Bagian-Bagian Solder Uap dan Fungsi Kegunaannya

by Ilham January
Bagian-Bagian Solder Uap

Tentu kamu sudah tidak asing lagi mendengar blower hot air atau solder uap. Tapi apakah kamu sudah mengenal apa saja bagian-bagian solder uap, beserta manfaat dari masing-masing bagiannya.

Mungkin bagi kamu yang sering menggunakan alat ini, fungsi-fungsi pada setiap bagiannya sudah mengenal dengan baik. Penggunaan blower hot air terbilang cukup mudah, namun memerlukan kehati-hatian lebih.

Sebab uap panas yang keluar dari alat ini cukup berbahaya, karena memiliki tekanan yang cukup tinggi. Cukup banyak orang menggunakan blower hot air, dan mudah untuk ditemukan di pasaran, sehingga bagian-bagian solder uap juga mudah untuk dikenali.

Blower hot air memerlukan aliran listrik stabil, serta pada saat pemakaian disarankan untuk memakai alat pelindung seperti hand gloves. Agar udara uap panas, tidak langsung terkena pada tangan atau anggota tubuh lainnya.

Bagian-Bagian Solder Uap Beserta Kegunaannya

Pada umumnya, solder uap memiliki bagian-bagian yang cukup standar dan dimiliki oleh blower hot air lainnya. Jadi bisa dikatakan bahwa semua jenis blower hot air, memiliki bagian-bagian tersebut, dengan fungsi serupa.

1. Gagang

Biasanya gagang pada alat ini berbahan dasar plastik, agar panas pada mata solder tidak mengalir. Bukan bahan plastik biasa, melainkan plastik berbahan tebal agar tidak meleleh, akibat uap panas yang dikeluarkan.

Sebelum memutuskan untuk membeli blower hot air, sebaiknya periksa kembali apakah bahan dari gagangnya cukup tebal atau tidak. Sebab bila salah pilih, bisa saja panas dari alat ini membuat pegangan solder menjadi meleleh.

2. Tombol On/Off

Kedua pilihan tombol ini bisa menyala, pada saat kamu sudah mencolokkan alat tersebut pada colokan listrik. Jika sudah dicolokkan, maka kamu cukup menekan tombol On untuk menyalakannya.

Namun jika sudah selesai menggunakannya, maka cukup mematikannya dengan menekan tombol Off. Lebih baik segera cabut kabel dari aliran listrik, agar alat benar-benar dalam keadaan mati.

3. Mata Solder

Bagian-bagian solder uap lainnya adalah mata solder. Tentunya memiliki peranan penting, karena berguna sebagai penyalur uap panas yang diubah dari aliran listrik. Dari ujung mata solder, maka uap panas akan keluar dan bisa kamu gunakan untuk berbagai kepentingan.

Bentuk dari ujung mata solder pada umumnya, berbahan dasar dari tembaga dan berukuran kecil. Dengan begitu, pengguna akan mudah untuk menggunakannya saat memperbaiki papan IC, atau melelehkan timah dan memperbaiki komponen elektronik.

4. Pengatur Suhu

Terdapat aturan suhu dapat pengguna atur, sesuai dengan kebutuhan. Dengan daya 30 watt, maka suhu yang bisa alat ini keluarkan bisa mencapai 100 hingga 500 derajat celcius. Nantinya suhu dari uap panas yang keluar, akan diatur pada alat ini.

Berbentuk seperti knop yang bisa diputar, kemudian tertera angka yang menunjukkan kisaran suhu yang pengguna inginkan. Pada alat ini juga, energi listrik diubah menjadi uap panas.

5. Pengatur Udara

Bagian-bagian solder uap selanjutnya adalah pengatur udara, berfungsi untuk mengatur hawa panas yang keluar pada mata solder. Bentuknya sama dengan pengatur suhu, terdapat knop yang dapat diatur, sesuai dengan kisaran panas yang ingin dikeluarkan.

Hembusan udara panas yang keluar dari mata solder, juga akan membantu dalam proses pencairan atau pengeringan komponen. Kisaran angka yang terdapat pada blower hot air, menentukan seberapa tinggi hembusan yang ingin dikeluarkan.

Mengenal lebih jauh blower hot air, bisa menambah pengetahuan kamu. Apalagi jika kamu, berencana untuk membeli solder uap. Pastikan bahwa bagian-bagian solder uap, cukup lengkap dan memiliki bahan berkualitas.

You may also like

Leave a Comment