Apa Saja Sih Syarat Beasiswa Luar Negeri? Ini Dia Ulasannya!

by Ilham January
Apa Saja Sih Syarat Beasiswa Luar Negeri? Ini Dia Ulasannya!

Banyak sekali orang yang menginginkan  kuliah di luar negeri untuk mendapatkan pengalaman dan juga ilmu tentunya. Maka dari itu, tidak heran jika mereka kerap mencari-cari informasi beasiswa di luar negeri. Jika kamu salah satu orang yang tertarik dengan beasiswa kuliah di luar negeri tersebut, simak tips di bawah ini ya!

Pada dasarnya, setiap jurusan maupun universitan yang ada di dunia mempunyai peraturan yang berbeda. Namun secara umum semua persyaratan tersebut pasti akan diterjemahkan dahulu melalui jasa penerjemah tersumpah. Kemudian, ada beberapa syarat yang biasanya wajib dimiliki oleh calon pendaftar beasiswa kuliah di luar negeri, berikut di antaranya.

1. Kemampuan Bahasa Inggris

Syarat pertama yang wajib kamu miliki saat berkuliah di luar negeri tidak lain yaitu mempunyai kemampuan bahasa Inggris. Dimana skor minimal untuk IELTS sendiri dipatok pada angka 5.5 maupun 6. Tentunya hal tersebut bergantung pada jurusan maupun universitas yang dituju.

2. Prestasi Akademis

Di sisi lain, kamu juga harus menunjukkan bukti kelulusanmu dari SD sampai dengan SMA/SMK supaya bisa melanjutkan kuliah di luar negeri. Alangkah lebih baiknya lagi jika kamu mempunyai kualifikasi internasional untuk mempermudah proses pendaftaran beasiswa kuliahmu di luar negeri tentunya.

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan sertikasi International Baccalaureate Diploma. Dengan begitu, nantinya proses pengajuan beasiswa kuliahmu di luar negeri akan menjadi semakin mudah karena sudah memiliki sertifikat tersebut.

3. Dokumen Persyaratan Beasiswa

Tidak hanya kedua syarat itu saja yang wajib kamu penuhi. Melainkan, kamu juga akan dimintai 3 dokumen penting yang sering menjadi syarat mendaftar beasiswa kuliah di luar negeri. Beberapa diantaranya yaitu curriculum vitae, motivation letter, dan juga recommendation letter.

Dimana nantinya curriculum vitae tersebut merangkum semua latar belakang pendidikan maupun akademismu. Bahkan termasuk pengalaman mengajar maupun penghargaan dan publikasi skill lain yang kamu miliki.

Sedangkan motivation letter sendiri berisi statement of purpose. Dimana nantinya kamu akan menunjukkan alasanmu kenapa tertarik mendaftar beasiswa tersebut. Terakhir, recommendation letter berisikan mengenai pujian atas skill yang kamu miliki dan biasanya dibuat oleh guru maupun dosen yang membimbingmu.

You may also like