Asupan untuk Hamil 18 Minggu dan Tips Menjaga untuk Ibu Menjaga Kesehatan Bayi

by Ilham January
Asupan untuk Hamil 18 Minggu dan Tips Menjaga untuk Ibu Menjaga Kesehatan Bayi

Usia kandungan 18 minggu masuk ke dalam usia yang krusial. Karena pada saat ini janin di dalam kandungan mulai berkembang, dari segi motorik maupun sensoriknya. Jadi untuk calon ibu yang sedang hamil 18 minggu harus benar-benar ekstra menjaga kandungannya dan membuat rencana masa depan bayi supaya lebih baik.

Asupan yang Dibutuhkan Usia Kandungan 18 Minggu

Seperti yang dikatakan tadi bahwa kehamilan di usia 18 minggu, masuk ke dalam minggu krusial. Karena pada usia ini banyak sekali bagian tubuh bayi yang sudah berkembang. Oleh sebab itu asupan untuk sang ibu sangat penting untuk diperhatikan. Beberapa asupan yang dibutuhkan diantaranya,

  • Sayur-sayuran, diutamakan sayuran berwarna hijau.
  • Kuning telur.
  • Makanan bervitamin.
  • Ikan laut, atau makanan lainnya yang mengandung protein tinggi.
  • Kurangi konsumsi makanan dengan rasa pedas dan asam.

Tips untuk Ibu Menjaga Kesehatan Bayi

Tentu saja progress kehamilan ini tidak hanya akan berhenti pada usia 18 minggu saja, melainkan akan terus sampai bayi tersebut lahir dan berkembang. Oleh karena itu di sini akan diberikan tips yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan bayi, tidak hanya saat di dalam kandungan. Tapi juga di luar kandungan, diantaranya:

1. Membuat Tubuh Lebih Santai

Tips pertama ini adalah membuat tubuh menjadi santai, dan rileks. Jangan banyak tekanan dan memikirkan hal-hal yang belum pasti, karena itu hanya akan membuat bayi menjadi ikut stress. Apalagi di kondisi hamil 18 minggu, dimana sensor bayi sudah mulai berkembang. Stress, tekanan, dsb harus benar-benar dihindari.

2. Hindari Rokok dan Asapnya

Kondisi ini tidak hanya saat sedang mengandung saja tapi saat anak lahir pun, hindari anak dari paparan asap rokok. Apabila kondisinya si ibu masih mengandung, maka jangan mengkonsumsi rokok dan juga hindari berada di tempat yang dikelilingi oleh asap rokok. Karena asap ini dapat membahayakan keduanya.

3. Minum Banyak Air Putih

Air putih sudah sangat terkenal baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Hal ini juga berlaku untuk ibu hamil, baik itu untuk sang ibu maupun calon bayi. Jadi untuk ibu hamil, sangat disarankan untuk meminum banyak air putih. Tujuannya untuk menjaga kesehatan ibu dan bayinya nanti. Selain itu menghindari juga terjadinya kekurangan cairan.

4. Merencanakan Penggunaan Produk untuk Bayi

Terakhir adalah merencanakan penggunaan produk untuk bayi sedari sekarang. Hal ini penting, apalagi bayi terkenal akan tingkat sensitifitasnya yang tinggi. Dari mulai pakaian, sampai alat makan semuanya harus diperhatikan. Salah satu yang paling penting untuk diperhatikan adalah botol susu untuk newborn. Karena kalau salah memilih dapat membahayakan bayi.

Apalagi bayi terkenal dengan sistem pencernaannya yang masih rentan. Banyak penyakit yang dapat menjangkiti bayi, salah satunya adalah kolik. Untuk mencegah penyakit tersebut, pengguna dapat mencoba botol susu dr brown’s untuk mencegah kolik bayi. Jadi kesehatan bayi tidak hanya terjamin saat ibu hamil 18 minggu, tapi juga setelah lahir dan saat tumbuh kembangnya.

You may also like