Tips Melakukan Migrasi Hosting ala Domainesia.com

by Ilham January
Tips Melakukan Migrasi Hosting ala Domainesia.com

Anda yang bergelut dalam dunia blogging tentu mengerti bahwa hosting memiliki peran yang besar terhadap konten yang Anda buat. Ketika akses traffic semakin tinggi, maka kemungkinan kecepatan situs menjadi menurun.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka sebaiknya Anda melakuka migrasi pada hosting yang sedang digunakan. Dengan melakukannya, tidak hanya kemampuan muat situs yang makin cepat, namun penyimpanan yang Anda miliki juga akan semakin besar.

Namun seringkali ketika Anda hendak memindahkan hosting, banyak blogger yang khawatir traffic yang dimiliki situsnya akan menurun. Padahal terdapat tips yang bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Berikut merupakan tips melakukan migrasi hosting ala www.domainesia.com.

Rencanakan Migrasi

Sebagai mesin pencari, Google tentunya memerlukan waktu untuk memproses perubahan yang terjadi di website atau situs Anda. Inilah yang mungkin akan menyebabkan menurunnya peringkat situs Anda dari laman pencarian. Namun jika direncanakan dengan tepat, migrasi hosting yang Anda lakukan akan membuat Google berlaku sebaliknya.

Mesin pencari akan menganggap situs Anda telah di upgrade sehingga bisa mendapatkan tempat yang lebih baik di laman hasil pencarian. Anda bisa merencakannya perpindahannya dengan baik melalui konsultasi dan diskusi dengan support hosting yang Anda ajak bekerja sama atau pakai layanannya.

Uji Coba Dulu

Usahakan untuk tidak melakukan migrasi situs jika belum mencobanya terlebih dahulu. Sebab kemungkinan terjadinya masalah selama migrasi nantinya bisa diminimalisir. Verifikasi terlebih dahulu apa situs dan hosting baru yang Anda miliki sudah sesuai dengan keinginan. Domainesia.com sebagai penyedia hosting akan membantu Anda untuk melakukan uji coba.

Media untuk melakukan uji coba biasanya adalah Google Sandbox, lakukan pemeriksaan secara seksama dalam aspek internal, sehingga ketika sudah dimuat ke laman publik tidak ada masalah yang mungkin dialami. Anda juga bisa meminimalisir kesalahan unggah konten dengan mencoba berbagai fitur yang tersedia.

Pastikan Google Analytic Berfungsi

Jangan lupa untuk memasang Google Analytic di domain baru untuk memastikan pemaksimalan dalam pengolahan data dilakukan dengan baik. Sehingga sebelum dirilis di publik, konten ataupun keadaan website yang Anda miliki dalam kondisi proma. Jangan lupa memperhatikan traffic ketika hendak melakukan migrasi.

Banyak yang menyarankan untuk melakukan migrasi ketika traffic sedang rendah, sehingga Anda tidak menganggu atau menghambat pengunjung yang hendak mengakses situs. Ini juga merupakan strategi penting yang harus Anda persiapkan sebelum melakukan migrasi hosting.

Perbarui Semua Internal Link

Jika sebelumnya Anda menyisipkan link ke dalam situs lama, jangan lupa untuk memindahkanna ke domain yang baru. Teliti dengan seksam dimana saja Anda menyisipkan link, karena walaupun terdengar mudah namun melakukannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Anda tetap bisa melalukan identifikasi jika memindahkan hosting menggunakan jasa domainesia.com.

Cara paling ideal dan disarankan adalah mengganti ulang seluruh url melalui database, sehingga proses pembaruan link bisa dilakukan dengan cara yang lebih efisien. Cara ini juga lebih cepat sebab Anda tidak perlu melakukan pengecekan halaman konten satu per satu untuk mengganti url situs lama.

Migrasi Hosting Anda dengan Domainesia

Anda yang hendak melakukan migrasi blog, situs, ataupun website bisa menggunakan jasa yang ditawarkan oleh Domainesia. Selain lebih mudah, terdapat berbagai penwaran yang bisa Anda dapatkan jika memilih layanan yang mereka tawarkan.

Salah satunya adalah pemberian diskon hosting sebesar 25 persen untuk Anda, ini tentunya akan menghemat biaya migrasi menjadi lebih terjangkau. Pemindahan berbagai konten, dari gambar, datasabe, serta HTML dan PHP akan dilakukan secara langsug oleh Domainesia secara gratis khusus untuk Anda.

Untuk menggunakan jasa domainesia.com Anda hanya perlu mengakses situs mereka dan memilih menu migrasi hosting. Akan ada formulir pendaftaran yang harus Anda isi, sehingga proses verifikasi dan migrasi nantinya lebih mudah dilakukan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika hendak melakukan migrasi hosting. Jika Anda mendapatkan masalah dan pertanyaan terkait dengan migrasi hosting, Anda bisa menghubungi support team dari Domainesia untuk mendapatkan informasi dan jawaban yang lebih memuaskan.

You may also like