Alat Bantu Pendengaran Modern dan Kelebihannya

by Ilham January
Alat Bantu Pendengaran Modern dan Kelebihannya

Manusia dilengkapi dengan berbagai indra tentunya untuk menangkap rangsangan dari luar tubuhnya. Salah satu indera pada pendengaran yang berguna untuk menangkap gelombang suara adalah telinga. Namun, bagaimana jika seseorang mengalami gangguan pendengaran? Berikut alat bantu pendengaran modern dan kelebihannya:

Model Alat Bantu Pendengaran Modern

Saat mengalami gangguan pada pendengaran, tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Pasalnya manusia tidak akan lepas dari suara misalnya untuk berkomunikasi dengan orang lain, mengenal tanda bahaya dan sebagainya. Oleh karena itu, teknologi modern telah mengembangkan solusi dengan diciptakannya alat bantu pendengaran modern sebagai berikut:

1. Model In The Ear 

Berdasarkan cara penggunaan dan bentuknya. Maka alat bantu pendengaran ada beberapa tipe atau model. Pertama Tipe In The Ear atau ITE. Alat ini bisa digunakan dengan cara penggunaan meletakkan alat pada bagian saluran telinga luar. Ukuran alat yang kecil membuat penggunanya lebih terjaga privasinya pasalnya alat tidak nampak dari luar.

2. Model Behind The Ear 

Selanjutnya model ini cocok untuk digunakan anak-anak ataupun para lansia. Pasalnya cara penggunaan tipe Behind The Ear atau BTE tergolong mudah. Dimana alat cukup digunakan pada bagian belakang telinga. Selain itu bentuknya juga bervariasi. Tidak hanya dilengkapi mikrofon dan baterai namun juga ada fitur untuk mengontrol volume suara.

3. Model di Dalam Canal Telinga  

Berikutnya ada alat yang dimasukkan ke dalam liang telinga. Namun untuk tipe ini ada 2 jenis, pertama In the Canal, dimana alat akan disesuaikan terlebih dahulu dengan bentuk dan ukuran kanal pengguna. Dan kedua Completely canal yang diletakkan lebih dalam daripada jenis yang pertama. Sehingga ukurannya juga semakin kecil.

4. Model Receiver di Kanal atau Telinga

Selain ketiga model yang sudah dijelaskan juga ada yang bagian Receiver yang ada pada bagian kanal. Walaupun hampir mirip dengan tipe BTE. Namun terdapat perbedaannya, dimana pada model yang satu ini bagian receivernya atau speakernya terletak pada bagian dalam. Dan sebagai penghubungnya akan diberikan semacam kawat kecil.

5. Model Open Fit

Variasi dari BTE lainnya juga bisa ditemukan pada model Open Fit. Dimana alat tidak akan menutupi seluruh bagian telinga. Pada model seperti ini lebih cocok untuk digunakan pada penderita gangguan pendengaran yang masih ringan. Adapun untuk informasi lebih lengkap ada di Aqm-hearingcenter.com 

Kelebihan Dari Alat Dengar Modern

Selain membahas tipe atau model dari alat bantu pendengaran, maka pembaca juga harus mengetahui beberapa kelebihan yang dimiliki alat tersebut. Adapun untuk kelebihan alat bantu dengar modern yang pertama adalah menggunakan baterai yang bisa diisi ulang jadi pengguna tetap bisa menggunakannya selama 24 nonstop.

Kelebihan selanjutnya telah menggunakan digitalisasi sehingga alat mampu disambungkan dengan bluetooth pada smartphone. Jadi pengguna bisa lebih mudah dalam menerima saat ada panggilan dari perangkat tersebut. Selain itu beberapa fiturnya juga bisa dikontrol dari perangkat smartphone

Selain alat yang semakin canggih, untuk ukuran juga lebih ringan. Sehingga pengguna akan lebih nyaman saat menggunakan alat tersebut. Walaupun ringan namun sudah dipastikan alat tetap kokoh. Dan yang terakhir dengan alat bantu dengar modern semacam ini pengguna lebih bisa menjaga privasi. Pasalnya saat digunakan tidak terlalu kelihatan. 

Demikian itu beberapa model dari alat bantu pendengaran modern yang bisa digunakan. Tidak hanya itu, ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh alat bantu pendengaran tersebut. Dimana lebih menguntungkan untuk digunakan tidak hanya untuk para lansia, namun bagi anak dan remaja yang mengalami gangguan pendengaran juga bisa memanfaatkan keberadaan alat tersebut. 

You may also like