Apa Saja Manfaat Pajak untuk Negara? Penasaran? Kepoin Yuk!

by Ilham January
Manfaat Pajak untuk Negara

Manfaat pajak tentunya tidak hanya dapat dirasakan oleh masyarakat, tetapi juga oleh negara. Tetapi sebelum membahas mengenai manfaat pajak, ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui apa saja fungsi pajak itu sendiri. Karena dengan mengetahui fungsi-fungsinya, maka manfaat pajak akan semakin terasa kebermanfaatannya.

Fungsi Pajak

  1. Pemerataan

Fungsi pemerataan artinya pajak dapat digunakan untuk menyeimbangkan dan menyesuaikan antara pembagian pendapatan dengan kebahagian dan kesejahteraan masyarakat, termasuk pembagian antara pemerintah daerah.

  1. Anggaran

Fungsi anggaran artinya pajak dapat digunakan untuk membiayai seluruh pengeluaran negara, misalnya membiayai pembangunan, membayar utang pemerintah, gaji pegawai negeri, hingga gaji tentara.

  1. Regulasi

Fungsi regulasi artinya pajak berfungsi untuk mengatur kebijakan negara atau yang juga dikenal sebagai kebijakan fiskal. Kebijakan fiskal itu sendiri antara lain penggunaan pajak bea cukai yang masuk untuk menekan impor.

  1. Stabilitas

Fungsi stabilitas pajak berarti pajak berfungsi sebagai penyeimbang ekonomi suatu negara. sehingga inflasi dapat dikendalikan dengan mengatur peredaran uang di masyarakat, pemungutan pajak, dan pemakaian pajak secara efektif dan efisien.

Setelah mengetahui beberapa fungsi pajak, maka manfaat yang dapat dirasakan tidak hanya untuk masyarakat tetapi juga untuk negara. Tetapi, dalam artikel kali ini kita akan membahas manfaat pajak untuk negara.

 

Manfaat Pajak untuk Negara

  1. Pajak bermanfaat untuk membiayai pengeluaran tidak produktif, misalnya infrastruktur, lingkungan hidup, budaya, pemilu, pertahanan dan keamanan negara.
  2. Pajak bermanfaat dalam membiayai pengeluaran yang bersifat tidak self liquiditing, seperti objek rekreasi.
  3. Pajak bermanfaat untuk membiayai pengeluaran reproduktif yang berdampak langsung pada masyarakat. Seperti, program pengairan sawah maupun subsidi usaha.
  4. Pajak bermanfaat dalam membiayai anggaran belanja negara.

 

Itulah beberapa manfaat pajak untuk negara. Ternyata pajak sangat bermanfaat untuk kepentingan negara. Maka dari itu, kewajiban perpajakan perlu diperhatikan secara khusus oleh berbagai pihak. Tidak hanya oleh negara, tetapi juga oleh masyarakat yang notabennya juga menikmati segala fasilitas yang disediakan oleh negara. Jadi, yuk bayar pajak yuk, untuk lebih jelasnya kamu bisa mengunjungi kantor konsultan pajak yang ada di kotamu, baik itu konsultan pajak Solo, Jogja, Surabaya dan kota lainnya

You may also like