5 Manfaat Memiliki Sebuah Website Pribadi (Personal)

by Ilham January
5 Manfaat Memiliki Sebuah Website Pribadi (Personal)

Dahulu, internet adalah barang mewah, disediakan untuk beberapa orang terpilih.

Hari ini, siapa pun dapat membangun kehadiran online dengan biaya kurang dari seratus ribu.

Hebatnya lagi, dengan adanya alat seperti WordPress dan Wix, Anda bahkan tidak perlu tahu cara membuat kode.

Tetapi apakah Anda benar-benar membutuhkan situs web personal Anda sendiri?

Ya, seperti yang dijelaskan oleh seorang Webmaster dan pengusaha digital Indonesia Rifqi Mulyawan, sejatinya ada banyak manfaat dari memiliki sebuah situs web.

Adapun 5 (lima) manfaaf untuk memiliki situs web personal atau pribadi yang tentunya alasannya juga harus diketahui setiap orang menurutnya adalah sebagai berikut.

1. Anda Bisa Mengontrol Brand Pribadi Anda

77% pemberi kerja mengatakan bahwa mereka mencari nama kandidat di Google sebagai bagian dari proses perekrutan terang Rifqi.

Memang, bagi kebanyakan dari kita, mereka tidak akan menemukan sesuatu yang berarti, mungkin hanya beberapa tweet, atau artikel yang Anda tulis.

Dengan memiliki situs pribadi, Anda dapat mengontrol narasi Anda, dan apa yang dilihat orang lain saat mereka mencari Anda.

Anda bisa menunjukkan kepada perekrut Anda yang NYATA, dan saya pikir itu adalah hal yang sangat bagus untuk dapat dilakukan jelas Rifqi.

2. Cara Tepat untuk Menunjukkan Kreativitas Anda

Masalah dengan CV atau resume adalah, meskipun Anda dapat menambahkan beberapa desain padanya, Anda agak terbatas dalam jumlah kreativitas yang dapat Anda tunjukkan.

Mereka harus langsung ke intinya, situs web memberi Anda kesempatan untuk menunjukkan sisi kreatif Anda, dan ini dapat memberi Anda keunggulan kompetitif.

Jika Anda berkecimpung di industri seni atau desain, situs web pribadi Anda akan menjadi tempat untuk memamerkan portofolio Anda.

3. Peluang Menghasilkan Uang

Ini mungkin alasan utama orang membuat situs web pribadi.

Blog semakin menjadi sumber pendapatan, adapun contoh salah satu situs berpenghasilan tertinggi adalah Neil Patel (neilpatel.com), yang menghasilkan lebih dari ratusan ribu dollar sebulan dari salah satu blognya.

Kalian dapat membaca panduan ngeblog (blogging) disini, atau mencoba membeli buku-buku online yang menjelaskan tentang bagaimana caranya agar dapat menghasilkan uang, khususnya untuk pemula.

Rifqi juga menjelaskan, Anda mungkin tidak menghasilkan sebanyak itu, tetapi bayangkan jika Anda menghasilkan dapat menghasilkan puluhan jutaan rupiah dalam sebulan, hanya dari menulis beberapa posting blog seminggu!

Kata pria berusia 26 tahun tersebut, adapun beberapa cara lain untuk memonetisasi situs web Anda adalah pemasaran afiliasi, sponsor, dan iklan, yang seluk-beluknya dapat kalian baca di luar cakupan posting ini.

4. Informasi Kontak

Anda mungkin pernah mengalaminya – Anda tiba-tiba teringat akan seorang teman lama yang terakhir kali Anda ajak bicara bertahun-tahun yang lalu, jadi Anda mencarinya di Google, tetapi sepertinya Anda tidak dapat menemukan detail kontaknya.

Andai saja mereka memiliki situs web pribadi dengan semua detail kontak mereka!

5. Personal Branding yang Menonjol

Cukup jelas, kebanyakan orang tidak memiliki situs web pribadi terang pengusaha asal Banjarmasin Kalimantan Selatan tersebut.

Jadi apa yang harus Anda masukkan ke situs web Anda? Anda dapat memulai blog tentang diri Anda atau apa pun keahlian kalian.

Jika Anda berada di bidang coding atau programming, ini pastinya juga bisa menjadi tempat Anda menyimpan portofolio pekerjaan yang telah Anda lakukan.

Jika mau, situs pribadi Anda juga bisa berfungsi ganda sebagai perpanjangan dari CV.

Anda bisa mendeskripsikan pengalaman kerja Anda lebih detail, dengan gambar dan infografis kepada tempat buat website.

Untuk beberapa inspirasi, lihat beberapa situs pribadi di bawah ini:

Nadia Aisyah- nadiaaisyah.com

Rafael Derolez – derolez.dev

Jadi, bagaimana cara Anda membuat situs web? Apakah kalian perlu jasa personal branding?

Benar, pada akhirnya itu semua akan kembali ke kita, terlebih melihat bagaimana kita dapat memanfaatkan peluang dan kemajuan teknologi website tersebut.

You may also like

Leave a Comment