Bagaimana Cara Kirim Barang ke Luar Negeri?

by Ilham January
Bagaimana Cara Kirim Barang ke Luar Negeri?

Menjalankan bisnis toko online yang melayani worldwide shipping alias pengiriman antar negara tentu akrab dengan jasa kirim barang ke luar negeri. Hal serupa juga dialami oleh perusahaan yang menjalankan niaga tingkat ekspor maupun impor. Bagi mereka para pemain lama tentu tidak ada kendala untuk mengirimkan maupun menerima barang dari dan ke luar negeri. Namun tidak bagi para pemula.

Cara Pengiriman Barang ke Luar Negeri

Mengirimkan barang dari satu kota ke kota lain maupun masih dalam satu kota memang tidak memiliki perbedaan signifikan. Hanya saja untuk pengiriman dalam kota, maka pihak penerima bisa menggunakan jasa ojek online. Misalnya Grab Expres maupun Go Send di aplikasi GoJek. Sehingga pengiriman bisa sehari sampai, sedangkan untuk luar kota maka umumnya memakai jasa ekspedisi.

Lalu, bagaimana dengan pengiriman barang ke luar negeri? Pada dasarnya prosesnya tidak berbeda jauh, sebab pengirim hanya perlu datang ke lokasi ekspedisi dan menyerahkan paket sekaligus menyampaikan tujuan. Baru kemudian mengisi formulir pengiriman dan beberapa ekspedisi formulir diisikan oleh petugas. Baru kemudian ongkir (ongkos kirim) diketahui dan dibayarkan oleh pengirim paket.

Paket tersebut nantinya oleh  jasa kirim barang ke luar negeri akan dikirimkan ke negara tujuan di alamat tujuan yang tertera di paket tersebut. Sebagai pengirim pastikan meminta nomor resi untuk melacak progres pengiriman barang tersebut. Sedangkan untuk perbedaan, mungkin dari segi biaya ongkir yang lebih mahal dan ada kemungkinan biaya pajak.

Namun biaya pajak ini dibebankan dengan kondisi tertentu, misalnya berat barang yang dikirimkan melebihi batas tertentu sehingga kena bea cukai. Namun untuk iaya pajak tentunya akan ditanggung oleh penerima barang tersebut. Selain itu, pengiriman memakai jasa kirim barang ke luar negeri juga memakan waktu lebih lama karena memang dipengaruhi oleh faktor jarak yang cukup jauh.

Berhubung pengiriman lama maka disarankan untuk menyediakan asuransi pengiriman, selain itu juga wajib dibungkus atau dikemas alias dipacking dengan aman supaya tidak ada kejadian yang tidak diharapkan selama proses pengiriman berjalan. Jadi, melalui penjelasan ini tentu bisa diketahui bahwa proses pengiriman barang ke luar negeri caranya tidak berbeda dengan pengiriman di dalam negeri.

Bagaimana Memilih Jasa Kirim Barang ke Luar Negeri?

Tidak semua jasa ekspedisi di Indonesia melayani pengiriman barang sampai lintas negara atau benua. Namun saat ini semakin banyak yang menyediakan layanan tersebut. Lalu, bagaimana menentukan pilihan? Utamakan jasa ekspedisi yang sudah berpengalaman, kemudian memberikan layanan yang baik misalnya selalu ramah, dan menyediakan sistem pelacakan paket atau tracking paket yang dikirimkan.

Supaya tidak lagi melakukan kesalahan dalam pemilihan jasa ekspedisi barang ke luar negeri. Maka bisa memakai jasa Kilo.id yang sudah berpengalaman melayani pengiriman barang ke luar negeri dengan aman dan profesional. Jadi, untuk keutuhan jasa kirim barang ke luar negeri sebaiknya ke Kilo.id saja.

You may also like

Leave a Comment