Apa Itu Experiential Marketing dan Apa Saja Kelebihannya?

by Ilham January
Apa Itu Experiential Marketing dan Apa Saja Kelebihannya?

Deskripsi : Experiential marketing jadi salah satu cara efektif yang dilakukan pelaku usaha. Sebelumnya juga kita perlu tahu apa itu experiential marketing itu sendiri.

========================================================================

Apa Itu Experiential Marketing dan Apa Saja Kelebihannya?

Experiential marketing jadi salah satu cara efektif yang dilakukan oleh banyak pelaku usaha. Mengenal apa itu experiential marketing akan memberi sedikit gambaran seberapa perlu kita menerapkannya. Sebuah proses pemasaran yang dilakukan dengan memperkuat brand produk tersebut secara langsung di lapangan.

Baca juga : Memahami digital marketing secara lengkap

Sebenarnya, dengan banyaknya pesaing usaha dalam hal apa pun, experiential marketing sangat penting dilakukan. Contoh Experiential Marketing yang banyak dilakukan ialah sebuah pameran suatu produk. Tidak hanya mengandalkan suatu promosi yang bersifat umum seperti iklan di televisi, media cetak hingga lainnya

Setelah kita mengetahui pengertian dan juga Experiential Marketing examples, kita juga akan membahas kelebihannya. Banyak kelebihan yang sebenarnya akan didapat demi kemajuan suatu produk terutama penjualannya. Untuk lebih jelasnya, kita langsung saja simak penjelasan secara lebih rinci pada beberapa poin berikut:

  1. Lebih Dekat dengan Sasaran Konsumen

Penerangan Experiential Marketing yang lebih mengarah pada promosi secara langsung sudah memberi sedikit gambaran. Betapa cara pemasaran ini bisa dibilang efektif karena lebih bisa dekat pada sasaran konsumen. Nama suatu produk atau brand menjadi mudah sekali dilirik karena secara banyak orang mengenal langsung.

Kita bisa melihat dengan sedikit gambaran dari misalnya promosi sebuah produk minuman ringan. Promosi akan semakin efektif jika dilakukan dengan semua arah dan cara. Misalnya saja dengan promosi dari website dengan hosting yang dipercayakan pada domainesia.com dan juga promosi langsung dengan pameran.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Kaidah Experiential Marketing pada dasarnya sama dengan jenis lainnya hanya berbeda dalam hal cara pemasaran. Sudah banyak yang membuktikan jika pemasaran secara langsung dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Akan tetapi kita juga tidak memandang sebelah mata cara promosi yang dilakukan online.

Alasannya karena keduanya sama-sama berperan penting dalam meningkatkan penjualan produk. Misalnya saja seperti pemasaran produk makanan melalui sebuah pameran, orang bisa langsung memastikan jika produk makanan tersebut enak. Lebih memperluas jangkauan pemasaran, penting dilakukan selain cara tersebut.

  1. Efektif untuk Promosi Produk Baru

One to one marketing adalah promosi langsung dengan memberikan produk pada konsumen. Langkah ini bisa saja menjadi salah satu cara dari Experiential Marketing yang cukup efektif untuk produk baru. Kita harus menyadari betul jika produk baru memang butuh suatu promosi yang lebih gencar dari produk yang sudah terkenal.

Dengan Experiential Marketing, akan ada suatu hubungan personal yang lebih dekat antara calon konsumen dan produsen. Produk baru yang sedang dipasarkan akan mendapat banyak perhatian. Perhatian tersebut yang akhirnya membawa banyak keuntungan dari mulai calon konsumen tersebut menjadi konsumen sesungguhnya.

  1. Bisa Jadi Sarana Penilaian Produk

Relationship marketing adalah proses pemasaran suatu produk dengan menjalin hubungan lama dengan konsumennya. Hal ini juga menjadi salah satu bagian dari proses Experiential Marketing yang penting dilakukan. Hubungan yang baik antara produsen dan juga konsumen yang loyal bisa berpengaruh saat melakukan inovasi.

Bisa saja konsumen banyak berperan dalam melakukan penilaian secara langsung dari produk terbaru kita. Misalnya saja ketika produk makanan punya varian rasa baru, promosi dengan sebuah pameran akan meningkatkan penilaian. Produsen akan tahu secara langsung penilaian setelah konsumen mencobanya saat itu.

  1. Semakin Memperluas Pemasaran

Promosi yang dilakukan secara langsung dengan tujuan lebih dekat dengan konsumen bisa memperluas pemasaran. Hal ini akan lebih efektif jika kita bisa melibatkan konsumen dalam proses promosi tersebut. Hasilnya sangat-sangat efektif sekali dan perlu sekali dicoba dan diterapkan dalam usaha anda nanti.

Misalnya saja ketika sebuah kafe melakukan promosi dengan mengadakan suatu event sebuah konser kecil. Pelanggan yang hadir nantinya bisa kita libatkan untuk mengunggah momen tersebut di media sosial mereka. Hal ini juga menjadi salah satu bentuk promosi yang murah namun efektif untuk menggaet pelanggan baru.

Kita sudah mengenal apa itu yang dinamakan Experiential Marketing dan juga beberapa kelebihannya seperti tersebut di atas. Untuk lebih jelasnya kita akan sedikit mengulas 3 jenis Experiential Marketing yang sering digunakan oleh pelaku usaha. Seperti apa ketiga jenis promosi tersebut, mari simak penjelasan berikut ini:

  1. Pengadaan Event

Event menjadi sarana Experiential Marketing yang efektif dan juga banyak dilakukan sejak dulu. Event biasanya diadakan untuk meramaikan dan juga mempromosikan suatu tempat. Misalnya saja adanya event atau lomba mewarnai untuk tingkat taman kanak-kanak yang dilakukan oleh sebuah tempat wisata anak-anak.

Cukup efektif sekali karena anak akan tertarik mengunjungi tempat wisata tersebut kembali setelah merasakan kenyamanan. Promosi secara langsung ini juga bisa dicoba pada sebuah tempat makan dan lainnya.

  1. Pengadaan Pameran

Experiential Marketing dengan sebuah pameran biasanya dilakukan oleh mereka yang punya produk makanan. Adanya sebuah pameran makanan, konsumen bisa langsung merasakan seperti apa produk tersebut. Biasanya jenis produk otomotif dan masih banyak lagi lainnya juga kerap menggunakan cara ini dalam promosinya.

  1. Pengadaan Seminar

Untuk promosi ini biasanya lebih berkaitan dengan jasa atau produk yang berhubungan dengan pendidikan. Namun tidak menutup kemungkinan untuk jenis produk yang lainnya. Tidak usah ragu dalam melakukan promosi ini karena lebih efektif dan juga bisa lebih dekat dengan konsumen.

Apa Itu Experiential Marketing, kelebihan dan beberapa jenis dari pemasaran tersebut sudah kita ketahui di atas. Apa anda tertarik untuk menerapkanya pada produk usaha anda?. Jangan lupa juga ada promosi online dengan dukungan web hosting yang bisa kamu cari tahu lebih lengkap di website domainesia.com lho.

You may also like

Leave a Comment