Asuransi vs Dana Pensiun, Mana Lebih Penting untuk Persiapan Hari Tua?

by Ilham January
Asuransi vs Dana Pensiun, Mana Lebih Penting untuk Persiapan Hari Tua?

Saat seseorang sudah memasuki umur 40-an, maka pola pikirnya akan berbeda secara finansial. Masa ini merupakan masa dimana karir sudah stabil dan sudah mencapai kemapanan. Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah masa pensiun.

Kalau kamu berusia 40-an, maka tersisa kurang lebih 15-20 tahun lagi bagi kamu sebelum pensiun. Tentunya kamu memerlukan waktu untuk mempersiapkan masa tersebut. Namun, bagaimana jika kamu ternyata belum mempunyai asuransi jiwa?

Strategi yang bisa kamu ambil adalah dengan mulai menyisihkan sebagian untuk asuransi jiwa, lalu menyisihkan sebagian untuk dana pensiun.

Kenapa Butuh Asuransi Jiwa?

Asuransi jiwa sangat penting karena memberikan perlindungan finansial. Bila ada suatu risiko yang tidak mengenakkan terjadi pada pencari nafkah utama, maka keluarga tetap bisa mempunyai dukungan finansial sementara untuk tetap hidup.

Memang betul asuransi jiwa tidak bisa mencegah meninggalnya seseorang, tetapi setidaknya risiko finansial dari kematian bisa diantisipasi. Bila kamu sebagai pencari nafkah utama bagi pasangan, anak, maupun orang tua, kamu wajib memprioritaskan perlindungan jiwa ini demi melindungi mereka.

Tidak perlu banyak, kamu hanya perlu menyisihkan 5 hingga 10 persen pendapatan bulanan kamu. Bila ragu untuk memulai, kamu bisa mempertimbangkan dahulu asuransi jiwa online yang notabene lebih terjangkau.

Selain itu, pastikan asuransi tersebut mempunyai manfaat dan masa proteksi yang sesuai kebutuhan kamu. Idealnya, manfaat yang didapat bisa membantu keluarga bertahan hingga mereka mandiri. Hal ini bisa dilakukan dengan menyesuaikan dengan jangka waktu hingga anak bungsu kamu bisa mandiri.

Misalnya si paling kecil berusia 13 tahun sekarang, dan kemungkinan akan mandiri secara finansial di umur 23 tahun. Artinya, kamu bisa memilih asuransi jiwa yang memiliki masa perlindungan hingga 10 tahun ke depan.

Lalu, menabung dana pensiun deh!

Bila kamu sudah mempunyai rencana asuransi jiwa, kamu harus mulai memikirkan dana pensiun. Karena kamu mempunyai lumayan banyak waktu untuk mengumpulkan, kamu bisa memulai dengan menyisihkan dana pensiun sedikit demi sedikit.

Bingung mulai dari mana? Yuk, coba ikuti 3 langkah jitu ini.

1. Pantau saldo Jaminan Hari Tua

Jika kamu sudah lama bekerja untuk suatu perusahaan, maka kemungkinan kamu akan terdaftar dalam program Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan. Program ini bersifat wajib dan dibayarkan sebagian oleh perusahaan.

Semakin lama kamu bekerja di suatu tempat, maka semakin lama pula saldo yang akan terakumulasi di tempat kamu. Biasanya kamu bisa mengecek saldo tersebut secara online, atau dengan menanyakan bagian human resources dari perusahaan tempat kamu bekerja. Jadikan tabungan pensiun ini sebagai “pondasi” dari memulai tabungan dana pensiun.

2. Periksa aset / investasi yang kamu punya

Kamu mungkin mempunyai sejumlah investasi, entah itu saham, obligasi, atau reksa dana, yang kamu miliki. Atau mungkin kamu lebih konservatif dan memilih untuk berinvestasi melalui aset, mungkin emas atau properti.

Apapun bentuknya, tentukan investasi mana yang kamu akan gunakan sebagai dana pensiun kelak. Lalu, cari tahu harga asli dan terbaru dari investasi / aset tersebut sehingga kamu bisa memasukkannya ke dalam tabungan dana pensiun.

3. Cari tahu berapa sisa yang kamu butuhkan

Setelah menghitung tabungan pensiun, kamu tinggal menetapkan berapa sisa yang kamu butuhkan. Bila memang masih kurang, tetapkan target dan bagi menjadi jangka waktu dari sekarang hingga kamu pensiun.

Agar tidak tergoda untuk memakai, kamu bisa memakai instrumen investasi lainnya. Pastikan instrumen tersebut low risk, misalkan deposito, reksadana jenis tertentu, hingga obligasi. Kamu juga bisa mendiversifikasi portofolio investasi kamu (menyebarkan investasi ke berbagai instrumen untuk mengurangi risiko rugi).

Bila kamu tidak yakin, kamu bisa meminta bantuan jasa financial planner yang sudah berlisensi. Dari mereka, kamu bisa mendapatkan arahan finansial yang lebih profesional.

Kamu bisa mendapatkan asuransi jiwa yang lebih terjangkau dengan asuransi online Super You by Sequis Online. Mulai dari Rp30.000-an saja per bulan, kamu bisa mengatur seberapa banyak polis yang kamu inginkan, serta mendapatkan asuransi tanpa perantara dan hanya dalam beberapa klik saja! Untuk info lebih lanjut, kamu bisa kujungi akun instagram Super You by Sequis Online di @superyouid atau websitenya di SuperYou.co.id

You may also like

Leave a Comment