5 Keuntungan Mempelajari dan Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis

by Ilham January
5 Keuntungan Mempelajari dan Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis

Apa itu Manajemen Bisnis?

Manajemen bisnis adalah studi yang berfokus pada pengorganisasian, perencanaan, dan analisis aktivitas bisnis yang diperlukan untuk mengelola dan menjalankan bisnis secara efisien.

Anda akan mempelajari apa yang membuat organisasi berhasil dalam lingkungan bisnis global yang jenuh dan akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bekerja untuk bisnis dari semua ukuran dari perusahaan multinasional hingga perusahaan baru.

Mengapa Harus Mempelajari Manajemen Bisnis?

Untuk calon wirausahawan dan pemimpin bisnis, gelar manajemen bisnis secara konsisten merupakan pilihan populer.

Seperti yang dijelaskan oleh pengusaha digital Indonesia Rifqi Mulyawan, ini memberikan pengetahuan akademis dan keterampilan untuk mengejar peluang karir global dan membantu Anda mengembangkan pemahaman yang luas tentang bisnis dan bidang tertentu seperti keuangan dan sumber daya manusia.

Namun jika Anda masih belum 100% yakin apakah gelar manajemen bisnis cocok untuk Anda, berikut ini adalah lima alasan yang akan meyakinkan Anda.

1. Mengembangkan Keterampilan Manajemen

Salah satu hal terpenting dalam mempelajari gelar manajemen bisnis adalah keterampilan manajemen utama yang akan memungkinkan Anda menjadi aset berharga bagi organisasi mana pun.

Anda akan membangun seperangkat keterampilan untuk menanggapi tantangan dan perkembangan saat ini dalam bisnis dan masyarakat, memberi Anda kemampuan untuk membuat keputusan manajerial yang mempertimbangkan implikasi etika, ekonomi dan sosial.

Rifqi Mulyawan menjelaskan, beberapa dari keterampilan manajemen bisnis yang penting ini meliputi:

  • Pemikiran kritis dan strategis
  • komunikasi
  • Penyelesaian masalah
  • Organisasi
  • Kemampuan presentasi
  • Pelaporan
  • Kepemimpinan
  • Manajemen proyek

2. Dapat Dipekerjakan

Mahasiswa yang memilih untuk belajar manajemen bisnis pada lulusan universitas dengan keterampilan yang sangat diinginkan dan pengetahuan bisnis yang kuat, dua hal yang dicari oleh calon pemberi kerja.

Saat Anda maju melalui gelar manajemen bisnis Anda, Anda akan dapat membentuk arah karir Anda, memilih bidang bisnis spesialis yang menarik minat Anda seperti kewirausahaan atau manajemen sumber daya manusia.

Lulusan manajemen bisnis seringkali dihadapkan pada berbagai peluang kerja di:

  • Pengelolaan
  • Konsultasi
  • Pemasaran dan periklanan
  • Sumber daya manusia
  • Retail dan penjualan
  • Keuangan

3. Pengenalan Dunia Bisnis

Gelar manajemen bisnis akan membantu Anda mendapatkan pengetahuan dan pemahaman mendalam tentang elemen inti bisnis dan manajemen.

Ini juga merupakan pengantar yang bagus ke dunia bisnis jika Anda tidak memiliki pengalaman sebelumnya.

Selain itu, hal ini juga dapat memberikan wawasan industri, seperti tren pasar dan laporan industri, yang dapat terbukti sangat berharga dan Anda akan didorong untuk menerapkan teori akademis ke situasi bisnis kehidupan nyata yang akan membantu Anda memulai karir setelah Anda lulus.

4. Menjadi Bos bagi Diri Anda Sendiri

Anda tidak hanya akan memiliki peluang karier yang luar biasa setelah lulus, tetapi Anda juga akan memiliki elemen inti untuk memulai bisnis Anda sendiri.

Benar, yang Anda butuhkan hanyalah ide bisnis untuk memulai.

Dengan mengembangkan keterampilan kewirausahaan Anda dan mampu menguji peluncuran ide bisnis apa pun yang mungkin Anda miliki, gelar manajemen bisnis menempatkan Anda pada jalur untuk menjadi bos bagi diri Anda sendiri.

