8 Langkah Mudah Melakukan Share Screen di Google Meet

Read Time:2 Minute, 53 Second

pokersgp – Google Meet adalah platform video konferensi yang populer digunakan untuk pertemuan online, presentasi, dan diskusi jarak jauh. Salah satu fitur yang sangat berguna dalam Google Meet adalah kemampuan untuk melakukan “Share Screen” atau berbagi layar. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menunjukkan apa yang ada di layar komputer Anda kepada peserta lain dalam rapat. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah sederhana untuk melakukan Share Screen di Google Meet.

Langkah-langkah

  1. Memulai atau Bergabung dalam Rapat Google Meet

Langkah pertama tentu saja adalah memulai atau bergabung dalam rapat Google Meet. Jika Anda adalah tuan rumah rapat, buka Google Calendar atau Google Meet dan buat rapat sesuai kebutuhan. Jika Anda hanya peserta, pastikan Anda memiliki tautan undangan atau kode rapat yang diberikan oleh tuan rumah.

  1. Masuk ke Rapat

Setelah Anda memiliki tautan undangan atau kode rapat, klik atau masukkan tautan tersebut di browser Anda. Anda akan diarahkan ke halaman rapat di Google Meet. Jika Anda sudah memiliki akun Google, Anda dapat langsung masuk. Jika tidak, Anda perlu membuat akun atau menggunakan akun yang sudah ada.

  1. Memulai Rapat

Jika Anda tuan rumah rapat, setelah masuk ke rapat, klik tombol “Mulai Rapat” untuk memulai rapat. Tunggu hingga semua peserta bergabung sebelum Anda melanjutkan.

  1. Membuka Menu Share Screen

Setelah rapat dimulai dan semua peserta sudah hadir, perhatikan menu yang ada di bagian bawah layar. Anda akan melihat beberapa ikon, termasuk ikon “Share Screen”. Ikonya berupa gambar monitor. Klik ikon ini untuk memulai proses berbagi layar.

  1. Pilih Layar yang Ingin Anda Bagikan

Setelah Anda mengklik ikon “Share Screen”, akan muncul jendela baru yang menampilkan pilihan layar yang dapat Anda bagikan. Jika Anda memiliki beberapa layar (misalnya, monitor eksternal), Anda dapat memilih layar mana yang ingin Anda bagikan. Jika Anda hanya memiliki satu layar, proses ini akan lebih sederhana.

  1. Aktifkan Audio (Opsional)

Sebelum Anda benar-benar memulai berbagi layar, Anda memiliki opsi untuk mengaktifkan audio. Ini berarti suara dari apa yang ada di layar Anda akan didengar oleh peserta lain dalam rapat. Jika Anda tidak ingin berbagi audio, Anda dapat menghilangkan centang pada opsi ini.

  1. Mulai Berbagi Layar

Setelah Anda memilih layar dan mengatur opsi audio sesuai keinginan, klik tombol “Mulai Berbagi” atau “Share” di jendela berbagi layar. Layar Anda akan mulai dibagikan dengan peserta lain dalam rapat.

 

  1. Selesai Berbagi Layar

Ketika Anda sudah selesai berbagi layar, Anda dapat mengklik tombol “Stop Berbagi” atau “Stop Sharing” yang biasanya muncul di bagian atas layar. Ini akan menghentikan berbagi layar dan kembali ke tampilan rapat normal.

Tips Tambahan:

  • Pastikan Anda memahami apa yang ada di layar Anda sebelum Anda memulai berbagi. Ini akan membantu Anda menjelaskan dengan lebih baik kepada peserta lain.
  • Jika Anda berbagi presentasi atau dokumen, pastikan dokumen tersebut sudah terbuka sebelum Anda memulai berbagi layar. Ini akan menghemat waktu dan memastikan kelancaran presentasi.
  • Jika Anda menggunakan dua layar, pastikan Anda memilih layar yang tepat untuk dibagikan.
  • Jika Anda mengalami masalah teknis selama berbagi layar, jangan ragu untuk menggunakan fitur bantuan atau meminta bantuan dari peserta lain dalam rapat.

Penutup

Melakukan Share Screen di Google Meet adalah cara efektif untuk menunjukkan presentasi, dokumen, atau hal lain yang ada di layar komputer Anda kepada peserta lain dalam rapat. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana yang dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah memanfaatkan fitur ini dalam pertemuan online Anda. Ingatlah untuk mempersiapkan layar yang akan Anda bagikan dan memastikan semua pengaturan audio sudah sesuai sebelum memulai berbagi. Dengan begitu, Anda dapat menjalankan presentasi atau diskusi dengan lebih lancar dan efisien melalui Google Meet.***

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Cara Mudah Crop Video di Galeri iPhone Tanpa Aplikasi
Next post Cara Mudah Melakukan Screen Mirroring dari MacBook ke PC