencari Folder

Setelah berhasil masuk ke file manager, pengguna bisa mencari folder yang digunakan sebagai tempat penyimpanan chat yang sudah dicadangkan. Jika belum diatur, biasanya nama folder yang berisi data aplikasi akan sesuai dengan nama aplikasi tersebut.

Pengguna bisa mencari folder dengan nama GBWhatsapp untuk mengetahui beragam data dari aplikasi. Pastikan folder tersebut tidak kosong. Nantinya akan terdapat folder lagi di dalamnya, baik folder foto hingga backup. Kemudian, pengguna bisa mengubah nama folder tersebut menjadi Whatsapp. Nama folder yang diubah akan memudahkan ketika pengguna akan mencarinya lagi saat memindahkan data

4. Install Aplikasi Whatsapp Resmi

Lalu, pengguna bisa melakukan install aplikasi Whatsapp resmi di Google Play Store ataupun App Store. Pemilik bisa mengetik Whatsapp pada kolom pencarian, biasanya akan langsung muncul di peringkat pertama pencarian. Jika ragu aplikasi tersebut resmi atau tidak, pengguna bisa melihat rating atau ulasan yang sudah menggunakan aplikasi tersebut.

Mengunduh aplikasi tersebut tidak akan memakan banyak ruang dan tak butuh waktu lama untuk mengunduhnya. Kemudian, buka aplikasi yang telah terpasang di ponsel dan masuk ke aplikasi.

5. Restore Aplikasi

Terakhir, cara mencadangkan WA GB ke WA biasa cukup dengan restore data GBWhatsapp dari folder yang telah diubah namanya menjadi Whatsapp. Sistem akan secara otomatis memindahkan data dari GBWhatsapp ke aplikasi Whatsapp yang resmi.

Data yang akan kembali, sesuai dengan data terakhir yang dicadangkan sebelumnya. Pengguna tak perlu khawatir dengan kemungkinan data yang hilang, karena sudah dibackup semua.

Melakukan cara mencadangkan WA GB ke WA biasa terbilang mudah, karena seperti mencadangkan pada Whatsapp biasa. Adapun pengguna juga bisa mengunjungi https://officialjimbreuer.com/ untuk mengunduh GBWhatsapp. Cara untuk mengunduhnya pun tak sulit, hampir seperti mengunduh aplikasi Whatsapp yang biasa.

You may also like