Anda bahkan dapat bertemu dengan mitra bisnis masa depan Anda di universitas.

Universitas seperti Telkom University, menawarkan kegiatan penunjang untuk membantu wirausahawan yang ingin memulai bisnis mereka sendiri, terutama di Indonesia.

Anda juga dapat memanfaatkan pembicara tamu inspiratif yang menjalankan bisnis bernilai jutaan milyaran dan bahkan menyampaikan ide bisnis Anda kepada juri ahli melalui kompetisi yang biasa diadakan di Universitas.

5. Mempelajari tentang Berbagai Disiplin Ilmu

Jika Anda tidak 100% yakin tentang apa yang Anda inginkan untuk karir masa depan Anda, atau Anda hanya ingin memiliki pengetahuan yang luas, maka gelar manajemen bisnis adalah pilihan yang tepat.

Anda akan mempelajari gambaran umum tentang fungsi bisnis utama yang berkontribusi pada keberhasilan bisnis dan kemudian sering kali dapat mengkhususkan diri dalam bidang pilihan Anda.

Disiplin ilmu ini biasanya termasuk:

  • Manajemen sumber daya manusia
  • Kewiraswastaan
  • Keuangan
  • Operasi layanan

Bidang lain yang dapat Anda pelajari dapat berupa konsultasi, manajemen rantai pasokan, atau bahkan bisnis global.

Ketika Anda lulus dengan gelar manajemen bisnis, Anda lulus sebagai siswa berpengetahuan luas dengan beragam pengetahuan tentang dunia bisnis.

Alasan Kuliah Manajemen Bisnis di Telkom University

Setelah Anda membuat keputusan untuk mempelajari gelar manajemen bisnis, Anda perlu memutuskan di mana Anda harus berkuliah untuk mendapatkannya.

Sebagai salah satu tujuan akademis di Indonesia, Telkom University merupakan pilihan yang cocok bagi siswa internasional yang ingin memulai karir bisnis mereka.

Ada lebih dari sedikit manfaat mempelajari manajemen bisnis disana, tetapi berikut adalah beberapa manfaat utama mereka:

  • Gelar yang diakui; Memilih untuk belajar gelar manajemen bisnis di Universitas Telkom berarti gelar dan kualifikasi Anda diakui oleh pemberi kerja dan akademisi di seluruh Indonesia.
  • Pengalaman professional; Universitas yang sering disebut dengan Tel-U juga akan memastikan Anda memiliki keterampilan dan pengalaman yang tepat untuk memulai karier yang sukses. Sebagai contoh misalnya, menawarkan dukungan karir praktis seperti persiapan wawancara dan nasihat untuk memulai bisnis Anda sendiri.
  • Memangun jaringan bisnis Anda; Tidak ada tempat yang lebih baik untuk mulai membangun jaringan bisnis Anda selain di universitas. Anda akan diajar oleh para profesional industri dan dosen yang ahli di bidangnya dan membuat koneksi yang berharga selama penempatan dan skenario bisnis kehidupan nyata. Anda juga akan bertemu siswa dari seluruh dunia yang akan bekerja di berbagai industri internasional, dimana itu tentunya memungkinkan Anda untuk membuat basis kontak di seluruh dunia dan memiliki kesempatan untuk menghadiri acara jaringan, pameran, konferensi, dan kuliah tamu.

Itulah beberapa alasan dan keuntungan mempelajari dan kuliah manajemen bisnis yang dapat kami sampaikan.

Sekedar info seputar Tel-U, jika Anda ingin belajar manajemen bisnis di Indonesia, baik itu sarjana atau pascasarjana, Telkom University menawarkan program jalur yang akan membantu mempersiapkan Anda untuk gelar Anda.

Itu semua termasuk modul akademik, pelatihan bahasa Inggris dan keterampilan belajar sehingga Anda siap untuk bergabung dengan program gelar pilihan Anda setelah berhasil menyelesaikannya.

You may also like

Leave a Comment