Apa Itu Umroh dan Rukun yang Ada di Dalamnya

by Ilham January
Apa Itu Umroh dan Rukun yang Ada di Dalamnya

Bagi umat muslim, tentu umroh menjadi suatu hal yang sangat diketahui dan bahkan menjadi salah satu ibadah yang sangat ingin dilakukan. Apa itu umroh tentu menjadi hal yang perlu juga diketahui oleh umat lainnya sebagai pengenalan tentang salah satu hal yang istimewa dalam agama Islam. Umroh ini sering disamakan dengan ibadah Haji padahal sebenarnya cukup berbeda. Umroh sendiri merupakan suatu bentuk ibadah ziarah ke kota penting dalam Umat Islam, yaitu Mekkah. Ini adalah suatu ziarah dengan amalan tertentu yang memang patut dilaksanakan untuk menyempurnakan ibadah yang ada. Ibadah Umroh ini pun sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Alllah SWT dalam Al-Quran, tepatnya di Surat Al-Baqarah ayat 125. 

 

Terkait dengan hukum umroh, ada pendapat yang berbeda-beda di antara para ulama besar. Dalam hal ini, Imam Syafii dan Imam Hambali mengatakan bahwa Umroh ini hukumnya adalah wajib untuk dilakukan satu kali seumur hidup bagi umat yang memang mampu melaksanakannya. Lalu, ada pula Imam Maliki dan Imam Hanafi yang menyatakan bahwa umroh ini adalah sunnah muakkadah. Untuk bisa melakukan umroh pun, ada ketentuan yang harus dipatuhi. Sehat jasmani dan rohani tentu sangat wajib dan dipastikan terbebas dari perbudakan. Bagi para wanita, mereka harus datang dan melakukan ibadah umroh dengan didampingi mahramnya. 

 

Ada lima rukun umroh yang patut dilakukan. Yang pertama adalah Niat/ihram. Umat islam wajib mengenakan pakaian ihram dan melakukan niat mulai dari titik awal umroh, yaitu Miqat. Rukun kedua adalah tawaf. Tawaf atau mengelilingi Kabah dilakukan sebanyak tujuh kali mulai dengan melantangkan Allahu Akbar. Umat juga dianjurkan untuk mengusap Hajar Aswad selama Tawaf bila memungkinkan. Rukun ketiga adalah Sa. Ini merupakan rukun untuk melakukan lari kecil mulai dari Bukit Shafa hingga ke Bukit Marwah dan ini pun dilakukan tujuh kali. Yang keempat adalah Tahallul dan ini menjadi bagian bagian penutup dalam rangkaian ibadah umroh. Ini dilakukan dengan memotong rambut sebagai bentuk pelepasan diri dari larangan ihram. Rukun yang kelima adalah tertib. Tertib ini merujuk pada ketaatan dan ketertiban dalam menjalankan rangkaian ibadah umroh yang ada secara berurutan agar ibadah menjadi sah. Yuk, umroh bersama https://www.hayatuntour.com/paket/umroh-plus-turki-exclusive-14d-2020/

You may also like